Makan Buah dan Sayur Sebanyak Ini Setiap Hari, Kurangi Stres

makan buah dan sayur
Foto: www.pexels.com

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi stres, mulai dari meditasi, menulis jurnal, hingga curhat sama terapis atau teman. Nah, sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa makan buah dan sayur dengan jumlah yang tepat bisa mengatasinya. Wow.

Diterbitkan di jurnal Clinical Nutrition, studi ini menemukan bahwa memiliki pola makan yang kaya akan buah dan sayuran berkaitan dengan level stres yang rendah. Plus, mereka menemukan porsi ideal untuk efek maksimal.

Menurut para peneliti dari Edith Cowan University di Australia, makan 470 gram (sekitar 2 gelas) buah dan sayur setiap hari bisa optimal untuk mengendalikan stres.

Studi yang melibatkan 8.600 orang ini memperlihatkan mereka yang makan dua gelas buah dan sayuran setiap hari, mengalami penurunan level stres. Yakni, 10% jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi buah dan sayuran kurang dari 230 gram (1 gelas).

"Kami menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan buah dan sayuran lebih tinggi kurang stres dibandingkan yang asupannya lebih rendah," kata Simone Radavelli-Bagatini, penulis utama studi tersebut. Artinya, pola makan memiliki peranan penting bagi kesehatan mental.

Kok bisa? Sayangnya para peneliti belum bisa memastikan mengapa makan buah dan sayur lebih banyak memperbaiki mood. Namun Radavelli-Bagatini mengatakan bahwa ini mungkin ada hubungannya dengan kandungan nutrisi tinggi di dalam jenis makanan tersebut.

"Sayur dan buah mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, flavonoid, dan karotenoid yang bisa mengurangi inflamasi dan stres oksidatif, sehingga meningkatkan kesehatan mental," katanya. Dan banyak penelitian sudah mendukung hal ini, bahkan bidang ilmu medis yang fokus pada hal ini, yakni yang disebut nutritional psychiatry.

Meski makan sayur dan buah 2 gelas per hari bisa mengurangi level stres, jangan hanya berhenti sampai di situ. Agar asupan nutrisi harian tercukupi, Kementerian Kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi sebanyak 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap hari. Atau setengah bagian piring berisi buah dan sayur (lebih banyak sayuran) setiap kali makan.

Baca Juga :  Apakah Diet Mayo Cocok Untukmu? Ini Kata Spesialis Gizi