6 Manfaat Aromaterapi untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

aromaterapi
Foto: www.pexels.com

Siapa di sini yang suka rumahnya wangi? Mungkin sudah saatnya mencoba aromaterapi. Ini merupakan salah satu pengharum yang berasal dari berbagai jenis tanaman dan tumbuhan. Biasanya wewangian terapi ini akan digunakan sebagai pengharum ruangan, karena memiliki beragam manfaat seperti menenangkan pikiran dan mengatur kelembapan udara.

Jika kamu sulit tidur dan lelah setelah beraktivitas seharian, kini saatnya memanjakan dirimu dengan menggunakan aromaterapi.

Apa Manfaat Aromaterapi?

aromaterapi
Foto: www.pexels.com

Ternyata, wewagiaan terapi ini memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Untuk itu kamu dapat menggunakannya sehari-hari.

Relaksasi

Ketika merasa lelah setelah beraktivitas seharian, kamu pasti menginginkan ketenangan dan kenyamanan untuk beristirahat. Dengan menggunakan wewangian terapi ini, tubuh akan terasa rileks dan mengurangi stres. 

Menghilangkan aroma tidak sedap

Aromaterapi juga bisa menghilangkan aroma tidak sedap di dalam ruangan. Wewangian ini berfungsi sebagai detoksifikasi udara yang dapat menyebarkan uap yang menyebar di dalam ruangan, sehingga bau tidak sedang akan menghilang dan diganti dengan aroma yang menenangkan.

Meningkatkan kualitas tidur

Dengan mengurangi tingkat kecemasan dan membuat tubuh merasa nyaman, wewangian terapi ini dapat membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak sehingga kualitas tidur akan meningkat. Kamu bisa menggunakannya satu jam sebelum waktu tidur.

Mengobati masalah pernapasan

Beberapa jenis minyak wewangian terapi ini memiliki antiseptik yang dapat membersihkan udara dari bakteri dan kuman. Sehingga dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti hidung yang tersumbat dan batuk.

Meredakan nyeri

Jika kamu sering merasa sakit kepala, nyeri otot, atau sendi, kamu bisa menggunakan wewangian terapi ini untuk mengatasi keluhan tersebut. Kamu bisa menggunakan minyak aromaterapi jahe dan kunyit untuk meredakan nyeri sendi. Sementara untuk sakit kepala, gunakanlah aroma daun mint dan rosemary.

Mengatasi masalah pencernaan

Aromaterapi dengan kandungan jahe dan kunyit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit asam lambung, mual, atau kram. 

Bagaimana Cara Menggunakan Aromaterapi?

aromaterapi
Foto: www.unsplash.com

Karena memiliki manfaat yang beragam, wewangian ini juga bisa digunakan dengan berbagai macam cara, seperti:

Menggunakan diffuser

Diffuser merupakan alat yang dapat mengubah minyak wewangian terapi ini menjadi uap, kemudian menyebarkannya ke seluruh ruangan. Terdapat beragam jenis diffuser yang beredar di pasaran, mulai dari keramik, elektrik, dan ultrasonik.

Berendam

Aromaterapi juga bisa digunakan ketika kamu berendam. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak wangi ini pada air hangat yang sudah disediakan. Berendam dengan menggunakan air hangat yang dicampur minyak terapi ini juga bisa membantumu meredakan stres.

Memijat tubuh

Ketika kamu mengalami nyeri sendi dan otot, kamu bisa mencampurkan tetesan minyak aromaterapi ke dalam minyak pijat. Hal ini akan membuat tubuhmu menjadi rileks dan dapat mengurangi kram saat menstruasi.

Bagaimana Cara Memilih Aromaterapi?

aromaterapi
Foto: www.unsplash.com

Berikut cara memilih aromaterapi sebelum kamu memutuskan untuk membeli.

Mengetahui metode penyebaran aroma

Aromaterapi yang beredar di pasaran memiliki metode penyebaran aroma yang beragam. Terdapat minyak aromaterapi berbentuk lilin yang perlu dipanasi. Atau aromaterapi yang menggunakan listrik dengan tambahan wadah yang bisa diisi dengan air, sehingga menghasilkan uap yang dapat menyebar ke seluruh ruangan. Selain itu, ada juga aroma terapi yang bekerja tanpa membutuhkan panas atau air. 

Pilih desain alat aromaterapi

Alat aromaterapi juga memiliki desain yang beragam, mulai dari dilengkapi lampu, pengatur waktu, hingga pemutar musik. Desain alat aromaterapi juga bisa digunakan sebagai penghias ruangan, lho.  Untuk itu kamu juga perlu memperhatikan desain ketika ingin membeli alat aromaterapi.

Pilih aroma wewangian

Minyak aroma terapi memiliki beragam varian. Jika kamu senang dengan aroma manis dan lembut, maka kamu dapat memilih wewangian bunga seperti lavender, rose, geranium, dan neroli. Untuk aroma yang menyegarkan, terlebih digunakan untuk berendam, kamu bisa memilih wewangian kayu seperti tea tree, eucalyptus, cypress, dan rosewood. Pecinta wewangian yang kuat dan tahan lama wajib memilih wewangian damar atau getah pohon berkayu seperti freankincense, benzoin, myrrh, dan galbanum

Untuk mengatasi gangguan pernapasan, kamu bisa memilih wewangian herbal seperti peppermint, marjoram, clary sage, atau thyme. Bagi penggemar buah-buahan, bisa memilih aroma sweet orange, mandarin, atau bergamot. Sementara pecinta wewangan rempah-rempah, kamu bisa memilih aroma cardamom, ginger, cumin, atau cloves.

Rekomendasi Aromaterapi

Berikut 10 rekomendasi aromaterapi yang bisa kamu pilih.

Bath & Body Works Tis The Season

aromaterapi

Lilin aromaterapi ini memiliki tiga sumbu sehingga aromanya dapat menyebar lebih cepat di dalam ruangan. Selain itu, produk ini juga dapat bertahan hingga 45 jam. Ketika menggunakan lilin ini, pastikan kamu menaruhnya di tempat aman dan jauh dari benda-benda yang mudah terbakar.

Healing Solutions 100ml Aromatherapy Essential Oil Diffuser

Produk ini menggunakan sistem ultrasonik yang dapat menyebarkan uap ke seluruh penjuru ruangan. Suara yang ditimbulkan dari diffuser ini juga tidak akan mengganggu aktivitasmu. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan lampu LED dan remote untuk mengatur diffuser dari jarak jauh.

Ikea Sinnlig Scented Tealight Apple and Pear

Memiliki ukuran yang kecil, lilin ini bisa bertahan hingga 4 jam setelah dinyalakan. Memiliki aroma manis sekaligus menyegarkan, produk ini dapat membuatmu rileks dan kembali bersemangat. Lilin aromaterapi ini sangat cocok untukmu yang merasa lelah setelah beraktivitas seharian.

InnoGear Aromatherapy Essential Oil Diffuser

Produk ini dilengkapi oleh fitur auto shut off sehingga ketika air yang ada di dalamnya tinggal sedikit, maka produk ini akan mati secara otomatis. Hal ini tentunya akan menghemat pemakaian listrik di rumah. Humidifier ini akan mengubah aromaterapi menjadi uap kemudian menyebarkannya ke seluruh ruangan.

Secret Garden Aroma Reed Care Frangipani

Wewangian dengan batang rotan ini dapat secara alami menyebarkan aroma harum di dalam ruangan. Dengan aroma bunga kamboja, membuat ruangan akan terasa tenang dan nyaman. Aromaterapi jenis ini juga cocok dijadikan sebagai hadiah.

Stadler Form Mia

aromaterapi

Produk ini memiliki desain yang simpel dan elegan sehingga cocok dijadikan sebagai penghias ruangan. Diffuser dengan tipe ultrasonik ini dapat menghasilkan uap yang halus selama 10 jam. Selain itu, alat aromaterapi ini juga tidak mengeluarkan suara yang mengganggu dan dilengkapi dengan lampu LED.

Yankee Candle Soft Blanket

aromaterapi

Lilin aromaterapi yang satu ini terbuat dari parafin premium sehingga membuat api yang menyala dapat tetap stabil. Produk ini juga dapat bertahan lama hingga 15 jam. Aroma yang dihasilkan pun beragam, mulai dari bergamot, citrus, vanilla, amber, hingga powdery rose.

H07 UFO Ultrasonic Essential Oil Aromatherapy Diffuser

Memiliki bentuk yang unik menyerupai UFO, diffuser ini bekerja dengan sistem ultrasonik yakni mengubah cairan menjadi uap. Ruanganmu akan beraroma segar jika ditambahkan dengan minyak aromaterapi yang sesuai dengan keinginanmu. Produk ini juga dilengkapi dengan remote untuk memudahkanmu ketika menggunakannya dari jarak jauh. 

Cocod’or Preserved Real Flower Diffuser

aromaterapi

Diffuser yang satu ini akan sangat cantik untuk dijadikan sebagai penghias ruangan karena memiliki desain seperti vas bunga. Dengan menyertakan bunga asli yang telah diawetkan, membuat ruanganmu akan terasa harum dan indah. Selain itu, varian dari produk ini juga beragam, mulai dari rose perfume, pure cotton, hingga black cherry.

Babyfresh Reed Diffuser

Aromaterapi yang satu ini dapat menyebarkan wangi hingga 30 hari. Selain itu, reed diffuser yang satu ini juga menyediakan kemasan isi ulang. Jadi, jika telah habis, maka kamu bisa mengganti dengan pilihan varian sakura bloom, amber lavender, vanilla bean, atau yuzu citron.

Selanjutnya: 13 Parfum Kopi Terbaik.