11 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik Untuk Wajah Bruntusan

Sabun cuci muka untuk bruntusan
Foto: www.pexels.com
Terakhir diperbarui:

Munculnya bintik-bintik pada wajah atau yang biasa disebut bruntusan mungkin menjadi masalah kulit yang umum untuk dialami kebanyakan orang. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu memilih sabun cuci muka untuk bruntusan,

Simak artikel ini sampai habis untuk menemukan rekomendasi sabun cuci muka untuk bruntusan yang bisa kamu gunakan secara rutin. Namun pastikan kamu telah menyesuaikannya dengan jenis kulit yang dimiliki.  

Mengapa Muncul Bruntusan?

Sabun cuci muka untuk bruntusan
Foto: www.freepik.com

Sesungguhnya, bruntusan bukan merupakan istilah medis. “Bruntusan adalah istilah awam yang menyatakan bahwa terdapat kontur yang tidak rata pada kulit, mulai dari bintik merah, bintik putih, atau yang menyerupai jerawat,” ujar dr. Annisa Fadilla, Sp.DV.

Penyebab munculnya bruntusan ini dapat disebabkan karena beberapa hal, mulai dari miliaria (biang keringat), eksem, jerawat, atau milia (sumbatan keratin yang berwarna putih).

Meski tidak berbahaya, namun bruntusan pada wajah ini dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Seperti menyebabkan rasa tidak nyaman dan menurunnya rasa percaya diri pada penampilan.

Selain itu, bruntusan ini juga bisa menimbulkan masalah kulit yang baru, seperti munculnya komedo atau bopeng pada wajah. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan produk yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Bagaimana Cara Memilih Sabun Muka untuk Kulit Bruntusan?

Sabun cuci muka untuk bruntusan
Foto: www.canva.com

Berikut beberapa cara untuk memilih sabun cuci muka untukmu yang memiliki masalah bruntusan.

Pilih sabun berbentuk busa

Tidak selalu di jidat, bruntusan ini bisa dialami pada berbagai area. Oleh karena itu untuk mengatasi jenis jerawat yang satu ini maka disarankan agar memilih produk berbentuk busa atau foam.

Sebab produk ini memiliki daya pembersih yang tinggi, sehingga bisa mengangkat sisa-sisa kotoran dan sebum yang berlebihan.

Periksa kandungannya

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memilih produk yang mengandung bahan-bahan aktif di dalamnya. Seperti asam salisilat yang dapat mencegah munculnya kembali jerawat pada kulit.

Tak hanya itu, pilih juga produk yang berlabel non-komedogenik. Ini bertujuan untuk menjamin kandungan minyak yang ada di dalam produk tidak memicu tumbuhnya jerawat atau menyumbat pori-pori wajah.

Sesuaikan dengan jenis kulit

Selain itu, kamu juga perlu memilih sabun muka yang disesuaikan dengan kondisi kulit. Hal ini bertujuan agar produk yang digunakan dapat mengatasi masalah kulit lainnya, selain bruntusan.

Pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki, apakah berminyak, kering, sensitif, atau kombinasi.

Rekomendasi Produk

Clinique Anti-Blemish Solutions Cleansing Foam

Pembersih wajah ini dilengkapi dengan kandungan asam salisilat 2% yang dapat membantu membersihkan sekaligus mencegah jerawat. Berkat kandungannya, kotoran dan minyak berlebih pun akan terangkat dengan maksimal.

Produk ini juga dapat membantu menjaga pori-pori agar tetap bersih. Sehingga nantinya kulit pun akan terasa lebih sehat.

Mario Badescu Acne Facial Cleanser

Mario Badescu Acne Facial Cleanser diformulasikan dengan lembut untuk mengangkat kotoran.

Ini semua berkat kandungan asam salisilat yang merupakan agen anti-jerawat yang kuat, sehingga dapat merawat jerawat yang ada dan mencegahnya muncul kembali.

Selain itu, kandungan lidah buaya dan chamomile yang ada di dalamnya juga dapat menenangkan kulit yang meradang. Serta menghentikan iritasi yang dialami oleh wajah.

Shiseido Deep Cleansing Foam

Cleansing yang satu ini mengandung bubuk penyerap sebum dan butiran pembersih yang secara efektif dapat menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Sehingga akan memberikan hasil akhir yang bersih dan bercahaya.

Kandungan peony root dan ekstrak yomogi yang ada di dalamnya juga dapat membantu kulit agar terasa lebih lembut dan segar. Serta aroma bunga hijau dan mawarnya bisa membuat kulit menjadi lebih rileks.

Sulwhasoo Gentle Cleansing Foam

Mengandung ekstrak daun murbei dan akar dioscorea japonica, menjadikan produk ini dapat membersihkan wajah secara maksimal. Serta membuatnya menjadi terasa lebih halus.

Dengan busa yang lembut dan formula hydra capture complex, membuatnya dapat menjaga kelembapan kulit. Sehingga kulit tidak akan terasa kering setelah membersihkan wajah.

Pastikan kamu telah menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil akhir yang baik. Jangan lupa untuk memijat wajah secara perlahan ketika mengaplikasikan produk ini pada wajah.

Laneige Multi Deep Clean Cleanser New

Selain membersihkan riasan, tabir surya, dan debu serta sisa kotoran, ekstrak blueberry yang ada di produk ini juga mampu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Produk pembersih wajah ini memang diformulasikan untuk melakukan pembersihan secara maksimal. Wajah pun akan terasa lebih segar setelah menggunakan sabun cuci muka untuk bruntusan ini.

Tidak lupa menggunakannya secara rutin dengan menambahkan pijatan-pijatan halus untuk membantunya mengangkat kotoran secara efektif.

Fresh Kombucha Cleansing Treatment

Hanya dalam satu langkah, produk ini bisa menyapu seluruh polutan, kotoran, riasan, dan tabir surya yang menempel pada wajah. Selain itu, produk ini juga mampu menjaga keseimbangan kulit.

Apalagi kandungan kombucha yang dapat membuat wajah menjadi lebih cerah, halus, dan pori-pori yang tampak mengecil. Pastikan kamu telah menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Kose Sekkisei Clear Wellness Cleansing Gel

Cleansing gel ini memiliki tekstur yang lembut dan dapat menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Sehingga nantinya wajah akan terlihat lebih bersih dan bercahaya.

Tak perlu khawatir, produk ini telah teruji secara dermatologis dan sangat cocok untuk digunakan pada kulit yang sensitif.

Sensatia Botanicals Green Tea and Tamarind Facial Cleanser

Campuran unik dari teh hijau dan asam Jawa ini mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat mengangkat seluruh kotoran. Serta melindunginya dari radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Kandungan lidah buaya dan belimbing yang kaya akan vitamin C juga dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Setelah menggunakan sabun cuci muka untuk bruntusan ini, kulit pun akan terasa lebih sehat dan bersih.

Pyunkang Yul Cleansing Foam

Sabun pembersih wajah ini dibuat dengan lembut namun sangat efektif untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang ada pada kulit. Sehingga nantinya wajah pun akan terasa lebih segar dan sehat.

Ambil produk secukupnya, kemudian tambahkan sedikit air dan mulai aplikasikan dengan meminjatnya secara perlahan. Setelahnya, jangan lupa untuk membilas wajah dengan menggunakan air hangat.

Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

Salah satu sabun cuci muka ini dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Serta sekaligus mengontrol sebum yang berlebih.

Ini semua berkat kandungan bahan alami Jeju volcanic scoria yang dapat mengatasi segala permasalahan kulit. Sehingga nantinya membuat wajah terlihat lebih bersih dan cerah.

The Saem See & Saw AC Control Deep Cleansing Foam

Pembersih wajah ini khusus diformulasikan untuk kulit berjerawat dan sensitif. Sehingga mengandung busa lembut yang dapat membersihkan kulit wajah hingga ke dalam pori-pori.

Hal itu bisa membuat sisa makeup, debu, minyak, dan kotoran lain terangkat dengan sempurna. Sebab hal-hal tersebut bisa menimbulkan bruntusan pada wajah.