Pemula dalam Urusan Makeup? Ini 6 Cara Mudah Pakai Eyeshadow Anti Gagal

cara pakai eyeshadow
Foto: www.freepik.com

Ketika mengenakan riasan untuk tampil di hadapan banyak orang, tentu area mata merupakan bagian yang tak boleh terlewat. Seperti kata pepatah yang mengatakan ‘Cinta datang dari mata lalu turun ke hati’, tentu eyeshadow bisa menjadi kunci utama untuk membuat orang-orang terpesona. Namun pertanyaannya, bagaimana cara pakai eyeshadow yang benar?

Untuk pemula, mungkin pemulasan eyeshadow sering kali dianggap sebagai hal paling sulit dalam riasan karena membutuhkan skill yang khusus. Namun bukan berarti kamu tidak bisa menguasainya. Berikut 6 langkah cara pakai eyeshadow yang menarik.

Pilih Brush yang Tepat

cara pakai eyeshadow
Foto: www.rawpixel.com

Meski kamu bisa menerapkan hampir semua jenis riasan dengan ujung jari, namun cara terbaik untuk memadukan warna yang sempurna adalah dengan menggunakan kuas rias khusus. Terdapat enam kuas yang bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow—apalagi jika kamu sebagai pemula, yakni

  • Fluffy brush, jenis paling pas untuk mengaplikasikan eyeshadow pada seluruh kelopok mata
  • Small angled brush, memiliki ujung kuas berbentuk runcing untuk menyapu eyeshadow di dekat bulu mata
  • Flat definer brush, menjadi kuas paling cocok untuk membuat garis mata
  • Blending brush, yang dirancang untuk mencampur warna eyeshadow agar lebih menyatu
  • Smudge brush, dengan bulu yang lebih pendek untuk mengaplikasikan riasan pada kelopak mata bagian bawah
  • Concealer brush, untuk mengaplikasikan concealer dan merapikan eyeshadow pada sudut luar mata

Gunakan Eyeshadow Primer

cara pakai eyeshadow
Foto: www.freepik.com

Butuh riasan yang dapat bertahan lama? Jangan pernah lupakan primer, termasuk eye primer. Pasalnya, produk ini mampu membantu eyeshadow dapat mudah menempel dan bertahan lebih lama. Eyeshadow primer juga sangat pas digunakan terlebih jika kamu memiliki kelopak mata yang berminyak.

Untuk menggunakannya, cukup semprotkan sedikit eyeshadow primer ke jari manis. Pasalnya, jari yang satu ini adalah yang terbaik untuk mengaplikasikan riasan mata, karena memiliki sentuhan paling ringan dan tidak mengiritasi kulit.

Sapukan primer dengan lembut ke seluruh kelopak mata, hingga ke tulang alis, sekitar sudut mata, dan sepanjang garis bulu mata bawah agar nantinya riasan semakin sempurna untuk digunakan sepanjang hari.

Bubuhkan Warna Dasar

cara pakai eyeshadow
Foto: www.freepik.com

Sebagian besar tampilan eyeshadow dapat dengan mudah dibuat dengan empat warna, yakni warna netral untuk bagian kelopak mata, warna sedang untuk lipatan mata, warna gelap untuk sudut luar, dan warna terang untuk menonjolkan sudut dalam serta tulang alis.

Apa pun tampilan riasan yang ingin kamu terapkan, namun lapisan pertama eyeshadow kemungkinan besar akan tetap menggunakan warna netral. Kamu bisa memilih shade yang mendekati warna kulit untuk tampilan natural. Sementara untuk gaya yang gemerlap, maka pilihlah warna shimmer. Dan untuk tampilan smoky eyes, maka gunakan warna yang lebih gelap.

Kamu juga dapat memilih shade yang sesuai dengan warna mata, seperti mata cokelat yang akan terlihat cantik ketika membubuhkan nuansa hijau, emas, ungu, dan abu-abu. Sedangkan warna merah, kuning, oranye, dan ungu bisa membuat mata biru menjadi lebih menonjol.

Padukan Warna Gelap pada Lipatan

Foto: www.unsplash.com

Cara pakai eyeshadow selanjutnya adalah memberikan tampilan mata yang lebar dan besar dengan memilih warna lipatan. Gunakan warna yang lebih gelap dari warna kelopak mata untuk menghasilkan tampilan mata yang lebih lebar. Sementara untuk tampilan alami, gunakan shade medium dengan menggunakan blending brush atau angled brush.

Jika kamu memiliki kelopak mata yang dalam, maka kamu bisa menerapkan warna lipatan dengan mata yang terbuka, agar bisa melihat bagian yang paling pas untuk dibubuhkan eyeshadow. Kemungkinan, area paling tepat adalah di atas kelopak mata dan pada tulang alis bagian bawah.

Untuk membentuk penampilan mata lebih sempurna, gunakan angled brush pada warna gelap dan bentuk huruf V dari garis bulu mata ke lipatan luar.

Tambahkan Highlighter di Atas Lipatan

Foto: www.unsplash.com

Jika kamu merasa riasan mata masih membutuhkan lebih banyak warna, maka cobalah untuk mengambil warna paling terang di eyeshadow palette dan memadukannya tepat di atas area lipatan. Gunakan kuas pencampur untuk membubuhkan warna dengan mulus. Highlighter juga akan membuat matamu terlihat lebih menonjol.

Kamu juga bisa menerapkannya di sepanjang tulang alis untuk memberikan tampilan yang lebih lebar. Selain itu, warna terang ini juga dapat dibubuhkan sepanjang sudut dalam mata. Kedua teknik ini akan menjadikan tampilan mata yang terlihat lebih besar, cerah, dan menawan.

Cara pakai eyeshadow selanjutnya, kamu bisa menentukan garis bulu mata. Gunakan kuas dan sapukan eyeshadow medium atau gelap ke dalam garis mata atas dan bawah.

Selesaikan Tampilan dengan Maskara

Foto: www.freepik.com

Langkah terakhir, selesaikan tampilan riasan mata dengan mengaplikasikan maskara dan pensil alis. Yang paling penting, jangan lupa untuk menjepit bulu mata agar terlihat lebih lentik dan elegan. Untuk bagian alis, maka pastikan kamu memilih warna pensil alis yang sesuai dengan tampilan makeup.

Rekomendasi Produk

Berikut enam rekomendasi produk yang dapat digunakan untuk membuat riasan mata.

Real Techniques Shade + Blend

Brush set ini diformulasikan dengan bulu kuas yang lembut dan didesain khusus untuk mempermudah pengaplikasikan eyeshadow, apalagi jika kamu merupakan pemula. Terdiri dari base shadow brush dan deluxe crease brush, tentu kamu bisa membubuhkan warna dasar pada kelopak mata dan memadukan warna eyeshadow secara rapi.

Ecotools 1608 Color Impact Shadow Brush

Kuas ini dirancang dengan 25.000 bulu yang dapat memberikan warna intens dari eyeshadow. Kamu bisa menggunakannya dalam keadaan kuas yang basah atau kering. Untuk menghindari riasan yang mudah memudar, maka basahi kuas terlebih dahulu sebelum digunakan.

Urban Decay Naked Wild West Eyeshadow Palette

Palet dengan 12 warna eyeshadow ini terdiri dari warna peach hingga hijau tua yang dapat memudahkanmu ketika ingin bereksperimen dengan riasan mata. Dengan tambahan kuas di dalamnya, tentu kamu tidak perlu repot ketika harus mengaplikasikan eyeshadow.

The Body Shop Eyeshadow Brush

Brush yang satu ini terbuat dari bulu sintetis yang lembut dan 100% cruelty-free, sehingga membuatmu akan merasa nyaman ketika mengaplikasikan eyeshadow. Pastikan kamu membersihkan kuas minimal dua minggu sekali dengan menggunakan sabun agar selalu terjaga kebersihannya.

Anastasia Beverly Hills Modern Renaissance Eye Shadow Palette

Menawarkan 14 warna dari netral hingga cerah, Anastasia Beverly Hills Modern Renaissance Eye Shadow Palette mengandung pigmen yang tinggi sehingga tahan lebih lama dan memberikan tampilan yang lebih modern.

Tak hanya itu, produk ini akan memberikan hasil akhir yang shimmer dan matte, menjadikan tampilan matamu akan semakin elegan dan menawan. Dengan tambahan brush yang nyaman, tentu kamu akan semakin mudah untuk mengaplikasikan riasan mata ini.

Lamica 204 Short Eye Shader

Kuas yang satu ini akan sangat pas digunakan untuk mengaplikasikan riasan pada seluruh bagian kelopak mata. Dengan bulu yang halus dan padat, serta bentuknya yang kecil, tentu akan memudahkanmu untuk membuat garis pada kelopak bawah mata.