6 Produk Rekomendasi Sabun Collagen Untuk Kulit Yang Sehat

sabun collagen
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Meski kolagen telah terkandung di dalam tubuh manusia, namun kamu tetap membutuhkan protein tambahan untuk memiliki kulit yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sabun collagen yang katanya memiliki berbagai dampak baik untuk tubuh.  

Apa Itu Kolagen?

sabun collagen
Foto: www.freepik.com

“Kolagen adalah protein penyusun jaringan pengikat atau penyambung di luar sel tubuh mamalia, termasuk manusia. Dalam tubuh mamalia umumnya terdiri atas 25-35% kolagen, sehingga merupakan protein terbanyak yang bisa ditemukan di dalam tubuh mamania,” ujar dr. Felicia Deasy Irwanto, Sp.GK, M.Gizi, MM seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Columbia Asia Pulomas.

Protein yang satu ini memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh, termasuk memberikan stuktur pada kulit dan memperkuat tulang.

Manfaat Kolagen

sabun collagen
Foto: www.canva.com

Kolagen merupakan komponen utama yang ada dalam kulit. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen, yang menyebabkan kulit menjadi kering dan muncul kerutan serta garis-garis halus.

Menurut penelitian, kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi kerutan dan melembapkan kulit.

Selain itu, kolagen juga dapat menjaga elastisitas kulit. Sehingga nantinya kamu akan lebih percaya diri karena memiliki kulit yang lebih halus, lembut, dan sehat.

Tak hanya itu, penampilan kulit pun akan lebih baik karena garis halus dan kerutan yang mulai berkurang.  

Cara Memilih Sabun Kolagen

cara memilih sabun kolagen | | 6 Produk Rekomendasi Sabun Collagen Untuk Kulit Yang Sehat
Foto: www.rawpixel.com

Berikut tips memilih sabun collagen:

Pilih berdasarkan bentuk

Secara umum, sabun terdiri dari dua bentuk yakni sabun batang dan sabun cair. Kelebihan dari sabun batang adalah bentuknya yang padat dan ramah dengan lingkungan.

Tetapi sayangnya, jenis sabun mandi yang satu ini lebih rawan terkontaminasi bakteri, sehingga kamu perlu berhati-hati ketika menggunakannya. Akan lebih baik jika kamu menyimpannya ke dalam wadah tertutup.

Sedangkan sabun cair produk ini lebih aman dari kontaminasi bakteri, namun sayangnya kurang ramah lingkungan.

Sesuaikan dengan pemakaian

Ketika memilih sabun collagen, ada baiknya kamu menyesuaikannya dengan tujuan pemakaian. Jika ingin diaplikasikan pada wajah, pilih produk yang mampu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati.

Hal ini bertujuan agar tidak ada lagi sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit wajah, sehingga masalah-masalah yang dialami pun bisa teratasi dengan baik.

Sementara jika ingin digunakan pada tubuh, pilihlah produk yang mampu melembapkan dan tidak membuatnya menjadi kering. Karena sesungguhnya, tubuh membutuhkan kelembapan yang ekstra.

Perlu diingat bahwa tidak disarankan menggunakan sabun wajah untuk tubuh, karena kadar pH pada tubuh dan wajah sangat berbeda.

Perhatikan kandungan bahan alami

Biasanya sabun kolagen juga diformulasikan bersamaan dengan bahan alami lainnya. Sehingga ketika kamu berniat untuk menggunakannya, disarankan untuk memerhatikan kandungan yang ada di dalamnya.

Pilihlah produk yang mengandung susu, madu, atau minyak kelapa. Agar nantinya kulit bisa merasakan manfaat yang lebih maksimal.

6 Rekomendasi Produk Sabun Kolagen

Mutouch Body Lotion Goats Milk With Collagen and Vitamin

Sabun yang satu ini mengandung susu kambing dengan tambahan kolagen dan vitamin E yang mampu melembapkan kulit dan menjaga elastisitas, sehinggu akan tetap kencang, sehat, dan terjaga.

Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dalam kulit akan semakin berkurang, sehingga menyebabkan timbulnya tanda penuaan dan kerutan pada kulit.

Oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan sabun collagen secara rutin. Sehingga nantinya tanda penuaan pun bisa tersamarkan dengan baik.

Espio Collagen Soap

Sabun collagen ini mengandung 12 bahan aktif alami yang dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal dan glowing. Berkat kandungan ekstrak poria cocos dan glutathione yang ada di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan alami.

Selain itu, produk ini juga dapat meregenerasi sel kulit yang dapat membuatnya selalu terlihat segar.

Selain itu, produk ini juga dapat meregenerasi sel kulit yang dapat membuatnya selalu terlihat segar.

Beautetox Gluta Collagen Soap

Produk multifungsi ini bisa digunakan sebagai sabun sekaligus masker.

Penggunaannya juga cukup mudah, kamu bisa membalurkannya secara merata di seluruh badan dan wajah, kemudian diamkan selama tiga sampai empat menit. Setelah sabun mengering, bilas dengan bersih.

Beautetox Gluta Collagen Soap juga menawarkan dua varian yakni Chocowhite dan Whitemilky yang dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam pada kulit.

Everwhite Brightening Soap

Everwhite Brightening Soap mengandung bahan premium di antaranya adalah dead sea mud, charcoal, collagen, aloe vera, virgin coconut oil, dan madu. Berkat kandungan tersebut, sabun collagen ini dapat memutihkan sekaligus mencerahkan kulit.

Selain itu, juga dapat membersihkan kulit hingga lapisan terdalam. Nantinya kulit pun akan terasa lembap, halus, dan ternutrisi dengan baik.

Olay Body Wash with Collagen and Vitamin B3, Cleansing, & Firming

Berkat formulanya yang ringan, sabun collagen ini dapat membersihkan dengan lembut sehingga membuat kulit terasa lebih halus dan sehat. Teknologi lock-in-moisture-nya dapat memberikan kelembapan secara maksimal, sehingga bisa mengatasi kekeringan yang dialami oleh kulit.

Untungnya produk ini juga memiliki aroma yang menyegarkan, sehingga sangat nyaman ketika diaplikasikan pada kulit.

Oilum Body Wash Hydrating Care

Mengandung kolagen dan minyak zaitun, produk ini mampu meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya menjadi lebih lembap.

Sebab, Oilum Body Wash Hydrating Care dirancang untuk mengembalikan keseimbangan hidrasi alami kulit agar nantinya tetap terasa halus, lembut, dan sehat.