13 Nama Alat Make Up Yang Wajib Diketahui Pemula

nama alat make up
Foto: www.freepik.com

Menggabungkan beberapa riasan biasanya akan menjadi hal yang paling ditakutkan, apalagi jika kamu merupakan pemula dalam make up. Mengingat nama alat make up bisa bikin pusing.

Dari mencari tahu produk mana yang dibutuhkan, hingga memahami formula yang paling cocok, rasanya banyak hal yang perlu diketahui. Plus, yah itu tadi, ada banyak nama alat make up yang harus dipilih dan bermunculan secara terus-menerus.

Namun untuk pemula, tidak perlu khawatir karena LIMONE akan membagikan semua yang kamu butuhkan. Terus gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan rekomendasi nama alat make up yang wajib kamu beli.

Primer Wajah

nama alat make up
Foto: www.canva.com

Nama alat make up pertama yang wajib dimiliki adalah primer wajah. Sebab, produk ini dapat membantumu untuk menciptakan alas yang halus dan rata, sehingga kamu bisa mengaplikasikan riasan dengan mudah.

Primer juga dapat meningkatkan ketahanan riasan dan memastikan bahwa produk kecantikan yang diaplikasikan tidak akan luntur atau pudar sepanjang hari.

Dari primer yang dapat meratakan tekstur wajah hingga meratakan warna kulit, terdapat berbagai jenis primer yang bisa kamu pilih sesuai jenis dan kebutuhan kulitmu.

Alas Bedak

Foto: www.freepik.com

Setelah wajahmu siap untuk menerima riasan, maka sekarang saatnya menggunakan alas bedak yang dapat membuat kulit menjadi lebih mulus dan rata.

Untuk pemula, sebaiknya gunakan foundation dengan coverage medium to buildable yang bisa kamu gunakan untuk hasil akhir yang sempurna untuk penampilan sehari-hari.

Yang terpenting, kamu perlu memilih warna yang tepat supaya hasil riasan akan lebih maksimal. Pertama, ketahui terlebih dahulu undertone kulit.

Angkatlah pergelangan tanganmu dan lihat warna pembuluh darah. Jika warnanya kebiruan dan cenderung ungu maka artinya kamu memiliki undertone cool, sementara bila warnanya hijau, maka warna dasar kulitmu adalah warm.

Dianjurkan untuk memilih foundation dengan satu tingkat lebih terang dari warna kulit. Ini bertujuan untuk membuat wajah tetap terlihat sempurna meski telah beraktivitas seharian penuh.  

Concealer

nama alat make up
Foto: www.pexels.com

Noda dan lingkaran bawah mata menjadi masalah kulit yang paling umum dimiliki oleh kebanyakan orang. Untuk mengatasinya, kamu membutuhkan concealer yang dapat menyamarkannya dengan sempurna.

Pilihlah produk yang ringan dan tidak terasa tebal dan berminyak, supaya nantinya riasan akan terkesan sempurna.

Bedak

Foto: www.canva.com

Supaya tidak terlihat seperti bola disko yang mengkilap, kamu perlu menggunakan bedak tabur atau bedak padat. Nama alat make up yang satu ini akan sangat bagus untuk mendapatkan tampilan yang sempurna.

Akan tetapi jika tidak dilakukan dengan benar, maka produk ini dapat membuat riasanmu menjadi berantakan.

Perona Pipi

nama alat make up
Foto: www.freepik.com

Nama alat make up selanjutnya yang perlu dimiliki adalah blush on. Perona pipi ini sangat penting untuk menambahkan warna pada wajah.

Karena biasanya setelah mengaplikasikan produk riasan dasar, wajah akan terlihat lebih datar dan membosankan. Sehingga memberikan perona pipi pada bagian atas pipi akan memberikan tampilan alami pada kulit.

Jika kamu pemula dan belum mengetahui warna yang cocok, maka disarankan untuk menggunakan blush on palette. Sehingga nantinya bisa bereksperimen dengan mencampur atau mencocokkan warna yang sesuai denganmu.

Kontur

Foto: www.canva.com

Langkah selanjutnya untuk menghadirkan kedalaman dan menciptakan dimensi pada wajah adalah menggunakan kontur.

Nama alat make up ini dapat membuat bayangan yang nantinya mengukir fitur wajahmu. Pastikan kamu memiliki kuas yang berfungsi untuk mengaplikasikan produk ini dengan tepat.

Highlighter

Foto: www.canva.com

Meski kamu seorang pemula, namun produk yang satu ini merupakan riasan yang paling penting untuk digunakan. Apalagi jika kamu senang dengan riasan yang natural, maka highlighter dapat membantu untuk mendapatkan hasil make up yang sesuai dengan keinginan.

Produk ini juga dapat membantu wajah agar terlihat lebih bercahaya. Oleh karena itu, cobalah untuk membubuhkan riasan ini pada beberapa area.

Di antaranya adalah tulang pipi, batang hidung, atas bibir, tulang alis, sudut dalam mata, bagian tengah kelopak mata, dan bagian tengah dagu.

Eyeshadow

nama alat make up
Foto: www.canva.com

Beberapa orang menganggap bahwa mata merupakan area yang paling sulit untuk dirias. Namun untuk pemula, kamu tidak perlu membuat lipatan yang dramatis atau mata smokey di percobaan pertama.

Oleh karena itu, cobalah untuk menambahkan nuansa eyeshadow cokelat hangat pada lipatan kelopak mata. Ini sudah cukup untuk mengubah tampilan riasan sehari-harimu.

Untuk perlengkapan rias pemula, kamu bisa menggunakan palette eyeshadow yang terdiri dari berbagai warna dan hasil akhir yang berbeda. Ini memudahkanmu untuk bereksperimen dan menemukan warna yang sesuai dengan selera.

Eyeliner

Foto: www.freepik.com

Siapa pun pasti tahu bahwa memiliki tampilan eyeliner yang sempurna membutuhkan waktu yang panjang dan jam terbang yang tinggi. Namun untuk pemula, hanya dengan mengaplikasikan eyeliner ke garis bulu mata saja sudah menampilkan penampilan yang berbeda.

Jika kamu belum merasa nyaman dengan jenis eyeliner cair, cobalah untuk menggantinya dengan eyeliner pensil.

Pensil Alis

Foto: www.canva.com

Pensil alis menjadi riasan yang mudah untuk digunakan dan rasanya akan cepat dikuasai oleh pemula.

Oleh karena itu kamu bisa mendapatkan alis yang rapi dan dapat membingkai wajah dengan sempurna. Pilihlah warna pensil alis yang sesuai dengan seleramu.

Maskara

nama alat make up
Foto: www.freepik.com

Ingin bulu mata terlihat lebih lentik? Maskara merupakan nama alat make up yang sempurna untuk membuat bulu mata terlihat lebih panjang, tebal, dan menarik. Setiap riasan mata akan terasa tidak lengkap tanpa maskara.

Oleh karena itu jangan lupa untuk mempelajari cara menggunakan maskara yang tepat supaya bulu mata tidak menggumpal.

Lipstik

Foto: www.freepik.com

Saat ini, telah banyak beredar lipstik dengan berbagai pilihan warna, tekstur, dan hasil akhir. Untuk pemakaian sehari-hari, disarankan untuk menggunakan lipstik matte.

Cobalah untuk memiliki beberapa pilihan warna supaya kamu bisa menyesuaikannya dengan pakaian yang akan dikenakan.

Setting Spray

nama alat make up
Foto: www.freepik.com

Nama alat make up yang terakhir ini adalah setting spray, yang berfungsi untuk mengunci riasan supaya bisa bertahan lama dan tetap sempurna sepanjang hari.

Kamu hanya perlu menyemprotkannya pada wajah, sehingga nantinya riasan tidak akan luntur dan pudar. Pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit.

Rekomendasi Produk

Maybelline Fit Me Matte + Poreless Primer

Primer ini diformulasikan khusus untuk menyamarkan pori-pori dan memberikan hasil akhir matte dan halus. Menariknya, liquid primer ini dapat membuat riasan bebas dari minyak hingga 16 jam.

Selain itu, produk tersebut juga mengandung mattifying clay yang dapat menyamarkan pori-pori wajah.

Tak ketinggalan, make up ini juga mengandung SPF20 yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Nudestix Tinted Cover Foundation

Alas bedak ini diformulasikan dengan perawatan kulit Korea yang mengandung bahan aktif alami untuk melindungi kulit dari penuaan dini dan melembapkan kulit secara maksimal.

Tak hanya itu, alas bedak ini juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya terlihat lebih rata serta lebih cerah.

Dior Forever Couture Luminizer Highlighter

Highlighter yang satu ini benar-benar dapat mencerahkan kulit hanya dalam satu langkah. Formula unik dari produk ini terdiri dari 95% bahan alami sehingga menghasilkan pigmen warna yang dapat membuat wajah terlihat bercahaya sepanjang hari.

Givenchy Volume Disturbia Volume & Curve Mascara 24 Hours Wear

Maskara ini memiliki formula yang dapat menciptakan tampilan yang maksimal pada area matamu. Apalagi dengan aplikator sikat yang berongga silikon yang dapat mempermudahmu untuk mengaplikasikan produk tersebut.

Givenchy Le Rouge Deep Velvet Matte Lipstick

Perona bibir ini menawarkan sentuhan akhir matte yang halus. Meski begitu, produk ini akan tetap terasa nyaman, lembut, ringan, dan mampu bertahan selama 12 jam.

Menariknya, Givenchy Le Rouge Deep Velvet Matte Lipstick menawarkan enam warna yang bisa kamu sesuaikan dengan pilihan.