6 Cara Make Over Wajah Dengan Menggunakan Makeup

make up make over
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Saat harus kembali bekerja, maka kamu membutuhkan riasan yang dapat mengubah penampilan secara keseluruhan. Dengan make up make over, menjadikanmu tetap terlihat segar dan pastinya tampak lebih menarik sehingga dapat menambah rasa percaya diri.

Meski tujuannya untuk make over atau membuat terlihat berbeda, namun hal ini tidak perlu dibuat berlebihan. Karena kamu tetap bisa mengaplikasikan make up make over dengan look yang natural, layaknya tidak menggunakan riasan.

Untuk mendapatkan hasil yang paripurna, berikut tutorial merias wajah dengan tampil natural namun terlihat lebih memukau dibanding biasanya.

Cara Makeup Natural

make up make over
Foto: www.canva.com

Ini cara memiliki tampilan wajah yang natural namun tetap terlihat flawless.

Persiapkan kulit

Sebelum membubuhkan riasan, ada baiknya untuk mencoba mempersiapkan kulit terlebih dahulu. Kamu bisa mulai dengan membersihkan wajah secara menyeluruh, kemudian pastikan wajah telah terasa lembap.

Kemudian, aplikasikan primer secara merata ke seluruh wajah. Penggunakan produk yang satu ini bertujuan untuk membuat tekstur wajah menjadi lebih halus, sehingga nantinya riasan dapat bertahan lebih lama.

Ini merupakan langkah awal mempersiapkan wajah sebelum dibubuhi riasan lain yang akan membuat wajah tampak lebih menarik.

Bubuhkan foundation

Selanjutnya, hal yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan foundation. Di mana alas bedak ini akan membuat warna kulit wajah terlihat lebih merata.

Asalkan kamu memilih foundation dengan warna yang tepat, sehingga sangat penting untuk menyesuaikannya terlebih dahulu dengan warna kulit asli.

Selain itu, belakangan ini telah hadir berbagai jenis alas bedak yang ada di pasaran, kamu harus memilih produk dengan lebih berhati-hati dan pastikan mudah untuk diserap kulit.

Tak hanya itu, usahakan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Jika kamu memiliki kulit berminyak, maka tidak ada salahnya untuk memilih foundation yang memberikan hasil akhir matte.

Sedangkan untuk pemilik kulit kering gunakanlah produk yang mengandung bahan pelembap di dalamnya.

Samarkan noda hitam

Noda hitam, bekas jerawat, dan berbagai masalah kulit lainnya juga tak luput untuk diperhatikan. Soalnya hal ini dapat memengaruhi penampilan wajahmu ketika diaplikasikan riasan.

Oleh karenanya, cobalah untuk menyamarkan masalah kulit dengan menggunakan concealer. Pilihlah satu hingga dua warna yang lebih terang dibanding warna kulit untuk memberikan efek yang mencerahkan.

Selain itu, kamu juga perlu membaurkan produk di sekitar lingkar hitam bawah mata untuk menghilangkan efek mata panda yang membuat wajah terlihat sayu. Kemudian baurkan juga di area kening, hidung, dan dagu supaya hasilnya lebih glowing.

Tambahkan perona pipi

Supaya tidak terlihat pucat, maka kamu perlu menyapukan blush on di atas tulang pipi. Pemberian rona ini akan memberikan kesan segar pada wajah.

Kamu bisa memilih warna-warna yang alami seperti peach, coral, atau merah muda yang akan membuatnya tampak lebih sempurna.

Pastikan memilih produk yang memiliki tekstur ringan agar nantinya lebih mudah untuk dibaurkan dan memberikan hasil yang natural.

Jangan lupakan bedak tabur

Selanjutnya, agar make up make over terlihat lebih menarik dan tahan lama, maka kamu bisa membaurkan bedak tabur. Namun pastikan telah memilih warna yang sesuai dengan undertone kulit.

Jangan lupa untuk memilih produk yang teksturnya ringan, agar nantinya wajah tidak terasa berat. Lalu baurkan dengan menggunakan brush supaya hasilnya lebih merata dan tampak sempurna.

Akhiri dengan lipstik

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memiliki tampilan makeup yang sempurna adalah mengaplikasikan pewarna bibir. Pilihlah lipstik dengan hasil akhir matte supaya lebih tahan lama.

Selain itu, kamu juga perlu memilih warna lipstik yang alami seperti nude atau warna merah muda yang tidak terlalu cerah. Sehingga nantinya menghasilkan penampilan yang tampak natural.

7 Rekomendasi Produk Makeup Natural

Maybelline Fit Me Primer

Rekomendasi produk riasan yang pertama adalah Maybelline Fit Me Primer yang diformulasikan dengan oil control formula, di mana wajah akan bebas dari minyak berlebih hingga 16 jam.

Liquid primer ini juga memiliki tekstur yang sangat lembut dan mengandung SPF 20 yang bisa melindungi wajah dari efek buruk paparan sinar matahari.

Nantinya, hasil riasan pun akan terlihat lebih mulus dan flawless, sehingga rasanya terlalu sayang jika kamu melewatkan penggunaan produk ini ketika akan mengaplikasikan makeup.

Bourjois Foundation City Radiance Anti Grise Mine

Alas bedak yang satu ini memiliki tambahan SPF 30 yang akan melindungi wajah dari paparan sinar matahari dan polusi. Selain itu, produk ini juga mampu mengurangi partikel karbon pada kulit.

Setelah membaurkannya dengan rata, kulit terasa lebih segar dan bercahaya sepanjang hari. Kemasan dari produk ini juga sangat praktis dan aman untuk digunakan.

Kamu hanya perlu mengaplikasikannya menggunakan jari yang bersih atau beauty blender khusus yang digunakan untuk foundation. Pastikan pula telah memilih warna yang tepat, ya!

Make Over Hydrastay Glow Fluid Foundation

Make up Make Over ini diformulasikan khusus untuk kulit kering. Sebab di dalamnya terdapat kandungan deep hydrating actives yang dapat menghidrasi kulit secara intens hingga 24 jam.

Menariknya, produk ini dilengkapi dengan water burst technology dengan tekstur yang ringan. Sehingga mudah untuk dibaurkan dan menghasilkan lapisan kulit kedua yang tampak glowing.

Usahakan untuk memilih warna yang sesuai dengan undertone kulit agar nantinya menghasilkan penampilan yang lebih sempurna.

Estée Lauder Double Wear Radiant Concealer

Concealer dari Estée Lauder memang mengandung bahan-bahan alami seperti chia, camelina, dan minyak kacang kukui yang dapat mencerahkan area mata dan menyembunyikan bintik-bintik hitam serta kemerahan akibat iritasi.

Karena terbuat dari bahan alami, produk ini pun akan terasa nyaman saat dibaurkan. Dan yang paling penting, bisa bertahan selama 12 jam.

Kamu bisa mengaplikasikannya pada semua jenis kulit dengan memastikan telah memilih warna yang satu atau dua tingkat lebih cerah dari warna kulit.

Dior Backstage Face & Body Powder No Powder

Bedak wajah dari Dior ini akan mengatur riasan dan memberikan hasil akhir yang lebih bercahaya. Sehingga ketidaksempurnaan yang ada pada wajah pun akan tersamarkan dengan baik.

Uniknya, bedak ini sangat serbaguna. Karena kamu bisa menggunakannya secara langsung atau membubuhkannya di atas foundation yang membuat riasan tampak semakin sempurna.

Kulit pun akan menjadi lebih matte, bercahaya, dan terkesan natural sepanjang hari.

Mac Cosmetics Powder Blus (MAC x L Collection)

Untuk membuat wajah tidak terlihat pucat, maka kamu membutuhkan perona pipi yang akan membuatnya tampak lebih sempurna. Apalagi bahan-bahan di dalamnya yang mengandung vitamin E yang akan memberikan warna fantastis pada pipi.

Aplikasikanlah produk ini secara merata agar hasilnya terlihat lebih alami. Dan nantinya makeup pun menempel dengan sempurna pada wajah.

Givenchy Le Rouge Luminous Satin Matte Lipstick

Lipstick matte ini memiliki tekstur yang lembut dan ringan sehingga sangat mudah untuk diaplikasikan pada wajah. Meski begitu, bibir tetap terasa halus dan kenyal, dan warnanya pun bisa bertahan selama 12 jam.

Ini semua berkat asam hialuronat yang dikombinasikan dengan bunga Acmella oleracea yang terbukti dapat menghidrasi sekaligus membuat permukaan bibir terasa halus.