Kamu Punya Kulit Kering? Ini 5 Perawatan yang Tepat Menurut Dermatolog

perawatan kulit kering
Foto: www.freepik.com

Kondisi kulit yang kering memang cukup sering terjadi pada kebanyakan orang. Ternyata hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari radiasi sinar UV hingga penyakit tertentu. Meski sepele, namun kamu perlu melakukan perawatan kulit kering untuk mencegah munculnya masalah kulit yang baru.

Jika kamu sedang mengalami kondisi ini, maka jangan khawatir. Karena LIMONE telah menghubungi dr. Wulan Yuwita, Sp.KK, neorang Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Eternal Youth Skin & Dental Clinic, RS Immanuel Bandung, dan Bandung Skin Centre, yang akan menjelaskan penyebab dan cara melakukan perawatan kulit kering yang tepat.

Apa Itu Kulit Kering?

perawatan kulit kering
Foto: www.freepik.com

Dokter Wulan menjelaskan bahwa kulit kering merupakan kondisi di mana “hilangnya atau berkurangnya kadar kelembapan stratum korneum (lapisan korneum atau terluar dari kulit). Kulit akan tampak terasa sehat apabila lapisan luarnya mengandung 10% air,” paparya.

Ia menambahkan bahwa “peningkatan transepidermal water loss (TEWL) juga menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan pada kulit yang menyebabkan banyaknya air menguap ke atmosfer,” lanjutnya.

Mengapa Seseorang Bisa Mengalami Kondisi Kulit Ini?

Foto: www.unsplash.com

Sesungguhnya, terdapat beberapa faktor penyebab seseorang bisa memiliki kulit yang kering, yakni:

  • Radiasi sinar UV atau matahari
  • Pemaparan dari iklim yang ekstrem seperti panas – dingin – angin – kekeringan
  • Paparan yang disebabkan oleh bahan kimia seperti detergen, solvent, larutan disinfektan, sabun yang mengandung pH tinggi
  • Sedang menjalani terapi obat misalnya retinoid, isotretinoin, radioterapi, atau kemoterapi
  • Mengalami suatu penyakit seperti ichtyosis, xerosis vulgaris, dan ddermatitis atopi
  • Senile skin yaitu kondisi di mana kulit tampak lebih kering dan berkurang kadar TEWL-nya pada usia lanjut

Bagaimana Gejala dari Kulit Kering?

perawatan kulit kering
Foto: www.pexels.com

Untuk mengetahui gejala dari kulit kering, hal ini bisa ditandai dengan “kulit yang tampak kemerahan, permukan kusam, dan kering. Selain itu, juga adanya tampak sisik putih, pecah-pecah, juga fisura. Ketika diraba, permukaan kulit akan terasa tidak rata atau kasar,” tuturnya.

Secara “subjektif, ciri-ciri kulit kering akan terasa kering dan tidak nyaman. Tidak jarang, juga muncul rasa gatal hingga nyeri dan perih,” lanjutnya.

Lantas, apakah masalah kulit ini bisa berbahaya bagi kesehatan? Menurut Dokter Wulan, “kulit merupakan lapisan terluar penutup tubuh yang memiliki fungsi sebagai barrier terhadap segala bentuk atau macam trauma dari luar, baik fisik, mekanik, maupun kimiawi,” jawabnya.

Jika kulit kering yang terlalu lama dibiarkan, “maka bisa menurunkan kinerja pertahanan tubuh terhadap infeksi dan efek radikal bebas. Sehingga mudah menjadi infeksi, terjadinya kerusakan kulit, dan penuaan dini,” imbuhnya.

Untuk itu, ketika sudah merasa “tidak nyaman dan mengganggu aktivitas serta mengalami gangguan tidur, timbul rasa gatal terus-menerus, dan adanya bercak merah, sisik, hingga bekas garukan atau lecet, maka kamu perlu segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin,” saran Dokter Wulan.

Bagaimana Mendiagnosis Masalah Kulit yang Satu Ini?

Foto: www.unsplash.com

Berdasarkan gambaran klinis, masalah kulit yang satu ini bisa didiagnosis berdasarkan “gambaran klinisnya, karena kulit akan tampak kering dan kusam. Selain itu ditandai dengan adanya penebalan kulit atau likenifikasi,” ungkapnya.

Kemudian, "kulit kering juga bisa didiagnosis dengan adanya sisik, lecet (ekskoriasi) yang tampak sebagai erosi linear atau bekas garukan, adanya riwayat atopi atau alergi pada keluarga, serta adanya riwayat pengobatan dengan kemoterapi, radiasi, atau cuci darah,” lanjut Spesialis Dermatologi dan Veneorologi.

Bagaimana Perawatan Kulit Kering?

perawatan kulit kering
Foto: www.freepik.com

Karena bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman, maka hal ini perlu segera diatasi. Berikut perawatan kulit kering yang bisa dilakukan menurut Dokter Wulan:

  • Penggunaan sabun mandi yang tepat, mulai dari pH yang sesuai, gentle, dan fragrance-free cleanser
  • Mandi menggunakan air yang tidak terlalu panas
  • Mandi dalam waktu 5-10 menit untuk mengurangi transepidermal water loss (TEWL)
  • Tidak terlalu sering berendam sehinga akan mengurangi transepidermal water loss (TEWL)
  • Penggunaan pelembap setelah mandi yang dapat membantu menghidrasi dan mengurangi TEWL

Selain itu, perawatan kulit kering juga bisa dilakukan dengan menghindari bahan-bahan kimia yang bisa memperparah kondisi kulit, di antaranya adalah:

  • Detergen
  • Bahan kimia yang terlalu asam atau terlalu basa
  • Disinfektan
  • Sabun antibakteri yang tidak sesuai dengan pH kulit

Bolehkah Menggunakan Bahan Alami Untuk Mengatasi Kulit Kering?

Foto: www.canva.com

Dokter Wulan memaparkan bahwa terdapat beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan kulit kering, yakni dengan menggunakan vaselin album dan minyak.

Berikut beberapa minyak alami yang bisa diaplikasikan:

  • Argan oil
  • Safflower
  • Grape seed
  • Mineral
  • Jojoba oil
  • Soybean oil
  • Flax seed
  • Lanolin

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering yang Ada di Wajah?

perawatan kulit kering
Foto: www.canva.com

Sesungguhnya, untuk mengatasi kulit kering pada wajah, hal ini hampir serupa dengan prinsip perawatan kulit kering pada bagian tubuh lainnya. Yaitu dengan “menggunakan sabun wajah yang memiliki pH kulit yang aman pada wajah serta mengaplikasikan pelembap yang sesuai dengn tipe kulit. Selain itu, kamu juga perlu menghindari skincare atau kosmetik yang bersifat iritatif,” paparnya.

Berikut langkah-langkah perawatan kulit kering pada wajah menurut Dokter Wulan:

  • Mencuci wajah sewajarnya yakni sebanyak dua hingga tiga kali sehari
  • Tidak menggunakan scrub wajah terlalu sering
  • Hindari tindakan yang ‘over-exfoliate’
  • Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah
  • Minum air putih 1,5-2 liter sehari
  • Rajin mengonsumsi buah dan sayur

Apa yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Mengatasi Kulit Kering?

Foto: www.freepik.com

Agar kulit tidak terasa kering atau menjadi lebih parah, jangan lupa untuk “memilih sabun mandi atau sabun cuci muka yang tepat, yakni sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, usahakan untuk selalu menggunakan pelembap sesuai dengan kulit wajah dan pelembap badan setelah mandi,” pesan Dokter Wulan.

Jangan lupa untuk tetap “menghindari paparan cuaca yang terlalu ekstrem, baik itu terlalu panas atau dingin dan berangin. Minumlah air putih yang sesuai dengan anjuran yakni 1,5-2 liter, dan rajin mengonsumsi buah dan sayur,” lanjutnya.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Memiliki kulit yang kering memang terkadang sangat mengganggu, sehingga hal ini perlu kamu perhatikan lebih lanjut. Lakukanlah perawatan kulit kering dengan “mandi selama lima hingga 10 menit, dan tidak berendam, kemudian jangan lupa menggunakan pelembap sesaat setelah mandi,” sarannya.

Serta pastikan kamu “memilih sabun mandi yang gentle, unscented skin care product, dan sesuai dengan pH kulit. Kemudian kamu bisa rutin meminum air putih sebanyak dua liter sehari, dan jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayur,” tutupnya.