15 Pembersih Wajah Terbaik untuk Kulit Kering agar Kulit Lembap dan Glowy

Sebagai pemilik kulit kering, kamu pasti tergoda untuk mencoba berbagai jenis pembersih wajah yang ada di dunia ini. Namun, bebeberapa hal yang perlu kamu ingat saat mencari face wash untuk kulit kering: hindari produk tanpa fragrance, sulfat atau bahan-bahan yang bisa melepaskan pembatas kulit. Sebagai gantinya, pakai face wash yang mengandung bahan-bahan lembut dan hidrator, seperti glycerin, hyaluronic acid, dan ceramide. Jika kamu butuh bantuan mencari pembersih wajah yang tepat, berikut 15 face wash terbaik untuk kulit kering agar kulit lembut, lembap dan glowing.

Glossier Milky Jelly Cleanser

Salah satu produk andalan Glossier, dan memang sangat bisa diandalkan untuk kamu yang memiliki kulit kering. Dengan formula pH seimbang, face wash ini dijamin akan cocok untuk kamu yang mempunyai kulit kering dan sensitif (susah sekali hidup pemilik kulit ini, ya). Plus, terbuat dari lima jenis kondisioner yang dipastikan tidak akan membuat kulit terasa kencang setelah dipakai.

Bonus: pembersih ini juga bisa berfungsi sebagai makeup remover untuk wajah mata.

Glow Recipe Blueberry Bounce Gentle Cleanser

Mengandung ekstrak blueberry dan alpha hydroxy acids untuk mengeksfoliasi, mengklarifikasi dan menguatkan sel-sel, sehingga membuat kulit lembut, dewy dan kenyal. Formulanya yang lembut, akan membuat kulit bersih dan terhidrasi pada saat yang bersamaan. Dengan kata lain, face wash idaman untuk kulit kering.

Neutrogena Hydro Boost Hydrating Cleansing Gel

Dalam urusan menjaga kelembapan kulit, hyaluronic acid adalah bahan yang paling bisa diandalkan. Seperti yang kamu tahu, bahan ini berfungsi menambahkan kelembapan kulit secara intens (hingga 24 jam), sekaligus membersihkan berbagai kotoran dan minyak. 

Oh, satu lagi yang wajib kamu tahu tentang pembersih wajah ini adalah… harganya sangat terjangkau. 

Fresh Rose Cleansing Foam

Meski pembersih wajah berbentuk foam memiliki reputasi bisa membuat kulit kering, sebenarnya kunci utamanya adalah menemukan produk yang tepat. Produk foam yang tepat untuk kulit kering adalah yang memiliki gelembung-gelembung lebih kecil. Pasalnya, semakin besar gelembungnya, semakin membuat kering dan semakin sedikit unsur kelembapan yang di dalamnya.

Pembersih dalam bentuk foam apa yang termasuk dalam kategori ‘cocok untuk pemilik kulit kering’? Contohnya, produk dari Fresh dengan kandungan ekstrak timun ini.

The Ordinary Squalane Cleanser

Ingin melihat ‘bukan sulap, bukan sihir’? Coba gosok pembersih ini (yang mengandung pH 5,50-6,50) di telapak tanganmu selama 10 sampai 30 detik dan saksikan perubahannya dari tekstur balsem ke minyak. Produk ini menjanjikan membersihkan makeup dan kotoroan serta melembutkan kulit. Buktikan sendiri.

La Roche-Posay Toleriane Hydrating Gentle Facial Cleanser

Jika kulit keringmu memasuki fase kemerahan dan terkelupas, jadikan pembersih wajah ini sebagai salah satu senjata andalan untuk mengatasinya. Pasalnya, face cleanser berformula susu cukup lembut dan aman untuk merawatnya.

Then I Met You Soothing Tea Cleansing Gel

face wash untuk kulit kering

Pembersih berbentuk gel ini mengandung glycerin dan sodium hyaluronate, serta memiliki pH 6—sehingga membuatnya cocok untuk kulit kering. Pssst… untuk kulit kering lebih baik memakai pH di bawah 7 sehingga tidak mengganggu keseimbangan alami kulit.

Cetaphil Daily Facial Cleanser

face wash untuk kulit kering

Meski pada label ini dituliskan untuk kulit normal dan berminyak, mereka yang memiliki kulit kering mengamini kehebatan produk ini. Intinya, face wash ini tidak membuat kulit menjadi lebih kering atau terkelupas, melainkan kulit terlihat lembut.

Pond’s Makeup Remover Cleansing Balm

face wash untuk kulit kering

Tidak hanya berfungsi sebagai pembersih, produk dari Pond’s ini juga bisa menjadi makeup remover. Dan begitu diaplikasikan ke kulit, langsung berubah menjadi minyak. Setelah memakai face wash ini, kulitmu seperti baru dioleskan pelembap.

CeraVe Hydrating Facial Cleanser

face wash untuk kulit kering

Dengan kandungan tiga jenis ceramide yang berbeda, produk ini merupakan penyelamat hidup kulit kering. Pembersih wajah dari CeraVe ini membuat kulit lebih terhidrasi dan kenyal. Singkat kata, kualitas face wash ini tidak kalah dengan produk mahal.

Elemis Pro-Collagen Cleansing Balm

face wash untuk kulit kering

Salah satu produk favorit banyak orang, face wash ini mengandung minyak-minyak nabati, termasuk sweet almond, elderberry, lavender, kelapa, geranium dan chamomile. Ini artinya, pembersih wajah ini akan membuat kulit keringmu lebih lembut. Plus, wanginya seperti ruang spa ekslusif dan mahal.

Laneige Cream Skin Milk Oil Cleanser

face wash untuk kulit kering

Namanya mungkin membuat bingung, tapi ini adalah face wash untuk kulit kering. Produk bertekstur krim, mengandung susu, dan bisa berfungsi makeup remover, dan melembapkan kulit (berkat jojoba dan meadowfoam seed oil). Gunakan pada kulit keringmu pagi dan/atau malam hari.

Garnier SkinActive Gentle Sulfate-Free Cleanser

face wash untuk kulit kering

Jika kulit keringmu cenderung berjerawat (adakah kutukan yang lebih parah?), face wash ini wajib ada di kamar mandimu. Tidak mengandung sulfat, sehingga produk ini cukup lembut untuk kulit kering. Plus, teksturnya ringan sehingga tidak akan menyumbat pori-pori, dan menghidrasi dengan pas.

Acure Seriously Soothing Cleansing Cream

face wash untuk kulit kering

Krim wajah mengandung segala kebaikan: ekstrak tumbuhan dan buah-buahan (seperti chamomile, calendula, dan rose hip) yang menenangkan kulit. Plus, bahan-bahan jus daun lidah buaya, argan oil, dan minyak kelapa.

Sebuah catatan: jika kulitmu super sensitif dan berjerawat parah, formula ini mungkin kurang cocok untuk (minyak botani bisa mengiritasi berbagai jenis kulit).

Dermalogica Intensive Moisture Cleanser

Jika kulitmu berada di antara terdehidrasi dan berminyak, kamu perlu menggunakan face wash yang benar-benar menghidrasi. Kenapa? Karena kulit itu sesuatu yang sangat plinplan, dan ketika minyak alaminya dicopot, kulit akan semakin banyak memproduksi minyak sebagai kompensasi.

Produk dari Dermalogica mengandung properti astringent, berkat minyak sitrus dan surfektan, dan gentle hydrator (seperti minyak almond dan shea butter) untuk menjaga keseimbangan kulit.

Selanjutnya: Begini cara mengetahui jenis kulitmu, menurut ahli kulit.

podcast button