Sering Dianggap Lebih Sehat, Ternyata Ini 7 Manfaat Beras Merah

manfaat beras merah
Foto: www.freepik.com

Biasanya beras merah menjadi makanan yang sering dikaitkan dengan menu sehat. Tak jarang kebanyakan orang menggunakan beras yang satu ini sebagai pengganti beras putih. Jika kamu tertarik untuk mencobanya dan penasaran ingin mengetahui manfaat beras merah, maka simak artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya.

Apa Manfaat Beras Merah?

Foto: www.unsplash.com

Beras merah merupakan gandum utuh yang tidak diproses secara lengkap dibandingkan dengan beras putih yang kulit, dedak, dan kumannya telah dibuang. Ini 7 manfaat beras merah yang bisa kamu dapatkan:

Sangat bergizi

Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah ternyata memiliki lebih banyak nutrisi. Meski kandungan kalori dan karbohidratnya hampir serupa, namun beras merah tetap mengungguli beras putih. Dalam satu cangkir beras merah mengandung:

  • Kalori: 261
  • Karbohidrat: 44 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Lemak: 1,8 gram
  • Protein: 5 gram
  • Thiamin (B1): 12%
  • Niasin B3: 15%
  • Piridoksin (B6) 14%
  • Asam pantotenat (B5): 6%
  • Besi: 5%
  • Magnesium: 21%
  • Fosfor: 16%
  • Zinc: 8%
  • Tembaga: 10%
  • Mangan: 88%
  • Selenium: 27%

Gandum utuh ini juga merupakan sumber folat, riboflavin (B2), kalium, serta kalsium yang baik. Kandungan mangan yang tinggi ternyata dapat berperan penting untuk tubuh, mulai dari perkembangan tulang, penyembuhan luka, dan pengaturan gula darah. Kekurangan mangan pada tubuh sering kalo dikatikan dengan risiko sindrom metabolik, dan gangguan pertumbuhan.

Kaya akan antioksidan

Selain menjadi sumber vitamin dan mineral, beras merah juga menyediakan senyawa tanaman yang kuat. Beras merah mengandung fenol dan flavonoid, jenis antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif. Pasalnya stres oksidatif sering kali dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan penuaan dini.

Antioksidan yang ditemukan dalam brown rice dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, serta mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa antioksidan yang ada dalam beras merah mungkin menjadi alasan rendahnya penyakit kronis tertentu pada wilayah yang menjadikan beras ini sebagai makanan pokok.

Membantu menurunkan berat badan

Sedang berusaha menurunkan berat badan? Cobalah mengonsumsi beras merah yang dipercaya dapat membantumu untuk mengurangi bobot badan. Pasalnya satu cangkir (158 gram) beras merah mengandung 3,5 gram serat, sedangkan beras putih mengandung kurang dari satu gram.

Serat yang tinggi tentu akan membuatmu tetap merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Sehingga mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantumu untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki asupan serat tinggi memiliki risiko 49% lebih rendah untuk mengalami kenaikan berat badan dibandingkan wanita yang memiliki asupan serat rendah.

Selain itu, wanita yang mengonsumsi beras merah mengalami penurunan penanda peradangan dalam tubuh, dan faktor risiko kardiovaskular.

Kesehatan jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan lebih dari 560.000 orang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat ternyata memiliki risiko 24-59% lebih rendah terkena penyakit jantung, kanker, dan penyakit pernapasan.

Selain itu, studi lain menemukan fakta bahwa seseorang yang memakan biji-bijian dalam jumlah tinggi, termasuk beras merah, memiliki risiko penyakit jantung koroner 21% lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi biji-bijian.

Beras merah yang kaya akan magnesium ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa peningkatan magnesium sebanyak 100 mg/hari dapat mengurangi risiko kematian sekitar 24-25% yang disebabkan oleh penyakit jantung pada wanita.

Pilihan yang tepat untuk penderita diabetes

Mengurangi asupan karbohidrat ternyata sangat penting untuk membantu mengontrol gula darah. Untuk itu, penderita diabetes biasanya akan mengurangi asupan makanan yang dapat meningkatkan gula darah. Hal ini dapat dilakukan dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes tipe-2 yang makan dua porsi nasi merah per hari dapat mengalami penurunan gula darah dan hemoglobin. Pasalnya, brown rice memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih, sehingga lebih lambat untuk dicerna dan tidak berpengaruh pada gula darah.

Karena menurut sebuah studi, makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan gula darah, insulin, dan ghrelin, hormon  yang meningkatkan rasa lapar. Menurut sebuah studi yang melibatkan lebih dari 197.000 orang, menukarkan 50 gram nasi putih dengan nasi merah per minggu dapat dikaitkan dengan risiko 16% lebih rendah terkena diabetes tipe-2.

Bebas gluten

Manfaat beras merah selanjutnya ternyata dapat berdampak baik bagi tubuh, karena beras yang satu ini secara alami bebas akan gluten, protein yang sering ditemukan dalam biji-bijian. Pasalnya terdapat orang-orang tertentu yang memiliki alergi atau tidak toleran terhadap gluten, sehingga sering kali mengalami reaksi ringan hingga parah seperti sakit perut, diare, kembung, dan muntah.

Perawatan jerawat dan hiperpigmentasi

Menurut sebuah penelitian, senyawa yang berasal dari ekstraksi beras, yakni asam fitat ternyata dapat secara efektif mengobati jerawat dan hiperpigmentasi atau bintik hitam yang sering ditemui pada wajah. Selain itu, dalam studi tersebut juga mengungkapkan bahwa asam fitat mampu melepaskan sel-sel kulit mati sehingga bisa meminimalkan tanda-tanda penuaan.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Beras Merah?

manfaat beras merah
Foto: www.freepik.com

Beras merah dikenal sebagai bahan yang serbaguna, karena dapat dikonsumsi kapan pun dan dengan berbagai macam resep. Seperti mengonsumsi nasi merah yang ditambah dengan sayur dan protein misalnya.

Selain itu, kamu juga bisa memakan nasi merah dengan sup, menggunakannya dalam gulungan sushi, atau dengan cara menumisnya bersamaan dengan sayuran dan minyak zaitun.

Gandum utuh yang bergizi ini akan sangat cocok untuk dikonsumsi dengan banyak bahan makanan, serta bisa dinikmati ketika sarapan, makan siang, atau makan malam.

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk perawatan wajah yang mengandung beras.

The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Foam

Sabun muka yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan busa yang creamy, serta aroma yang menenangkan. Sehingga mampu mengangkat seluruh kotoran dengan baik dan memberikan kelembapan pada wajah.

The Body Shop Chinese Gingseng & Rice Clarifying Polishing Mask

Masker eksfoliasi ini diperkaya dengan ekstrak jahe, beras, dan minyak wijen dari Nikaragua. Berkat kandungan tersebut, ternyata produk ini dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu perlu menggunakannya secara rutin setiap minggu.

I’m From Rice Mask

I’m From Rice Mask merupakan masker yang mengandung 4,1% beras Yeoju yang berasal dari Korea. Keunggulan dari produk yang satu ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di dalam wajah. Sehingga kulit akan terasa lebih halus dan bersih setelah menggunakan masker wajah ini.

Hayejin Rice Fila Moisturizing Cream

Krim pelembap wajah ini dipercaya mampu menahan kelembapan selama 50 jam. Sehingga lotion ini dirancang untuk pemilik kulit sensitif, kering, dan jerawat.

Cosrx Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Mask

Produk 3-in-1 ini dapat membantu mencerahkan, memelihara, dan memberikan kelembapan sehingga bisa mengubah kulit yang kusam menjadi kulit yang sehat. Dengan kandungan ekstrak beras sebanyak 68.90% serta niacinamide sebesar 2%, produk ini dapat mudah menyerap sehingga bisa menutrisi kulit dengan baik.