Ini Manfaat Penting Mengonsumsi Zinc Bagi Tubuh dan Kulit

Zinc
Foto: www.freepik.com

Kebanyakan orang ingin memiliki tubuh yang sehat serta bugar, dan hal ini tentunya dapat dipengaruhi oleh asupan vitamin, mineral, dan zat-zat lainnya pada tubuh. Zinc pun menjadi salah satu jenis mineral yang penting dan wajib terpenuhi asupannya.

Meski tidak banyak yang mengetahui fungsi zinc, namun manfaat seng ternyata dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. Penasaran? Terus gulir ke bawah untuk menemukan manfaat dari zinc bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Mengapa Perlu Mengonsumsi Zinc?

Zinc
Foto: www.freepik.com

Zinc merupakan nutrisi yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh. Karena tubuh tidak bisa memproduksi zinc secara alami, tentunya kamu harus mendapatkannya melalui asupan makanan atau suplemen.

Mineral ini diperlukan untuk berbagai proses di tubuh, termasuk:

  • Sintetis protein
  • Sintetis DNA
  • Penyembuhan luka
  • Pertumbuhan dan perkembangan

Terdapat berbagai macam makanan mengandung seng, seperti tiram, daging merah, dan unggas. Sumber makanan baik lainnya termasuk kacang-kacangan, jenis makanan laut tertentu, dan biji-bijian.

Seng adalah mineral paling banyak kedua di tubuhmu setelah zat besi. Salah satu enzim penting yang berguna untuk mengenali rasa dan bau, ternyata dapat bergantung pada nutrisi yang satu ini. Sehingga kekurangan zinc dapat mengurangi kemampuanmu untuk merasakan atau mencium bau.

Apa Manfaat Zinc?

Foto: www.freepik.com

Berikut 5 manfaat penting dari zinc.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat dari zinc adalah mampu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplemen seng dapat merangsang sel kekebalan tertentu dan mengurangi stres oksidatif. Katanya, 80-92 mg seng per hari dapat mengurangi flu hingga 33%.

 Terlebih lagi, suplemen zinc secara signifikan dapat mengurangi risiko infeksi dan meningkatkan respons kekebalan pada orang dewasa yang lebih tua.

Mempercepat penyembuhan luka

Biasanya zinc digunakan sebagai pengobatan untuk luka bakar, bisul, dan luka kulit lainnya. Karena mineral ini dapat beperan dalam sintetis kolagen, fungsi kekebalan, dan respons inflamasi, sehingga diperlukan penyembuhan yang tepat.

Kekurangan asupan seng pun dapat memperlambat penyembuhan luka, dan suplemen zinc bisa mempercepat pemulihan pada penderita luka.

Mengurangi risiko penyakit tertentu

Menurut sebuah penelitian, lebih dari 4200 orang yang mengonsumsi suplemen antioksidan harian – vitamin E, vitamin C, dan beta-karoten – ditambah dengan 80mg seng bisa menurunkan kehilangan penglihatan dan secara signifikan mengurangi risiko AMD lanjut (age-related macular degeneration).

AMD atau degenerasi makula merupakan kerusakan pada makula, yang mana merupakan titik kecil di dekat pusat retina dan bagian mata yang diperlukan untuk penglihatan sentral yang tajam.

Membantu mengobati jerawat

Jerawat dipicu oleh penyumbatan kelenjar penghasil minyak, bakteri, dan peradangan. Studi menunjukkan bahwa pengaplikasian mineral seng secara topikal dan oral dapat secara efektif mengobati jerawat dengan mengurangi peradangan, menghabat pertumbuhan bakteri P.acnes, dan menekan aktivitas kelenjar berminyak.

Katanya, orang yang berjerawat cenderung memiliki kadar seng yang lebih rendah. Oleh karena itu, suplemen dapat membantu mengurangi gejala.

Mengurangi peradangan

Manfaat zinc selanjutnya adalah dapat mengurangi stres oksidatif dan kadar protein inflamasi tertentu pada tubuh. Stres oksidatif ini dapat menyebabkan peradangan kronis, salah satu faktor yang berkontribusi dalam berbagai penyakit jantung dan kanker.

Kata sebuah penelitian, 40 orang dewasa yang mengonsumsi 45 mg seng per hari dapat mengalami penurunan penanda inflamasi yang lebih besar daripada kelompok plasebo.

Bagaimana Cara Mendapatkan Manfaat dari Mineral Seng?

Zinc
Foto: www.freepik.com

Terdapat beberapa sumber makanan yang secara alami kaya akan zinc, sehingga memudahkanmu untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, di antaranya adalah:

  • Tiram
  • Kepiting
  • Lobster
  • Daging merah
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian

Selain itu, zinc juga bisa diperoleh dari suplemen. Sementara untuk mendapatkan manfaat seng untuk kulit, maka kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung zinc di dalamnya.

Adakah Efek Samping dari Mengonsumsi Seng?

Foto: www.freepik.com

Karena memiliki peran yang penting dalam tubuh, baik itu kekurangan atau kelebihan  dari asupan mineral yang satu ini ternyata bisa menimbulkan efek samping

Kekurangan zinc

Meski jarang terjadi, namun kekurangan zinc yang parah dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan, ruam kulit, diare kronis, dan gangguan penyembuhan luka. Sementara gejala kekurangan seng secara ringan, di antaranya adalah diare, rambut yang menipis, nafsu makan menurun, gangguan mood, kulit kering, dan masalah kesuburan.

Menurut sebuah penelitian, diperkirakan sekitar 2 miliar orang di seluruh dunia kekurangan seng karena asupan makanan yang tidak memadai. Karena kekurangan seng dapat merusak sistem kekebalan tubuh, maka kekurangan seng diperkirakan bisa menyebabkan lebih dari 450.000 kematian pada anak di bawah usia 5 tahun setiap tahunnya.

Kelebihan zinc

Sama seperti kekurangan zinc, asupan yang berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping yang negatif. Penyebab paling umum dari keracunan seng adalah terlalu banyaknya seng tambahan yang bisa memicu gejala akut dan kronis, di antaranya adalah:

  • Mual dan muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Diare
  • Kram perut
  • Sakit kepala
  • Mengurangi fungsi kekebalan
  • Menurunkan kadar kolesterol HDL (baik)

Untuk mengatasi kelebihan asupan seng, maka kamu bisa menghindari suplemen zinc dengan dosis yang tinggi, kecuali jika direkomendasikan oleh dokter. Asupan harian yang direkomendasikan adalah 11 mg untuk pria dewasa, dan 8 mg untuk wanita dewasa. Sementara wanita hamil dan menyusui harus mengonsumsi masing-masing 11 dan 12 mg per hari.

Rekomendasi Produk

Berikut beberapa rekomendasi produk perawatan wajah yang mengandung seng.

Revolution Skin Blemish and Pore Refining Niacinamide 10% + Zinc PCA Serum

Produk ini menjadi pahlawan bagi kulit berminyak, pori tersumbat, dan rawan terhadap noda. Karena serum yang ringan dan lembut ini bisa mengatasi noda dan meminimalkan ukuran pori-pori yang besar. Tak hanya itu, efek ajaibnya juga bisa mengatur produksi minyak berlebih pada wajah, sehingga bye-bye kulit kusam.

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Serum berbasis air dengan kandungan niacinamide dan zinc ini, dijamin akan mengurangi munculnya noda hitam, kemerahan, dan kulit yang berminyak. Sehingga kulitmu akan terasa lebih bersih, cerah, dan halus. Tak ketinggalan, produk ini juga bisa menyeimbangkan produksi sebum pada wajah.

La Roche-Posay Effaclar Facial Cleanser

Pembersih wajah bertekstur gel ini bisa membersihkan kotoran dengan lembut dan tetap menjaga keseimbangan pH kulit. Cukup pijat dengan lembut agar dapat membantu memaksimalkan fungsinya, lalu bilas dengan air bersih.

PCA Skin Weightless Protection Broad Spectrum SPF 45

Pelindung wajah yang ringan dan cepat menyerap ini tentu diformulasikan dengan sempurna untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Dengan kandungan SPF 45, tentunya akan bekerja maksimal untuk menjaga wajah dari paparan sinar matahari.

Image Skincare Prevention+ Daily Ultimate Protection SPF 50 Moisturizer

Tabir surya dengan SPF 50 ini menawarkan perlindungan kulit wajah dengan tingkat tinggi untuk olahraga dan aktivitas luar ruangan. Pastikan kamu mengoleskannya setiap 2 jam sekali pada wajah yang terpapar sinar matahari.

EltaMD UV Clear Tinted Face Sunscreen Broad-Spectrum SPF 46

Sunscreen ini dapat membantu menenangkan dan melindungi kulit sensitif yang rentan terhadap jerawat dan perubahan warna. Tabir surya yang berbahan dasar mineral ini tentu akan terasa ringan, halus, dan mudah menyerap pada wajah. Penting untuk mengaplikasikannya dengan rutin dan tepat agar melindungi wajah dari sengatan matahari.