Wajib Coba: 14 Rekomendasi Lipstick Matte Paling Tahan Lama

lipstick matte
Foto: www.freepik.com

Ah, lipstik dan perempuan memang memiliki status hubungan “selamanya”. Dan ada banyak jenis lipstik di dunia ini, salah satunya adalah lipstik yang memberikan hasil akhir matte. Lipstick matte digemari oleh perempuan karena akan memberikan hasil yang tahan lama, sehingga tidak perlu repot untuk mengoleskannya secara berulang. Pilihan tepat yang malas touch-up—dan yang masih belum piawai berdandan saat berada di mobil atau transportasi publik.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan jenis lipstik yang satu ini, maka kamu perlu mengetahui jenis-jenis lipstick matte yang beredar di pasaran. 

Jenis-jenis Lipstick Matte

lipstick matte
Foto: www.freepik.com

Terdapat beragam jenis lipstik yang ada di pasaran, yakni:

Stik

Jenis riasan bibir ini memiliki bentuk stik padat yang mengandung sedikit minyak dibandingkan jenis lipstik matte lainnya sehingga. Selain itu, jenis ini juga memiliki warna yang lebih pekat. Namun sayangnya, pewarna bibir dengan bentuk stik ini tidak bertahan lama pada bibir. 

Liquid

Jenis lipstik yang satu ini memiliki keunggulan dalam pigmentasi serta dapat bertahan lebih lama pada bibir, sehingga riasan bibir jenis ini digemari oleh banyak perempuan. Selain itu, jenis ini juga mampu memberikan full coverage. Namun kamu perlu mengaplikasikan lip balm sebelum menggunakan pewarna bibir dengan jenis ini, hal ini bertujuan untuk mencegah bibir menjadi kering. 

Crayon

Pewarna bibir dengan bentuk crayon ini terasa nyaman ketika digenggam sehingga mempermudah dalam pengaplikasiannya. Produk ini cenderung memiliki tekstur dan formula yang lebih ringan. Selain itu, biasanya produk ini dapat menjadi produk yang multifungsi karena bisa digunakan sebagai blush on dan eyeshadow

Cara Memilih Lipstick Matte

lipstick matte
Foto: www.pexels.com

Sebelum memilih produk riasan bibir, selain memerhatikan jenis-jenis lipstik, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal lain, yakni:

Sesuaikan dengan undertone kulit

Ketika memilih lipstik kamu perlu menyesuaikannya dengan undertone kulitmu dengan melihat warna nadi pada pergelangan tangan. Jika terlihat warna biru maka kamu memiliki undertone yang dingin dan jika terlihat warna hijau maka kamu memiliki undertone hangat. Sementara untuk undertone netral maka akan memperlihatkan warna ungu. 

Pemilik undertone dingin dapat memilih lipstik dengan warna nude, merah, cokelat, dan merah muda. Untuk undertone hangat dapat memilih warna peach, maroon, ungu, atau merah tua. Sementara pemilik undertone netral dapat menggunakan seluruh warna. 

Kelembapan produk

Lipstik matte akan memberikan hasil akhir yang matte dan kering. Untuk itu kamu perlu memilih riasan bibir yang memiliki kandungan pelembap seperti minyak jojoba, argan, dan squalane. Kandungan tersebut dapat menjaga kelembapan sehinga mencegah bibirmu menjadi kering. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik. 

Rekomendasi Lipstick Matte

Berikut 14 rekomendasi pewarna bibir yang memberikan hasil akhir matte.

Make Over Intense Matte Lip Cream 

Riasan bibir dari Make Over ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki bibir gelap, karena Make Over Intense Matte Lip Cream dapat memberikan daya coverage yang tinggi. Plus, produk ini akan tetap terasa ringan dengan memiliki kandungan synthetic beeswax dan vitamin E. Dengan memiliki tekstur yang creamy, pewarna bibir ini memiliki pilihan warna sebanyak 20 yang dapat kamu pilih sesuai selera. 

L’Oreal Infallible Pro-Matte Liquid Lipstick 

L’Oreal mengadirkan varian terbaru produk pewarna bibir ini dengan memberi nama Infallible Pro-Matte Liquid Lipstick. Dengan memiliki bentuk yang khas, riasan bibir ini memiliki 16 warna yang dapat kamu pilih.  Produk ini memiliki aplikator yang runcing sehingga dapat membantu dalam pengaplikasiannya. Selain itu, produk ini juga memberikan hasil akhir yang matte dan full coverage

Yves Saint Laurent Rouge Pur Couture 

lipstick matte

Lipstik ini mengklaim dapat bertahan lama hingga 18 jam dengan memberikan hasil akhir matte sekaligus satin pada bibirmu. Kemasan Yves Saint Laurent Rouge Pur Couture dibalut dengan warna emas sehingga memancarkan aura kemewahan. Riasan bibir ini juga memiliki beragam variasi warna yang dapat kamu sesuaikan dengan selera. 

Mineral Botanica Studio Perfect Cover Matte Lipstick 

Lipstik ini mengandung formula ekstrak baobab, squalene, dan vitamin E sehingga diklaim dapat memperbaiki tekstur bibir. Namun tak hanya itu, meski akan memberikan hasil yang matte, riasan bibir ini tetap memberikan kelembapan sehingga kamu tidak perlu takut akan membuat bibir kering. Dengan memiliki tiga pilihan warna, kamu dapat menyesuaikannya dengan penampilanmu.

Dear Me Beauty 3-in-1 Multistick Crayon

Pewarna bibir yang satu ini berbentuk stik yang dapat dengan mudah diaplikasikan pada bibir, dan menjadi sangat pas untuk kamu yang senang aktif. Tidak hanya berfungsi sebagai riasan bibir, seperti namanya, produk ini juga bisa digunakan sebagai blush on sekaligus eyeshadow. Sangat praktis, ya?

L’Oreal Color Riche Matte

lipstick matte

Meski menunjukkan hasil akhir yang matte, lipstik L’Oreal ini memiliki kandungan jojoba oil yang dapat melembapkan bibir untuk mencegah bibir menjadi kering. Selain itu, produk ini juga diklaim dapat memberikan warna yang intens dengan hanya sekali pengaplikasian. Keunggulan dari produk ini terletak pada desain kemasan yang dibuat sangat mewah dengan bagian luar yang berwarna hitam dan bertekstur seperti kulit. Sementara di bagian dalamnya, dibungkus dengan warna emas yang elegan.

Make Over Color Stick Matte Crayon

lipstick matte

Make Over juga mengeluarkan produk lipstik dengan jenis krayon dengan memiliki ujung yang runcing sehingga dapat dengan mudah menjangkau ujung bibir. Produk ini memiliki formula smooth-matte yang dapat membuat bibirmu terlihat berkilau tanpa mengurangi pigmentasinya. Selain itu, pewarna bibir ini juga memiliki kandungan carnauba wax dan vitamin E yang dapat menjaga kelembapan bibir. 

Maybelline SuperStay Matte Ink

lipstick matte

Pewarna bibir yang satu ini terkenal dengan lipstik yang tahan lama, karena dapat bertahan hingga 16 jam. Produk ini dirancang dengan formula yang waterproof dan transferproof sehingga tidak akan hilang setelah terkena air ketika minum ataupun ketika makan. Dengan kemampuannya yang dapat bertahan lama dan hasil akhir yang matte, maka pewarna bibir ini sangat pas untuk kamu gunakan ketika menghadiri acara formal sehingga kamu tidak perlu repot untuk touch up

Emina Creamatte Lip Cream

Riasan bibir dari merek Emina ini memiliki beragam pilihan warna netral yang dapat dipilih sesuai dengan warna kulitmu. Lipstik ini mengandung vitamin E yang berfungsi menjaga bibir agar tetap lembap meski memberikan hasil akhir yang matte. Meski dapat bertahan lama, lipstik ini dapat dengan mudah dibersihkan dengan makeup remover dan tidak membuat bibirmu menjadi hitam. 

Wardah Instaperfect Mattesetter Lip Matte Paint

Wardah Instaperfect Mattesetter Lip Matte Paint memiliki kandungan minyak jojoba, alpukat, antioksidan, serta mattifying agent yang akan membuat pewarna bibir ini dapat bertahan lama dan terasa lembap hingga 12 jam. Meski memberikan hasil akhir yang matte, lipstik ini tidak dirancang dengan transferproof sehingga akan menempel ke permukaan benda seperti sedotan atau peralatan makan dan minum lainnya. 

Revlon Ultra HD Matte Lip Color

lipstick matte

Pewarna bibir ini memiliki kandungan yang bersifat 100% wax-free sehingga aman untuk digunakan. Produk ini memiliki tekstur creamy dan lembut sehingga memberikan hasil akhir matte pada bibirmu. Revlon Ultra HD Matte Lip Color juga dapat bertahan lama tanpa perlu mengoleskannya berulang kali. Meski begitu, produk ini memerlukan beberapa waktu hingga akhirnya dapat mengering di bibir. 

NYX Soft Matte Lip Cream

lipstick matte

NYX menjadi salah satu lipstick matte yang menjadi favorit bagi kebanyakan orang, pasalnya pewarna bibir yang satu ini memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah untuk di bawa berpergian. Tak hanya itu, produk ini juga mengandung bahan yang dapat menutrisi bibir seperti minyak argan, omega-3, dan vitamin E. NYX Soft Matte Lip Cream juga memiliki beragam pilihan warna nude hingga warna terang yang dapat disesuaikan dengan penampilanmu.

MAC Matte Lipstick

Desain dari riasan bibir yang satu ini dilapisi dengan warna hitam yang terlihat mewah, sementara bagian pada bagian dalam dibalut dengan warna perak yang membuatnya tampak elegan. Memberikan hasil akhir yang matte, produk ini bertekstur creamy dan ringan di bibir. Untuk pemilik bibir kering, disarankan untuk memakai lip balm terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pewarna bibir ini.  

Mirabella Lipcream Matte Expert

Jika kamu memiliki bibir yang kering, kamu tidak perlu ragu untuk memakai Mirabella Lipcream Matte Expert pasalnya riasan bibir ini memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi melembapkan bibirmu. Tak hanya itu, lipstick matte ini juga mengandung tabir surya yang dapat melindungi bibir dari paparan sinar matahari. Produk ini memiliki tekstur yang ringan dan tidak meninggalkan kesan cracking pada bibir.

Selanjutnya: 13 Lipstik Merah Terbaik di Dunia