8 Manfaat Kacang Hijau untuk Kulit dan Tubuh

manfaat kacang hijau
Foto: www.freepik.com

Bagi kamu yang gemar mengonsumsi bubur kacang hijau pastinya sudah tidak asing lagi dengan kacang yang berukuran kecil ini. Yep, tak hanya enak untuk dimakan, namun bahan makanan yang termasuk ke dalam keluarga kacang-kacangan ini juga memiliki beragam nutrisi di dalamnya. Hal ini membuat manfaat kacang hijau semakin beragam, baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit wajah.

Apa Saja Manfaat Kacang Hijau?

manfaat kacang hijau
Foto: www.freepik.com

Terdapat bermacam-macam manfaat yang bisa kamu peroleh dari jenis kacang-kacangan yang sering disebut dengan mung beans atau green gram ini.

Mengandung beragam nutrisi

Kacang yang berukuran kecil ini ternyata kaya akan vitamin dan mineral. Dalam satu cangkir yang berisikan 202 gram kacang hijau rebus mengandung 212 kalori, 0,8 gram lemak, 14,2 gram protein, 38,7 gram karbohidrat, dan 15,4 gram serat. Selain itu, kacang hijau juga mengandung folat, mangan, magnesium, vitamin B kompleks, fosfor, besi, kalium, tembaga, seng, dan selenium. Sementara kacang hijau kecambah mengandung lebih sedikit kalori namun memiliki lebih banyak antioksidan dan asam amino.

Mengurangi risiko penyakit kronis

Dengan kandungan antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, dan asam sinamat, manfaat kacang hijau dapat berfungsi untuk membantu menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Antioksidan baik yang terkandung dalam kacang ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

Menurunkan kadar kolesterol LDL ‘buruk’

Salah satu dampak dari tingginya kadar kolesterol LDL jahat adalah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, dalam satu porsi harian (sekitar 130 gram) kacang-kacangan secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang paling serius karena dapat menimbulkan risiko penyakit jantung yang merupakan penyebab utama kematian di dunia. Kabar baiknya, kacang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah berkat kandungan potassium, magnesium, dan serat yang baik.

Memperbaiki kesehatan pencernaan

Dengan kandungan pectin (serat larut), mengonsumsi kacang hijau dapat membantu menjaga ususmu agar tetap bekerja secara teratur untuk menggerakan makanan. Sementara kandungan pati resisten dapat membantu memberi makan bakteri usus yang sehat, yang kemudian dicerna dan diubah menjadi asam lemak butirat. Dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa butirat dapat meningkatkan kekebalan usus dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Membantu insulin bekerja lebih efektif

Kadar gula darah yang tinggi dapat berubah menjadi masalah kesehatan yang serius, yakni diabetes. Diabetes juga sering dikaitkan dengan sejumlah penyakit kronis lainnya. Kandungan antioksidan vitexin dan isovitexin yang terdapat dalam kacang hijau dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap rendah dan membantu insulin bekerja lebih efektif.

Meningkatkan penurunan berat badan

Kaya akan serat dan protein, membuat kacang hijau dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa serat dan protein dapat menemakan hormon ghrelin yang dapat memicu lapar. Selain itu, penelitian tambahan mengemukakakn bahwa serat dan protein dapat mendorong pelepasan hormon seperti peptide YY, GLP-1, dan cholecystokinin yang dapat membuatmu tetap merasa kenyang.

Membantu mengatasi permasalahan kulit

Tak hanya dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh, manfaat kacang hijau juga bisa membantu mengatasi permasalahan kulit seperti menyamarkan flek hitam, melembapkan kulit, melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar matahari, hingga mencegah tanda-tanda penuaan.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Kacang Hijau?

manfaat kacang hijau
Foto: www.freepik.com

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi nabati merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, dan kamu bisa menambahkan kacang hijau ke dalam asupan makanan dalam setiap minggu. Mung beans ternyata dapat dengan mudah dikonsumsi sendiri di rumah, kamu bisa mengonsumsi kacang ini dengan diolah atau sebagai bahan tambahan pada makanan lain.

Untuk Mengatasi Kram Perut

Untuk mengatasi perut yang kram, kamu bisa menyiapkan 60 gram kacang hijau mentah, 15 biji merica, 3 gram kayu manis, 3 gram pala, 3 gram kapulaga, 3 gram cengkeh, 2 ruas jahe, dan 1 liter air. Rebus semua bahan tersebut dan panaskan hingga larutan berubah menjadi ½ liter, kemudian dinginkan air rebusan tersebut lalu minum secara perlahan.

Untuk Meredakan Asam Lambung

Sementara untuk memperbaiki kesehatan pencernaan dan meredakan asam lambung, kamu dapat menyiapkan ¼ kg kacang hijau dan air hangat secukupnya. Sebelum mengolahnya, jemur kacang hijau sampai kering kemudian tumbuk hingga halus. Lalu ambil satu sendok makan bubuk kacang hijau dan campurkan dengan air hangat.

Untuk Makanan

Tidak hanya itu, terdapat olahan lain yang bisa kamu coba seperti bubur  kacang hijau, kue kacang hijau, bakpia, atau sup kacang hijau. Meski kacang yang berukuran kecil ini merupakan sumber nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik, namun kacang hijau tidak mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan. Untuk itu kamu tetap memerlukan makanan nabati yang lainnya agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Bagaimana Cara Menggunakan Kacang Hijau untuk Kulit?

Foto: www.freepik.com

Karena dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit, kamu bisa menggunakan kacang hijau dengan diolah sebagai masker atau mencari produk perawatan wajah yang memiliki kandungan kacang-kacangan tersebut, seperti pencuci wajah atau krim anti-aging.

Masker kacang hijau

Untuk kulit berjerawat

Kacang hijau dapat membantu menghilangkan dan mencegah munculnya jerawat, terlebih jika ditambah dengan yoghurt dan kunyit yang dapat meredakan peradangan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Siapkan 1 sendok teh bubuk kacang hijau, 1/3 sendok teh kunyit, dan 1 ½ sendok teh yoghurt. Kemudian campur semua bahan hingga menyerupai bentuk pasta, setelah itu oleskan campuran masker ke seluruh bagian wajah dengan menghindari area mata dan mulut. Diamkan masker selama 3-5 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Untuk anti-penuaan

Untuk membuat masker yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan secara efektif, maka kamu dapat mencampurkannya dengan teh hijau. Karena teh hijau dapat membantu mengencangkan kulit dan kandungan polifenolnya bisa memperlambat perkembangan tanda penuaan dini. Siapkan 1 sendok teh bubuk kacang hijau dan 1 ½ sendok teh hijau, kemudian campurkan hingga membentuk pasta. Lalu oleskan dengan lembut ke wajahmu, dan bilas dengan air hangat setelah benar-benar mengering.

Untuk eksfoliasi

Jenis kacang-kacangan yang satu ini dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati, kotoran, sebum, dan kulit bersisik yang ada di permukaan kulit. Siapkan 1 sendok teh bubuk kacang hijau dan 1 ½ sendok teh air. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut, dan pastikan menggunakan air dengan jumlah yang tepat agar tidak terlalu encer. Lalu gosokkan secara perlahan ke wajahmu dengan gerakan memutar. Setelah itu bilas hingga bersih dengan air hangat dan air dingin.

Rekomendasi Produk Wajah dengan Kacang Hijau

The Face Shop Herb Day 365 Cleansing Foam Mung Bean

Pembersih wajah yang satu ini mengandung kacang hijau yang dipadukan dengan sembilan ekstrak bahan alami herbal yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit wajah seperti jerawat, noda, dan tanda kemerahan. Produk ini memiliki tekstur busa yang sangat ringan ketika diaplikasikan. Herb Day 365 Cleansing Foam Mung Bean juga akan cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

The Face Shop The Real Nature Mung Bean Face Mask

Tak hanya pembersih wajah, The Face Shop juga mengeluarkan masker wajah dengan kandungan kacang hijau yang berfungsi untuk menjaga kulit wajah agar tetap bersih, bersinar, sekaligus membantu mengecilkan pori-pori. Setelah membersihkan wajah dengan toner, kamu bisa mengaplikasikan sheet mask ini ke permukaan wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Produk ini ditujukan untuk kulit normal dan kulit kombinasi.

Lush Naked Cleansing Balm Jade Roller

Percaya atau tidak, cleansing balm ini memiliki kekuatan untuk melepaskan kotoran dan makeup sambil memijat dan menghidrasi kulit. Mengandung kacang hijau di satu sisi, cleansing balm ini juga mengandung marula oil untuk mengembalikan elastisitas kulit. Plus, astringent hazelnut oil dan peppermint sehingga kulit segar dan lembut setelah dipakai. Untuk mendapatkan hasil ini, kamu hanya perlu mengaplikasikannya langsung ke kulit atau terlebih dahulu melelehkannya dengan jari.

Caicui Natural Сleanses Skin Face Mask Mung Bean

Masker berbentuk ini memiliki ekstrak kacang hijau sebagai bahan utama. Khasiatnya antara lain membersihkan kulit, menenangkan dan menyegarkan kulit serta melepaskan minyak berlebih. Cocok untuk kulit mudah berjerawat.

White Flower Mung Bean Foil Sheet Mask

Masker yang berfungsi dan mendetoksifikasi kulit. Ini berkat ekstrak kacang hijau yang membantu kulit lebih bersih dan cerah. Masker ini dalam bentuk foil sehingga penyerapannya lebih maksimal dan mencegah penguapan. Cara pakainya, aplikasikan pada wajah yang kering bersih, lalu tunggu 20-30 menit dan lepaskan masker. Cocok untuk kulit sensitif dan bermasalah.

Selanjutnya: Masker Terbaik Penghilang Komedo.