Ini Panduan Lengkap Urutan Make Up yang Benar Agar Tahan Lama

urutan make up yang benar dan tahan lama
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Ketika ingin menghadiri acara penting atau ingin bepergian seharian, tentu saja perlu menerapkan urutan make up yang benar agar tahan lama.

Apalagi, jika melakukan aktivitas di luar ruangan, pasti make up lebih cepat luntur karena keringat dan minyak berlebih.

Oleh karena itu, kamu harus tahu urutan make up yang benar agar tahan lama. Berikut panduan lengkap dalam ber-make up yang telah LIMONE rangkum.

Jangan Lupakan Skincare

urutan make up yang benar agar tahan lama
PIXI – Glow Tonic

Skincare merupakan perawatan yang dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan di wajah.

Dan skincare tentu saja merupakan bagian yang penting dalam urutan make up yang benar agar tahan lama. Sebelum mulai make up, kamu perlu mengaplikasikan skincare sesuai dengan jenis kulit.

Jika kamu hanya butuh basic skincare, maka setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah, pakai toner, dilanjutkan dengan pelembap dan sunscreen.

Pilih Primer Sesuai Jenis Kulit

urutan make up yang benar agar tahan lama
Milk – Hydro Grip Primer

Salah satu urutan make up yang benar agar tahan lama adalah memakai primer. Produk make up satu ini dapat menyamarkan pori-pori, garis halus, hingga menyamarkan bekas jerawat.

Pakailah primer sesuai dengan kondisi kulit kamu. Jika kulit wajah kamu termasuk tipe berminyak, bisa menggunakan primer bersifat bebas minyak.

Selain tidak mudah luntur, hasil akhirnya juga matte, serta bertekstur gel agar dapat menyerap dengan ringan dan cepat.

Untuk kulit kering, bisa menggunakan primer yang memiliki efek dewy finish, tidak mudah luntur, dapat melembapkan secara optimal, serta bertekstur cair atau krim.

Sedangkan untuk kulit sensitif, pilihlah primer yang memang dikhususkan untuk kulit sensitif atau berlabel hypoallergenic, serta bertekstur ringan agar mudah diaplikasikan.

Pakai Foundation sebagai Alas Make Up

urutan make up yang benar agar tahan lama
REVLON – Colorstay Foundation

Foundation bisa dibilang sebagai alas atau tahap awal dari urutan make up yang benar agar tahan lama. Produk ini juga berfungsi untuk meratakan dan mencerahkan warna kulit.

Pastikan kamu memilih warna foundation sesuai dengan skin tone dan jenis kulit kamu, ya. Jangan sampai keputihan atau kegelapan.

Jika kamu terlanjur warna foundation yang lebih gelap dari kulit kamu, jangan dibuang atau dijual dulu.

Karena kamu bisa mencampurkan foundation tersebut dengan foundation lain yang warnanya lebih terang, begitupun sebaliknya.

Jangan Asal Pilih Bedak

urutan make up yang benar agar tahan lama
MAC – Prep + Prime Transparent Finishing Powder/Loose

Setelah menggunakan foundation, urutan make up yang benar agar tahan lama selanjutnya adalah menggunakan bedak. Meskipun ada banyak produk bedak dari berbagai merek, namun jangan asal pilih.

Perlu diketahui bahwa ada berbagai jenis bedak yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

Untuk kulit berminyak, cobalah memilih loose powder. Sedangkan kulit kering disarankan menggunakan compact powder.

Jenis bedak lainnya adalah two way cake powder, yang sudah menyatu dengan foundation dan akan menghemat waktu berdandan.

Tidak hanya itu, ada translucent powder, yakni bedak yang memiliki warna yang transparan.

Ciptakan Alis yang Tebal dengan Pensil Alis

urutan make up yang benar agar tahan lama
L’Oreal Paris – Pencil Perfect Self-Advancing Eyeliner – Carbpn Black

Bagi sebagian perempuan yang memiliki alis tipis, mungkin bikin tidak percaya diri. Untuk menyiasatinya, maka perlu memakai pensil alis agar dapat merapikan dan mempertebal alis.

Umumnya, pensil alis memiliki warna hitam, cokelat, maupun abu-abu. Agar membuat alis terlihat natural, kamu perlu menyisirnya terlebih dahulu menggunakan sisir alis dengan ke arah atas.

Setelah itu, bingkai tipis alis sesuai dengan lengkungan alis kamu. Isilah alis dari ujung hingga ke bagian depan dengan tipis dan tidak menekannya.

Pada bagian depan, disarankan untuk lebih tipis lagi mengikuti arah rambut.

Jika bagian depan alis tebal, maka bisa saja akan membuat alis kamu telihat kotak. Jangan lupa untuk kembali menyisir alis.

Dandani Mata Sesuai dengan Tema Acara

urutan make up yang benar agar tahan lama
Urban Decay – Naked 3 Palette

Jika kamu ingin tampil ke acara formal, maka riasan mata menjadi bagian terpenting dalam urutan make up yang benar agar tahan lama. Untuk ini, kamu dapat menggunakan eyeshadow.

Jika bingung memilih warnanya, kamu dapat menggunakan warna natural seperti cokelat, krem, maupun peach.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan eyeshadow glitter. Ini bisa disesuaikan dengan tema acara.

Setelah itu, gunakan eyeliner untuk membuat mata terlihat lebih tegas dan tajam. Sebelum memakai maskara, gunakan penjepit bulu mata agar membuat bulu mata terlihat lebih lentik.

Pakai Blush on

urutan make up yang benar dan tahan lama
BENEFIT COSMETICS – Benetint Cheek & Lip Tint

Blush on memiliki fungsi untuk membuat pipi merona, wajah terlihat lebih segar, hingga terlihat lebih muda dan merupakan hal penting dalam urutan make up yang benar agar tahan lama.

Untuk mengaplikasikan blush on, ada beberapa cara sesuai dengan bentuk wajah kamu. Agar wajah tidak terlihat norak, pilihlah warna blush on sesuai dengan skin tone kamu.

Pilih Lipstik Sesuai Kebutuhan

urutan make up yang benar dan tahan lama
MAC – Powder Kiss Lipstick #Mull It Over

Saat berdandan, rasanya kurang lengkap jika tidak memakai lipstik. Perona bibir ini akan membuat wajah terlihat lebih cerah, dan juga dapat menyembunyikan warna bibir yang gelap.

Sebelum memakai lipstik kamu perlu menggunakan lip balm agar bibir tidak kering dan pecah-pecah.

Jika kamu ingin pergi ke acara formal, bisa menggunakan lipstik dengan warna yang lebih bold. Namun, jika ingin terlihat natural, bisa menggunakan warna nude, peach, hingga coral.

Ingat: Setting Spray untuk Kunci Make Up

BENEFIT The POREfessional Super Setter Setting Spray | | Ini Panduan Lengkap Urutan Make Up yang Benar Agar Tahan Lama
BENEFIT The POREfessional – Super Setter Setting Spray

Sering kali orang melupakan memakai setting spray, padahal barang satu ini merupakan urutan make up yang benar agar tahan lama.

Setting spray akan mengunci make up kamu supaya tidak geser, apalagi ketika memakai masker. Pilihlah setting spray yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

error: Konten dilindungi !!