Ingin Punya Wajah Glowing? Lakukan 10 Langkah Ini Dengan Rutin

rahasia kulit wajah glowing
Foto: www.canva.com

Kulit wajah glowing merupakan dambaan bagi setiap orang. Memiliki wajah yang sehat juga dapat membuat kita pede bepergian bahkan tanpa memakai make up.

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah sesuai yang diinginkan, seperti menggunakan berbagai skincare, hingga melakukan perawatan ke dokter.

Namun, bagaimana jadinya jika sudah memakai banyak skincare tapi kulit wajah tetap tidak glowing?

Perlu diketahui bahwa kulit glowing adalah kondisi kulit yang sehat, lembap, hingga cerah. Ada hal-hal lain perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang maksimal.

Perhatikan Makanan yang di Konsumsi

rahasia kulit wajah glowing
Holika Holika – Watermelon Mask Sheet

Melakukan perawatan untuk wajah tidak hanya dengan pemakaian skincare saja, namun kamu juga perlu memperhatikan asupan yang kamu makan sehari-hari.

Beberapa buah dan sayur yang bagus untuk kulit wajah seperti jeruk, stroberi, alpukat, lemon, tomat, wortel, kentang, hingga kale.

Rutin Olahraga

HAPPYFIT Headband Sports Wide Blue
HAPPYFIT – Headband Sports Wide – Blue

Bagi kamu yang biasanya jarang berolahraga, yuk mulai sekarang ubah pola hidup kamu dengan berolahraga secara rutin. Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba adalah seperti workout, bersepeda, maupun berlari.

Dengan melakukan olahraga, dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat, bersih, mencegah timbulnya jerawat, hingga mencegah penuaan dini.

Tidur dengan Teratur

rahasia kulit wajah glowing
Laneige – Cica Sleeping Mask

Bagi sebagian orang tidak mengindahkan tidur dengan teratur dan lebih memilih tidur terlambat atau begadang. Perlu diketahui bahwa jika begadang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, lho!

Beberapa efek buruk dari begadang seperti meningkatnya berat badan, menurunkan sistem imunitas tubuh, penuaan dini, stroke, penyakit jantung, hingga sulit berkonsentrasi.

Untuk kulit wajah, jika kurang tidur akan menyebabkan kulit terlihat lebih tua. Kulit akan terlihat pucat, kusam, terdapat garis halus dan mata terlihat bengkak.

Jadi, tidurlah dengan teratur meskipun akhir pekan. Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan tidur berdasarkan usia adalah sebagai berikut:

  • 0-1 bulan : 14-18 jam setiap hari
  • 1-18 bulan : 12-14 jam sehari termasuk tidur siang
  • 3-6 tahun : 11-13 jam sehari termasuk tidur siang
  • 6-12 tahun : 10 jam sehari
  • 12-18 tahun : 8-9 jam sehari
  • 18-40 tahun : 7-8 jam sehari
  • 40-60 tahun : 7 jam sehari
  • 60 tahun ke atas : 6 jam sehari

Sedangkan waktu tidur terbaik, dianjurkan pukul 10 hingga 11 malam.

Perbanyak Minum Air Mineral

Cetaphil Moisturizing Cream
Cetaphil – Moisturizing Cream

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Untuk itu, menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, agar cairan tidak kurang, pada orang dewasa disarankan sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Selain dari air mineral, kamu dapat memberikan asupan cairan lain dari buah dan sayur, seperti semangka dan bayam yang mengandung 90% air.

Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Pastikan tubuhmu terpenuhi cairan setiap hari.

Tidak Merokok

rahasia kulit wajah glowing
The Ordinary – Argireline Solution

Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam satu batang rokok mengandung lebih dari 4000 jenis senyawa kimia, 400 zat berbahaya, dan 43 zat penyebab kanker.

Dengan merokok, kamu dapat mengalami berbagai masalah kesehatan. Untuk kulit, dapat menyebabkan meningkatnya risiko penuaan dini, memicu hiperpigmentasi, dan berbagai komplikasi lainnya.

Maka dari itu, mulailah untuk berhenti merokok. Selain tidak bagus untuk tubuhmu, orang lain yang ada di sekitarmu juga akan terkena dampak akibat asap rokok.

Jangan Lupakan Double Cleansing

CLINIQUE Take The Day Off Cleansing Balm
CLINIQUE – Take The Day Off™ Cleansing Balm

Bagi sebagian orang, sering kali lupa untuk melakukan double cleansing, padahal metode ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Sebelum menggunakan sabun wajah, terlebih dahulu perlu melepaskan kotoran di wajah menggunakan pembersih wajah, seperti cleansing balm, lotion cleanser, atau oil liquid cleanser yang mengandung minyak.

Dengan melakukan double clensing, akan membuat kulit menjadi lebih lembut, lembap, serta pori-pori tidak tersumbat. Selain itu, melakukan double cleansing juga membuat skincare akan menyerap dengan sempurna.

Gunakan Tabir Surya

rahasia kulit wajah glowing
Neutrogena – Ultra Sheer® Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 55

Tabir surya merupakan produk perawatan wajah yang sangat penting dan wajib dipakai. Hal ini karena untuk meminimalisir paparan sinar matahari UVA dan UVB.

Selain itu, jika tidak memakai tabir surya, dapat mengakibatkan penuaan dini, kulit terbakar, munculnya komedo, hingga menyebabkan kanker kulit.

Pakai Pelembap secara Rutin

TULA Skincare 24 7 Moisture Hydrating Day Night Cream
TULA Skincare – 24-7 Moisture Hydrating Day & Night Cream

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan glowing, tidak hanya memenuhi cairan dari dalam tubuh saja, melainkan juga dari luar tubuh.

Menggunakan pelembap secara rutin dapat membuat kulit wajah ternutrisi dengan baik. Selain itu, kulit menjadi lembap, sehat, hingga membuat wajah tampak awet muda,

Untuk wajah berminyak, dapat memilih pelembap dengan bahan dasar air, bebas minyak, non-comedogenic, tidak mengandung alkohol, bertekstur ringan, dan mudah menyerap.

Untuk kulit kering, pilih pelembap yang mengandung hyaluronic acid, lanolin, ceramides, maupun gliserin.

Manfaatkan Sheet Mask

rahasia kulit wajah glowing
MEDIHEAL – Face Mask Pack

Sheet mask merupakan jenis masker dengan bentuk menyerupai wajah yang sudah mengandung serum. Banyak orang yang lebih menyukai memakai sheet mask karena mudah digunakan tanpa harus meraciknya lebih dulu.

Sheet mask memiliki berbagai manfaat yang baik untuk wajah, seperti dapat membuat kulit menjadi lebih lembap, segar, hingga memberikan nutrisi.

Namun penggunaan sheet mask juga harus diperhatikan. Dianjurkan untuk menggunakan sheet mask selama 15 hingga 20 menit agar kandungannya dapat menyerap dengan baik.

Perlu Lakukan Eksfoliasi

Cerave SA Cleanser
Cerave – SA Cleanser

Eksfoliasi merupakan proses pelepasan sel-sel kulit mati untuk mengganti yang baru. Kamu dapat mengeksfoliasi wajah cukup satu hingga dua kali dalam seminggu.

Melakukan eksfoliasi tentunya memiliki berbagai manfaat. Seperti mencegah timbulnya jerawat, membersihkan pori-pori agar tidak ada penyumbatan, mengurangi kerutan, hingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen.