Ini 6 Manfaat Vitamin D3 Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat vitamin D3
Foto: www.freepik.com

Vitamin D3 dikenal dapat menyerap kalsium dan fosfor sehingga bisa menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, terdapat manfaat vitamin D3 lainnya yang bisa dirasakan oleh tubuh. Pada dasarnya, bentuk aktif dari vitamin D ada 2, yakni vitamin D2 dan vitamin D3.

Vitamin D2 atau ergokalsiferol dapat ditemukan pada beberapa tumbuhan seperti jamur. Selain itu, terdapat vitamin D3 yang disebut dengan kolekalsiferol yang bisa kamu peroleh dari hewan.

Sementara itu, sumber vitamin D3 dapat bersifat endogen, yakni diperoleh melalui sintesis kulit atau eksogen yaitu berasal dalam makanan atau suplemen. Sementara vitamin D2 hanya tersedia dari sumber eksogen.

Manfaat Vitamin D3

manfaat vitamin D3
Foto: www.pexels.com

Manfaat vitamin D3 ternyata dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Berikut sejumlah manfaat vitamin D3 yang perlu kamu tahu:

Kesehatan tulang

Vitamin D dikenal untuk membantu mengatasi masalah otot dan tulang, hal ini dilakukan dengan meningkatkan penyerapan kalsium di usus kecil. Jika tubuhmu tidak memiliki cukup vitamin D untuk menyerap kalsium, maka akan membuat tulang menjadi lemah dan bahkan menyebabkan osteoporosis.

Menjaga pencernaan

Manfaat vitamin D3 dapat mengatasi inflamasi yang ada dalam usus. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D3 dapat menunjukkan peradangan usus yang lebih tinggi.

Kesehatan paru

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D3 dapat meningkatkan kelangsungan hidup dan hasil pengobatan untuk orang dewasa dalam mengurangi tuberkulosis paru.

Antidepresan

Meski kekurangan vitamin D3 cukup umum terjadi, terlebih pada orang dewasa. Namun menurut sebuah penelitian, rendahnya vitamin yang satu ini dapat menyebabkan gejala klinis dan menjadi salah satu faktor risiko depresi. Sehingga penggunaan vitamin D3 pada pasien depresi mungkin akan memiliki efek antidepresan.

Mengatasi jerawat

Anti-inflamasi yang terkandung dalam vitamin yang satu ini dapat membantu mengatasi peradangan pada jerawat. Selain itu, antimikroba-nya juga dapat mengatasi jerawat yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri.

Kesehatan mulut

Manfaat vitamin D3 ternyata dapat berfungsi dalam menjaga kesehatan mulut dan menurunkan risiko kerusakan gigi serta gusi. Berkat sifat anti-inflamasi, vitamin ini dapat merangsang produksi peptide anti-mikroba yang dapat digunakan pada jaringan mulut.

Cara Mendapatkan Vitamin D3

manfaat vitamin D3
Foto: www.freepik.com

Pada dasarnya, vitamin yang satu ini dapat diproduksi secara alami ketika tubuh terkena paparan sinar matahari. Akan tetapi, vitamin D3 juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sumber makanan vitamin D3, seperti:

  • Ikan berlemak, salmon dan tuna
  • Minyak ikan
  • Telur
  • Susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt
  • Hati sapi
  • Sereal atau jus buah

Tidak hanya itu, manfaat vitamin D3 juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin yang satu ini. Dosis harian dengan 400 IU vitamin D3 pada anak di bawah dua tahun kemungkinan akan cukup untuk menjaga asupan vitamin D. Sementara untuk orang dewasa, disarankan sebanyak 600-800 IU.

Kekurangan dan Kelebihan Vitamin D3

Kekurangan vitamin D3 sering dikaitkan dengan osteoporosis dan kelemahan otot. Selain itu, kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan gejala klinis dan risiko depresi. Selain itu, peradangan dan hipertensi juga dapat dialami ketika tubuh kekurangan vitamin D.

Sementara, ketika tubuh kelebihan asupan vitamin yang satu ini, maka dapat memicu timbulnya pengapuran tulang dan pengerasan pembuluh darah. Biasanya, kelebihan zat ini dapat disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi suplemen.

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk yang mengandung vitamin D3 dan D.

Murad Multi-Vitamin Infusion Oil 

Pemilik kulit kering dan kusam tentunya wajib untuk mencoba Murad Multi-Vitamin Infusion Oil. Pasalnya produk ini mengandung beragam vitamin yang dapat menutrisi kulit. Manfaat dari minyak ini juga dapat memperbaiki tampilan garis halus dan kerutan.

Vitamin D yang terkandung di dalamnya juga bisa meningkatkan pertahanan kulit sekaligus melindunginya dari kerusakan akibat sinar UV. Untungnya, dengan mengandung multi-vitamin menjadikan produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Mario Badescu Vitamin A-D-E Neck Cream

Krim yang satu ini diformulasikan untuk membantu mengencangkan dan menghaluskan kulit pada area leher, di mana merupakan area yang pertama kali menunjukkan tanda-tanda penuaan. Campuran hyaluronic acid, cocoa butter, rice bran oil, dan beberapa vitamin ini dapat meminimalkan tampilan garis-garis halus dan kerutan.

Untuk penggunaannya, aplikasikan krim ini ke area leher setiap malam. Serta lapisi dengan serum untuk hasil yang maksimal.

One Love Organic Botanical D Moisture Mist

Produk multifungsi ini dapat digunakan sebagai pelembap dan toner yang diperkaya dengan minyak emolien, vitamin E, dan jamur shiitake yang merupakan sumber vitamin D. Manfaat dari produk ini dapat membantu mengencangkan dan menyeimbangkan kesehatan kulit.

Tak hanya itu, kandungan mawar alpine ini juga membantu melindungi kulit dari penyebab stres akibat lingkungan. Moisture Mist ini dapat mempersiapkan kulit dan menghidrasi kulit sehingga minyak wajah, serum, serta pelembap dapat bekerja dengan baik.

Drunk Elephant D-Bronzi Antipollution Sunshine Serum

Serum wajah yang satu ini mampu melindungi kulit dari paparan polusi. Kandungan antioksidan kuat yang berasal dari ekstrak kakao, menjadikan produk ini dapat mengurangi munculnya garis halus dan kerutan pada wajah.

Selain itu, Drunk Elephant D-Bronzi Antipollution Sunshine Serum juga bisa menjaga elastisitas kulit agar tampak lebih muda.

Herbivore Botanicals Emerald Deep Moisture Glow Oil

Jika kamu memiliki masalah kulit kering dan rawan noda, maka cobalah menggunakan Herbivore Emerald Deep Moistuure Glow Oil yang akan memberikan kelembapan pada kulit.

Berkat kandunga minyak biji rami yang kaya akan asam lemak omega, jamur shiitake, dan akar ashwagandha, menjadikan produk ini dapat menyerap dengan mudah dan cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Gunakan sebanyak 4-6 tetes pada pagi dan malam hari, kemudian pijat secara lembut dan biarkan menyerap dengan sempurna.

Dr. Dennis Gross’s Active Vitamin D Serum Oil

Produk perawatan kulit yang mengandung vitamin D aktif ini diformulasikan khusus untuk melengkapi nutrisi harian vitamin yang satu ini pada kulit.

Pasalnya, kebanyakan orang mengalami kekurangan vitamin D sehingga dapat memunculkan masalah kulit, terlebih ketika terpapar sinar matahari. Serum wajah ini akan cocok digunakan pada semua jenis kulit, termasuk kering dan kombinasi.