Tips Traveling bersama Teman agar Terhindar Drama

Foto: www.freepik.com

Traveling solo itu menyenangkan, tapi traveling bersama teman juga seru! Namun, ehm… ngetrip bersama teman memang agak cencitip. Tak jarang diakhiri dengan drama berjudul ‘silent treatment‘ selama liburan! Atau sumpah-serapah, “maap maap ya ni, seumur-umur nggak lagi-lagi deh, liburan ama dia!” Jika memang tujuan liburan bersama teman adalah untuk bersenang-senang dan menikmati persahabatan kalian—bukan sengaja menyulut api pertikaian karena sudah bosan berteman—coba ikuti tips berikut.

#1. Cari Tahu Gaya Liburan Masing-Masing

Ini penting karena akan menentukan sukses atau tidaknya liburan kalian. Jika memang sangat berbeda (kamu selalu molor sampai siang, sementara dia sudah ingin melanglang buana pukul 5 subuh)—utarakan dari awal. Lalu, buatlah peraturan yang membuat masing-masing pihak nyaman dan tidak bersungut-sungut.

#2. Tentukan Tempat yang akan Dikunjungi

Hal yang paling utama kamu lakukan yaitu dengan menentukan lokasi yang akan kamu kunjungi. Pastikan semua anggota memiliki pengertian, hak suara dan pendapat yang sama dalam menentukan tujuan liburan. Bila tujuan berbeda-beda, kupas tuntas jangan sampai menimbulkan konflik.

#3. Atur Jadwal Keberangkatan

Foto: www.shutterstock.com

Tiap orang memiliki kesibukan masing-masing, jadi tentukan waktu yang tepat untuk melaksanakan perjalanan bersama ini. Buat rencana yang tidak terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan agar semua pihak leluasa meminta cuti (bila diperlukan).

#4. Diskusikan Anggaran

Setelah menyepakati kapan dan ke mana, kamu wajib mendiskusikan anggaran selama perjalanan. Ini memang sesuatu yang sedap untuk dibicarakan, tapi yah… super penting. Permintaan seseorang tentu berbeda-beda: ada yang ingin menginap di hotel yang mewah atau sebaliknya, ada yang memilih transportasi umum atau rental mobil. Setelah menentukan anggaran, maka dengan mudah kamu bisa menentukan akomodasi dan transportasi apa yang akan dipilih.

#5. Lakukan Pembagian Tugas secara Tepat

Libatkan semua anggota dalam pembagian tugas yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Alhasil, semua anggota berkontribusi sehingga bisa mengurangi perselisihan yang mungkin terjadi. Pastikan pihak yang ditunjuk tidak keberatan dan apa yang sudah diputuskan bersama disetujui tanpa paksaan.

#6. Susunlah Hal yang akan Dilakukan Saat Liburan

Foto: www.shutterstock.com

Mau ngapain aja setelah mendarat di lokasi? Makanya, wajib hukumnya membuat perencanaan, baik liburan hanya 24 jam atau berhari-hari. Misalnya pada hari pertama apa yang mau dilakukan, destinasi apa saja mau yang dikunjungi, serta kapan harus bersama dan berpisah. Perjalanan kelompok bukan berarti kamu harus selalu bersama-sama, lho. Supaya setiap anggota menikmati perjalanan, berikan kelonggaran ketika mengunjungi tempat favoritnya. Dengan catatan, beri tahu lokasi titik temu.

#7. Buat Daftar Barang Bawaan Bersama

Liburan yang nyaman dimulai dari packing yang aman. Sebaiknya bicarakan dengan teman-temanmu apa saja barang-barang kebutuhan bersama dan buatlah daftarnya. Ingatkan semua anggota untuk membawa jatah barang masing-masing, baik berupa obat-obatan, kamera digital, atau games.

#8. Sediakan Cemilan atau Games

Liburan tanpa cemilan akan terasa hambar. Persiapkan cemilan sebanyak mungkin baik dari anggaran dana bersama maupun pribadi. Nyemil di perjalanan juga sepertinya bisa mengurangi tensi.

#9. Hindari Topik Sensitif dan Ego pada saat Liburan

Foto: www.canva.com

Biar obrolan tetap adem, seadem timun, hindari membahas hal-hal yang sensitif seperti politik, ras dan agama. Ohya, perlu bagi kamu untuk mengesampingkan ego masing-masing. Meskipun ada teman yang lumayan keras kepala, jangan baper. Biarlah susah senang selama perjalanan dihadapi bersama-sama dan kelak menjadi momen yang tak terlupakan.

#10. Komunikasikan secara Langsung

Semua hal di atas, sebaiknya dikomunikasikan secara langsung, jujur dan tidak ada rahasia. Pastikan juga semua individu memiliki kesempatan berbicara yang sama. Dengarkan dan jangan menyela ketika mereka berbicara. (Pssst… letakkan ponsel sebentar, boleh ya?) Bila perlu bentuklah sebuah WhatsApp grup sehingga semua tahu info terbaru.

Alright, sudah yakin mau liburan bersama teman-temanmu? Semoga sukses! Dan jika kamu belum tahu mau ke mana, cek destinasi ini.