Amankah Melakukan Sulam Alis Saat Hamil Dan Menyusui? Ini Kata Ahli

sulam alis ibu hamil dan menyusui
Foto: www.freepik.com

Sulam alis sering dilakukan untuk memilikii bentuk alis yang sempurna dan sesuai dengan bentuk wajah.

Bagi kamu yang ingin melakukan sulam alis namun belum banyak mengetahui informasinya, berikut penuturan dr. Yenni Halim, dari Indobrows mengenai sulam alis.

Apa Itu Sulam Alis?

sulam alis ibu hamil dan menyusui
Foto: www.canva.com

Bagi kebanyakan orang, alis merupakan bagian paling penting karena akan berpengaruh pada bentuk wajah.

Untuk memastikan wajah terlihat sempurna, banyak orang yang rela merogoh saku lebih dalam untuk melakukan sulam ini demi penampilan yang cetar dalam kondisi apapun.

Menurut Dokter Yeni, “Sulam alis adalah teknik memasukkan tinta ke bawah kulit untuk mendapatkan hasil gambar alis yang semi permanen,” ujarnya.

Ada Berapa Macam Teknik Sulam Ini?

sulam alis ibu hamil dan menyusui
Foto: www.freepik.com

Dokter Yenni mengatakan bahwa jika di Indobrows terdapat tiga macam teknik sulam untuk bagian atas mata ini.

Hairstrokes brow, hairstrokes mix shading, dan shading ombre,” ucap Dokter Yenni.

Metode hair stroke

Hair stroke merupakan metode dengan melakukan guratan garis arah rambut yang sudah ada layaknya memakai pensil alis. Metode ini akan membuat alis terlihat alami atau menyerupai bentuk aslinya.

Metode mix shading

Metode ini membuat guratan rambut-rambut alis dan blok untuk membingkai alis agar terlihat rapi.

Dalam metode ini, kamu akan mendapatkan hasil yang tebal namun tetap natural. Selain itu, metode mix shading juga akan mempertegas  wajah kamu.

Metode shading ombre

Metode shading ombre merupakan proses menggunakan mesin kecil untuk menempatkan titik-titik pigmen yang tipis ke dalam kulit. Meski begitu, alis tetap terisi secara alami dan membuat bentuk wajah lebih tegas.

Bagaimana Prosedur Sulam Alis?

Bagaimana Prosedur Sulam Alis
Foto: www.freepik.com

Untuk melakukan sulam alis tidaklah asal, harus melakukan prosedur yang tepat guna mendapatkan hasil yang diinginkan oleh pelanggan.

Step by step ada anestesi topikal selama 20-25 menit, dilanjutkan dengan menggambar pola alis. Setelah itu mulai memprosedur sulamnya lalu kita koreksi lagi,” ucap Dokter Yenni.

Apakah Melakukan Sulam Sesuai dengan Bentuk Alis yang Sudah Ada atau Dibentuk yang Baru?

Apakah Melakukan Sulam Sesuai dengan Bentuk Alis yang Sudah Ada atau Dibentuk yang Baru
Foto: www.freepik.com

Menurut Dokter Yenni, bentuk alis yang disulam disesuaikan dengan keinginan pelanggan karena setiap orang memiliki permasalahan yang berbeda-beda.

“Disesuaikan dengan bentuk alis yang sudah ada. Selain itu, disesuaikan dengan bentuk mukanya dan juga keinginan customer-nya seperti apa, nanti baru kita gambar dulu polanya,” ucapnya

Tidak hanya itu, Dokter Yenni juga menuturkan bahwa orang-orang yang melakukan sulam ini juga untuk menutupi kekurangan yang ada di wajahnya.

“Kadang-kadang ada orang yang kekurangan, seperti meng-cover bekas kecelakaan, bekas jatuh. Selain itu, juga untuk menutupi kekurangan seperti bekas tanda lahir atau menutupi kekurangan muka yang memang tidak simetris kiri dan kanan. Nanti dari polanya baru kita sesuaikan,” tambahnya.

Bagaimana Cara Merawat Sulam Alis?

Bagaimana Cara Merawat Sulam Alis
Foto: www.canva.com

Setelah melakukan sulam ini, tentunya memerlukan perawatan serta pantangan sesuai dengan anjuran dokter.

“Kalau di Indobrows itu buat dua jam setelah sulam sudah boleh kena air. Untuk larangannya biasanya jangan berolahraga yang berat dulu, jangan berkeringat. Lalu jangan terekspos matahari langsung, jangan berenang, jangan perawatan dokter biasanya 1-2 minggu,” jelas Dokter Yenni.

Adakah Efek Samping Melakukan Sulam Alis?

Adakah Efek Samping Melakukan Sulam Alis
Foto: www.canva.com

Setiap orang tentunya mengalami kondisi tubuh yang berbeda-beda. Ada kemungkinan terkena efek samping pada tubuhnya jika melakukan sulam alis.

“Efek samping sampai saat ini saya belum pernah temui, belum pernah memiliki customer yang seperti itu. Palingan bisa terjadi kalau ada orang yang hipersensitif, alergi dengan kandungan yang dipakai, tapi selama ini sih belum pernah,” ucap Dokter Yenni

Apakah Aman Bagi Ibu Hamil dan Menyusui?

sulam alis ibu hamil dan menyusui
Foto: www.freepik.com

Melakukan sulam alis ternyata tidak bisa dilakukan kapan saja. Ada saat-saat tertentu tidak boleh melakukan sulam alis, seperti Ibu yang tengah mengandung.

“Kalau Ibu hamil disarankan untuk tunda dulu sampai setelah melahirkan. Kalau menyusui nggak ada masalah sih,” ujarnya.

“Kalau misalkan orangnya strict banget, dia mau skip pemberian ASI-nya dulu beberapa jam setelah prosedur sulam itu boleh. Namun kalau dia dan bayinya nggak ada riwayat hipersensitif, nggak ada riwayat alergi berat, itu sebenarnya nggak ada masalah sih, ucap Dokter Yenni.

Kesimpulan

sulam alis ibu hamil dan menyusui
Foto: www.canva.com

Sulam alis merupakan teknik memasukkan tinta ke dalam tubuh untuk membentuk alis sesuai yang diharapkan. Ada beberapa jenis sulam yang dapat menjadi pilihan untuk kamu.

Melakukan sulam alis adalah cara efektif bagi kamu yang tidak ingin ribet menghabiskan waktu memakai pensil alis serta ingin cantik dalam kondisi apapun.

Namun sulam ini perlu mendapat penanganan dari ahli yang tepat. Karena jika salah penanganan, maka bisa saja bentuk alis tidak seperti yang kamu inginkan dan berbahaya bagi kesehatanmu.