10 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Terbaik Untuk Kulit Kering

Sabun cuci muka untuk kulit kering
Foto: www.canva.com

Kulit kering menjadi salah satu masalah wajah yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Meski kulitmu sangat kering, namun tetap perlu untuk membersihkannya secara rutin. Oleh karena itu, kamu membutuhkan pembersih wajah khusus yang dirancang untuk mengatasi hal tersebut. Berikut 10 rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit kering.

Penyebab Kulit Kering

Sabun cuci muka untuk kulit kering
Foto: www.canva.com

Menurut dr. Wulan Yuwita, Sp.KK, kulit kering merupakan “kondisi di mana hilangnya atau berkurangnya kadar kelembapan stratum korneum (lapisan korneum atau terluar dari kulit). Kulit akan tampak terasa sehat apabila lapisan luarnya mengandung 10% air,” jelasnya.

Terdapat beberapa penyebab mengapa seseorang mengalami kulit kering.

Mulai dari “radiasi karena sinar UV atau matahari  atau pemaparan dari iklim yang ekstrem seperti panas, dingin, angin, dan kekeringan. Selain itu, bisa juga karena paparan yang disebabkan oleh bahan kimia seperti detergen, larutan disinfektan, atau sabun yang mengandung pH tinggi,” ujarnya.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh:

  • Sedang menjalani terapi obat misalnya retinoid, isotretinoin, radioterapi, atau kemoterapi
  • Mengalami suatu penyakit seperti ichtyosis, xerosis vulgaris, dan ddermatitis atopi
  • Senile skin yaitu kondisi di mana kulit tampak lebih kering dan berkurang kadar TEWL-nya (transepidermal water loss) pada usia lanjut

Cara Memilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering

Sabun cuci muka untuk kulit kering
Foto: www.freepik.com

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat akan memilih sabun cuci muka untuk kulit kering:

Pilih kandungan yang kaya pelembap

Kulit yang kering terkadang terasa kasar, pecah-pecah, bahkan timbul garis wajah yang cukup jelas. Oleh karena itu, kamu perlu memilih sabun cuci muka yang mengandung pelembap di dalamnya. Mulai dari gliserin, vitamin E, dan minyak jojoba.

Pilih alkohol yang aman

Tak jarang, beberapa skincare mengandung alkohol di dalamnya, yakni alkohol molekul tinggi dan molekul rendah. Untukmu yang memiliki kulit kering, maka hindarilah produk dengan alkohol tinggi, seperti etanol dan isopropyl, yang akan membuat kulit semakin kering.

Oleh karena itu pilihlah jenis alkohol yang aman dan ramah untuk digunakan pada kulit kering, seperti hasil fermentasi olahan minyak (fatty alcohol).

Hindari produk eksfoliasi

Memang produk eksfoliasi bisa membuat kulit wajah yang lebih bersih dan segar. Soalnya berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dalam wajah.

Biasanya, produk ini mengandung mengandung bahan kimia seperti alpha hydroxyl acid (AHA), beta hydroxyl acid (BHA), dan salicylic acid.

Pemilik kulit kering perlu menghindari sabun cuci muka yang dirancang dengan formula tersebut, sebab dapat mengelupaskan kulit dan membuatnya rentan terhadap kerusakan.

Pilih produk bebas pewangi tambahan

Tak jarang, beberapa produk mengandung fragrance di dalamnya. Untukmu yang memiliki kulit kering, disarankan untuk menghindari produk dengan pewangi tambahan.

Karena nantinya bahan tersebut bisa membuat kulit semakin kering. Selain itu, hindari juga produk yang mengandung deterjen, asam salisilat, serta asam glikolat.

Rekomendasi Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Kering

Ingin membeli sabun cuci muka untuk kulit kering? Berikut rekomendasinya.

Klairs Rich Moist Foaming Cleanser

Pemilik kulit kering dan sensitif rasanya tidak boleh melewatkan pembersih wajah yang satu ini. Sebab, produk tersebut mengandung asam amino yang dapat melembapkan dan tidak mengiritasi kulit.

Tak hanya itu, sabun cuci muka untuk kulit kering ini juga memiliki kandungan hyaluronic acid, ekstrak lidah buaya, dan tree tea oil yang membantu memperbaiki jaringan sel kulit.

Untuk penggunaannya, cukup basahkan wajah dengan air, kemudian ambil sabun secukupnya. Setelahnya, aplikasikan pada kulit wajah dan pijat dengan gerakan melingkar. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat.   

CeraVe Hydrating Facial Cleanser

Produk ini dirancang untuk membersihkan sekaligus menyegarkan kulit tanpa membuatnya terasa kencang dan kering. Sebab, sabun cuci muka ini mengandung asam hialuronat yang dapat menghidrasi kulit dan membantu melembapkan wajah secara maksimal.

Untungnya, pembersih wajah non-komedogenik ini akan sangat aman untuk digunakan pada kulit normal hingga kering.

Bioderma Atoderm Gel Douche

Dengan tekstur gel yang lembut, pembersih wajah ini juga bisa digunakan untuk tubuh. Menariknya, produk multifungsi ini memiliki formula bebas sabun sehingga ringan untuk digunakan.

Berkat komposisi yang ada di dalamnya, sabun cuci muka ini mampu melembutkan dan melindungi kulit, sekaligus menenangkannya.

The Body Shop VIitamin E Gentle Facial Wash

Diperkaya dengan vitamin E dan wheat germ oil, menjadikan sabun cuci muka ini dapat membantu membersihkan wajah tanpa membuatnya menjadi kering.

Produk dengan tekstur krim yang ringan dan lembut ini juga dapat memberikan kelembapan yang luar biasa, sehingga kulit dapat terasa lebih bersih, lembut, dan segar.

Aplikasikan produk ini pada wajah yang basah dengan gerakan memutar. Setelahnya jangan lupa untuk membilas dengan air. Supaya lebih maksimal, maka kamu bisa menggunakan vitamin E toner.

Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser

Mengandung marula oil, extract kale, extract cactus, niacinamide, dan pentavitin, membuat pembersih wajah ini dapat melembapkan, mencerahkan, sekaligus menjaga skin barrier. Menariknya, kemasan dari produk ini menggunakan eco-friendly plastic yang terbuat dari tebu.

Low pH cleanser ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada kulit kering. Sebab bisa menghidrasi kulit wajah sepanjang hari.

Origins Checks and Balances Frothy Face Wash

Pembersih wajah ini mampu mengangkat riasan, kotoran, dan minyak berlebih secara maksimal dan nyaman, tanpa membuatnya merasa kering. Berkat kandungan mint yang ada di dalamnya, menjadikan produk ini dapat terasa lebih segar.

Selain itu, ekstrak rumput laut dan protein gandumnya juga bisa melembutkan kulit.

Physiogel Hypoallergenic Cleanser

Pemilik kulit kering juga bisa mencoba produk Physiogel Hypoallergenic Cleanser yang bebas sabun.

Pembersih yang hypoallergenic dan non-komedogenik ini juga dapat membersihkan wajah secara maksimal tanpa membuatnya terasa kering. Sebab, produk ini dirancang supaya tetap menjaga pH kulit.

Laneige Moist Cream Cleanser

Dengan formula 14,9% minyak pelembap alami, membuat produk ini dapat membersihkan wajah sekaligus memberikan kelembapan yang maksimal.

Meski dapat meluruhkan sel-sel kulit mati, namun kamu tidak perlu khawatir karena moist cream cleanser dapat menjaga kulit supaya tetap halus. Uniknya, produk ini juga dapat membantu kulit untuk menyerap produk perawatan lainnya.

Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser

Produk asal Korea Selatan ini mampu membersihkan kulit yang kering hingga sensitif secara lembut. Hal ini berkat kandungan asam yang mirip dengan kadar pH kulit.

Tak hanya membersihkan, sabun cuci muka ini juga bisa menenangkan, mengeksfoliasi, sekaligus melembapkan kulit wajah.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Mulai dari kulit normal hingga kulit kering, Cetaphil Gentle Skin Cleanser dapat digunakan dengan nyaman karena memiliki formula yang sederhana dan lembut.

Apalagi produk ini tidak mengandung pewangi dan busa berlebih, sehingga akan terasa lembut dan tidak merusak kelembapan alami kulit.