Panduan Mengatasi Pigmentasi Kulit, dan 13 Produk Rekomendasi yang Wajib Dicoba

pigmentasi kulit
Foto: Istimewa

Ah, pigmentasi kulit. Namanya terdengar "keren", tapi tidak keren jika muncul di kulit wajah. Bagaimana flek-flek itu terjadi di kulit? LIMONE menghubungi dr. Matahari Arsy, SpKK, seorang dermatovenereologist di Primaya Evasari Hospital, Jakarta untuk membantu kamu mengatasi masalah kulit ini. Oh iya, setelahnya jangan lupa mengecek produk rekomendasi dari LIMONE.

Apa Itu Pigmentasi Kulit?

pigmentasi kulit
Foto: www.freepik.com

"Pigmentasi kulit adalah gambaran warna kulit yang dihasilkan dari jumlah dan kualitas melanin di kulit," jelas Dokter Matahari. "Bila melanin berlebihan, disebut hiperpigmentasi, kulit tampak lebih gelap. Bila kekurangan disebut hipopigmentasi; kulit tampak lebih putih," tambahnya.

Dokter Matahari menjelaskan bahwa hiperpigmentasi rentan dialami oleh orang yang sering terkena paparan sinar matahari, sehari-hari kontak dengan zat kimia pada pekerjaannya, atau menggunakan skincare atau makeup yang tidak terjamin keamanannya. Sementara itu, hipopigmentasi rentan dialami oleh orang dengan kulit yang sensitif.

Untuk penyebabnya, hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh kelainan genetik, sinar matahari, penyakit inflamasi, hormon, iritasi akibat zat kimia yang dioleskan, atau pun efek samping obat. Sementara hipopigmentasi dapat diakibatkan oleh respons kulit yang berlebihan atau prosedur kulit atau trauma kulit yang sampai merusak melanosit yang menghasilkan melanin.

Bagaimana Cara Mengatasi Pigmentasi Kulit? 

pigmentasi kulit
Foto: www.freepik.com

Tanda-tanda kulit sedang mengalami pigmentasi kulit di antaranya: warna kulit menjadi tidak rata, atau muncul bercak-bercak lebih gelap atau lebih putih yang semakin banyak dan berbatas tegas.

"Beberapa kelainan pigmentasi dapat terjadi setelah inflamasi atau radang, biasanya kulit tampak memerah, terasa gatal atau panas," imbuhnya.

Berita baiknya: "Hampir seluruh kelainan hiperpigmentasi dapat diatasi," ujarnya. Di sisi lain, "untuk kelainan hipopigmentasi cenderung lebih sulit diatasi," jelasnya.

Untuk kelainan hiperpigmentasi, dapat diatasi dengan beberapa cara tergantung diagnosisnya, mulai dari obat oles, obat minum, peeling kimia, laser, hingga bedah kulit. Untuk kelainan hipopigmentasi, dapat dicoba dengan obat oles, terapi sinar, laser, hingga graft/tandur kulit, ujarnya.

"Secara umum, selalu gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit, bukan warna kulit. Tujuannya agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit yang dapat memicu kelainan pigmentasi setelahnya," tegasnya.

Hmm... ada yang bilang mengoleskan aloe vera bisa membantu mengurangi flek-flek ini. Atau teh hijau. Benarkah?

"Aloe vera dapat membantu meredakan inflamasi, sehingga mencegah efek pigmentasi setelahnya. Bamun bila sudah terjadi, aloe vera tidak dapat mengatasi hiper ataupun hipopigmentasi. Kandungan antioksidan pada teh hijau dapat membantu mempercepat kulit dalam memperbaiki pigmentasi kulit, namun tidak secara aktif menghilangkan hiper atau hipopigmentasi kulit," paparnya.

Baca Juga :  7 Resep Masker Wajah Alami yang Wajib Kamu Coba

Bagaimana dengan produk yang tersedia di pasaran untuk mengatasi pigmentasi kulit?

"Produk yang mengandung turunan vitamin A, atau AHA, BHA, dengan kandungan cukup tinggi, sebenarnya dapat menjadi solusi untuk memperbaiki pigmentasi kulit. Namun, penggunaannya harus berhati-hati agar tidak menimbulkan iritasi yang malah akan memperburuk pigmentasi," Dokter Matahari mengingatkan. Itu produk yang bisa dipakai, dan "produk yang benar-benar harus dihindari adalah produk yang tidak jelas kandungannya, atau tidak terdaftar di BPOM," tekannya.

Namun jika kondisi kelainan pigmentasi bersifat berat, cepat meluas dan bertambah banyak, yang tidak dapat diatasi dengan produk over-the-counter, "segera dikonsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin," anjurnya.

Belanja Produk Mengatasi Pigmentasi Kulit

Innisfree Brightening Pore Priming Cream

pigmentasi kulit

Produk Innisfree ini memiliki kandungan hallabong atau buah jeruk yang berasal dari Pulau Jeju yang diproses dengan metode ekstraksi ultrasonik untuk menjaga kandungan bahan aktifnya. Sehingga produk ini dapat menyamarkan flek hitam pada wajah sekaligus meratakan tekstur kulit. Selain itu, Innisfree Brightening Pore Priming Cream juga mengandung niacinamide yang dapat mencerahkan sekaligus membuat kulit menjadi lebih halus. Kamu dapat menggunakan produk ini di tahap akhir dari perawatan kulit pada malam hari.

Rohto Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream

Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream mengandung arbutin yang berasal dari tanaman bearberry dan vitamin C yang dapat membantu menyamarkan flek hitam. Selain itu, krim malam ini juga mengandung hyaluronic acid untuk melembapkan kulit. Keunggulan dari Rohto Hada Labo ini adalah tidak mengandung pewangi dan alkohol, sehingga dapat digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

Khiel’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

pigmentasi kulit

Serum ini dapat menghilangkan flek hitam dan meratakan warna kulit secara cepat. Hal ini karena adanya kandungan Acitvated C yang merupakan turunan dari vitamin C yang dapat mencegah perubahan warna kulit sehingga warna kulit terlihat lebih merata jika digunakan dengan rutin. Selain itu serum ini juga mengandung ekstrak white birch dan peony yang dapat menutrisi kulit sekaligus melindungi kulit dari kerusakan. Khiel’s Clearly Corrective Dark Spot Solution merupakan produk perawatan yang aman karena tidak mengandung paraben dan pewarna buatan.

Baca Juga :  14 Masker Organik Terbaik untuk Segala Jenis Kulit dan Permasalahannya

Kojie San Face Lightening Cream

Pertama kali mendengar Kojie San pasti kamu akan berpikir bahwa produk ini berasal dari Jepang. Namun kenyataannya, Kojie San merupakan produk yang berasal dari Filipina. Produk perawatan wajah ini mengandung bahan aktif kojic acid dan vitamin E untuk memudarkan flek hitam pada wajah. Selain itu, Kojie San Face Lightening Cream juga memiliki kandungan pelembap dari ekstrak rose hip dan kolagen yang akan membuat kulit terasa kenyal dan lembut. 

SK-II Genoptics Spot Essence

SK-II Genoptics Spot Essence merupakan produk yang dapat membuat kulit tampak bening dengan menyamarkan noda hitam yang ada pada wajah dengan memiliki bahan natural alami seperti vitamin, mineral, asam amino, dan asam organik lewat kandungan PITERA, Lumina Sea Kelp, dan Demelano P3C. Kamu dapat menggunakan produk ini dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Untuk menghilangkan flek hitam dengan maksimal, jangan lupa untuk menggunakan serangkaian serum dan pelembap.

Erha21 Truwhite Activator Day Cream SPF25/PA++

Produk yang satu ini diformulasikan dengan mengandung bahan aktif glabridin, niacinamide, glycosphere papaine, dan bisabolol. Keempat kandungan ini mampu untuk mengatasi flek hitam pada kulit. Selain itu, kandungan glycosphere papaine ini juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga dapat mencerahkan wajah yang kusam. Kandungan bisabolol juga dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi iritasi.

GlamGlow FlashMud Brightening Treatment

pigmentasi kulit

GlamGlow FlashMud Brightening Treatment merupakan masker wajah yang memiliki formula white birch leaf yang berfungsi untuk menyamarkan flek hitam pada wajah. Masker ini juga memiliki butiran scrub yang dapat membersihkan kulit tanpa membuatnya iritasi. Selain menyamarkan noda hitam, masker wajah ini juga dapat membantu mengecilkan pori-pori. Produk ini memiliki kandungan salicylic acid dan vitamin C yang akan mencerahkan wajah kusammu.

Shiseido White Lucent Brightening Gel Cream

L’Oreal Paris White Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++

Noda hitam pada wajah dapat dihilangkan dengan bahan aktif Pro-Vanish 3 yang terkandung dalam produk L’Oreal Paris White Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++. Produk ini mengklaim dapat mencerahkan kulit wajah dengan waktu yang singkat yakni dalam delapan minggu. Produk ini juga diformulasikan dengan salicylic acid yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Sehingga produk ini dapat digunakan oleh pemilik kulit berminyak

Olay Total Effects Whip Active Moisturizer UV Cream

Krim pelembap ini dapat membantu menyamarkan flek hitam pada wajah dengan kandungan niacinamide serta vitamin C dan E. Produk ini memilik tekstur cair yang dapat mudah meresap ketika diaplikasikan pada kulit wajah. Selain itu, produk perawatan wajah ini mengandung green tea yang dapat meratakan garis-garis halus di wajah sehingga membuat kulit wajahmu terasa kencang sekaligus ternutrisi dengan baik.

Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Lemon

pigmentasi kulit

Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Lemon merupakan peeling yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit wajahmu. Produk ini memiliki kandungan ekstrak lemon  yang kaya akan vitamin C sehingga efektif untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan sel kulit mati di wajah. Produk ini juga dapat membuat kulitmu terasa cerah, kenyal, dan menyamarkan flek hitam.

Garnier Light Complete Multi Action Whitening Cream

Krim ini mengandung ekstrak lemon dan white speed serum yang dapat membantu menyamarkan noda hitam pada wajah. Tak hanya itu, Garnier Light Complete Multi Action Whitening Cream juga mengandung vitamin C, ekstrak long, dan natural peeling fruit yang berfungsi untuk mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, dan melembapkan wajah. Produk ini mengandung SPF yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

POND’S Flawless White Visible Lightening Day Cream

pigmentasi kulit

Krim ini mengandung SPF yang dapat melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar matahari sehingga mencegah munculnya flek hitam. Produk ini juga diklaim dapat melembapkan kulit wajah dengan kandungan gliserin yang ada di dalamnya. Selain itu, POND’S Flawless White Visible Lightening Day Cream juga diformulasikan dengan gabungan vitamin E, allantoin, dan niacinamide yang dapat membantu mencerahkan kulit wajahmu.

Selanjutnya: Berapa SPF yang Cocok untuk Kulit Orang Indonesia?