Bagaimana Memilih Produk Skin Care Kulit Kering Yang Tepat? Ini Penjelasan Ahli

skin care kulit kering
Foto: www.freepik.com

Apakah kamu memiliki kulit yang terasa bersisik? Jika jawabannya benar, maka perlu berhati-hati. Sebab jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan masalah kulit yang baru. Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada baiknya kamu menggunakan skin care kulit kering yang memang mengandung bahan-bahan khusus.

Simak penjelasan dari dr. Vina Feriza, Sp.DV, seorang Dokter Spesialis Dermatologi dan Venereologi dari Klinik Mutiara Cikutra, Erha Dermacenter Bandung, dan Apotek Kordon Bandung, yang akan menjelaskan terkait pemilihan skin care kulit kering.

Apa Itu Skin Care?

skincare adalah | | Bagaimana Memilih Produk Skin Care Kulit Kering Yang Tepat? Ini Penjelasan Ahli
Foto: www.pexels.com

Dokter Vina menjelaskan bahwa skin care merupakan berbagai hal yang dilakukan untuk mendukung integritas kulit. Yang mana dapat memperbaiki kondisi kulit dan meningkatkan penampilan.

“Namun saat ini, skin care lebih dikenal sebagai suatu produk yang dioleskan dan memiliki manfaat pada kulit,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa kulit merupakan organ hidup. Sehingga “perlu dirawat dan sama halnya seperti merawat organ tubuh lainnya,” tambahnya.

“Sementara wajah sendiri merupakan bagian tubuh yang paling diperhatikan oleh diri sendiri dan orang lain, apalagi saat kita berinteraksi. Oleh karena itu, biasanya area tubuh tersebut perlu diperhatikan dan dirawat secara khusus,” lanjutnya.

Terdapat beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan perawatan kulit wajah, di antaranya adalah:

  • Mencegah timbulnya permasalahan kulit
  • Menjaga kesehatan kulit agar tetap prima
  • Memperbaiki kondisi kulit

“Pada akhirnya, hal-hal tersebut dapat membuat kulit terlihat semakin enak untuk dipandang. Bahkan saat diraba oleh diri sendiri atau orang lain,” kata Dokter Vina.

Bagaimana dengan Kondisi Kulit yang Kering?

skin care kulit kering
Foto: www.xframe.io

Perlu diketahui, terdapat berbagai macam jenis kulit. Di antaranya adalah kulit kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi.

Untuk pemilik kulit kering, genetik menjadi salah satu yang berperan dalam memengaruhi kondisi kulit ini. Selain itu, terdapat beberapa penyebab, di antaranya adalah:

  • Faktor usia
  • Penggunaan produk tertentu yang dapat menghilangkan lemak pada kulit (sabun dan produk pembersih lainnya)
  • Kulit yang terlalu sering terkena air dalam durasi yang lama
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Kelembapan udara yang rendah
  • Suhu lingkungan yang dingin
  • Merokok
  • Kekurangan asupan vitamin, mineral, dan bahkan nutrisi penting lainnya
  • Memiliki penyakit dasar tertentu
  • Sedang menjalani pengobatan tertentu seperti kemoterapi dan cuci darah

Dokter Vina menambahkan bahwa “kulit yang mengalami kekeringan akan terlihat lebih bersisik, mengelupas, retak-retak, bahkan hingga berdarah. Serta jika diraba maka akan terasa kasar dan terkadang terasa gatal,” ungkapnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Skin Care?

skin care kulit kering
Foto: www.pexels.com

Jika kamu merasa memiliki kulit yang kering ditambah dengan adanya gejala-gejala yang seperti telah disebutkan, maka hal ini perlu segera diatasi.

Dermatolog yang satu ini menyarankan untuk “mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya kulit yang kering. Selanjutnya lakukan pencegahan penyebab atau mengobati penyebab utamanya. Akan tetapi, perawatan yang perlu dilakukan pertama kali adalah dengan penggunaan pelembap,” anjurnya.

Ah, penggunaan pelembap! Lantas, bagaimana rangkaian skin care kulit kering secara keseluruhan?

Terdapat beberapa langkah untuk skin care kulit kering, tetapi perawatan dasar ini juga berlaku bagi semua jenis kulit. Pertama adalah dengan “penggunaan sabun pembersih wajah, yang dilanjutkan dengan pengaplikasian pelembap, serta tabir surya,” paparnya.

“Untuk skin care kulit kering, pilih produk dasar yang berfungsi untuk melembapkan. Ketika kulit terasa sangat kering, maka gunakan pelembap yang konsistensinya lebih creamy atau tebal,” sarannya.

Sementara “untuk maintenance atau pemeliharaannya, boleh menggunakan produk yang berbentuk losion atau lebih encer. Frekuensi penggunaan pelembap pun juga disarankan untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan. Namun akan lebih baik jika kamu sering menggunakannya pada kulit yang kering sekali,” lanjutnya.

Bahan Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Skin Care Kulit Kering?

yang diperhatikan saat memilih skincare untuk kulit kering | | Bagaimana Memilih Produk Skin Care Kulit Kering Yang Tepat? Ini Penjelasan Ahli
Foto: www.rawpixel.com

Sejatinya, terdapat berbagai macam bahan yang biasa terkandung di dalam produk perawatan wajah. Saat memilih skin care kulit kering, maka disarankan untuk mencari produk yang melembapkan dan pastinya tidak mengandung fragrance.

“Sebaiknya hindari produk yang mengandung parfum, sabun-sabun yang memiliki sifat basa kuat, serta alkohol (kecuali untuk hand sanitizer),” ucap Dokter Vina.

Serta, “disarankan agar tidak mandi menggunakan sabun antiseptik atau antibakteri. Meski sekarang ini telah hadir berbagai sabun antiseptik dan antibakteri yang sudah mulai ditambahkan bahan kandungan yang melembapkan di dalamnya,” katanya.

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menjaga Kesehatan Kulit?

menjaga kesehatan kulit | | Bagaimana Memilih Produk Skin Care Kulit Kering Yang Tepat? Ini Penjelasan Ahli
Foto: www.freepik.com

Dokter Vina memaparkan bahwa kulit merupakan cerminan dari kesehatan tubuh. Jika ingin menjaga kesehatan kulit, cobalah untuk “menerapkan gaya hidup yang baik. Mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Serta melakukan aktivitas fisik yang seimbang, salah satunya dengan berolahraga dan istirahat,” sarannya.

Sebab, hal-hal tersebut sangat diperlukan agar tubuh menjadi lebih sehat, yang mana nantinya juga akan membuat kulit menjadi lebih sehat.

“Selain itu, disarankan untuk menghindari lingkungan yang kurang baik seperti lingkungan yang berpolusi atau terdapat banyak asap. Jangan lupa, manajemen stres yang baik juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit,” pesannya.

Kesimpulan

skin care kulit kering
Foto: www.xframe.io

Jika sudah menerapkan basic skin care kulit kering, tetapi kondisi kulit yang kering belum juga membaik, maka disarankan untuk mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin atau spesialis dermatologi dan venereologi.

Karena, “kunci untuk mengatasi kulit kering adalah memilih produk pelembap yang baik. Jangan lupa untuk diskusikan hal tersebut dengan dokter spesialis untuk mendapatkan skin care yang tepat untuk kulit,” ujarnya.