Banyak Orang Terobsesi Menaruh Lidah Buaya di Rambut—Ternyata Ini Penyebabnya

manfaat lidah buaya untuk rambut
Foto: www.stocksy.com

Ah, lidah buaya—tanaman hijau ini telah digunakan ribuan tahun oleh berbagai budaya karena memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut. Bagi skin enthusiast, aloe vera akan digunakan untuk menenangkan kulit, sementara pecinta rambut akan memakainya untuk… hmm… apa, ya? Jika kamu butuh penyegaran ingatan tentang manfaat lidah buaya untuk rambut, berikut penjelasan lengkapnya. Plus, bagaimana memakainya agar semua kebaikan yang terkandung di dalamnya tersedot dan terserap dengan maksimal.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

manfaat lidah buaya untuk rambut
Foto: www.freepik.com

Ini lima alasan mengapa kamu perlu mencoba mengaplikasikan lidah buaya ke rambut.

1. Aloe Vera Menghidrasi

Salah satu satu kehebatan aloe vera adalah kemampuannya melembapkan kulit dan struktur keratin yang dimilikinya mirip dengan rambut.

2. Lidah Buaya Mengandung Bahan Anti-Inflamasi

Aloe vera juga mengandung bahan-bahan anti-inflamasi sehingga bisa membantu mengatasi kulit kepala yang terinflamasi dan iritasi.

3. Aloe Vera Membantu Mengurangi Ketombe

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Dermatological Treatment menemukan bahwa campuran aloe vera bisa membantu membersihkan kulit kepala dari seborrheic dermatitis, sebuah kondisi kulit yang biasanya menjadi penyebab ketombe.

4. Aloe Vera Memperbaiki Helai Rambut

Asal tahu saja aloe vera mengandung tujuh dari delapan jenis asam amino, yakni soleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalanine, threonine, and valin. Dan asam amino ini bisa membantu memperbaiki rambut yang rusak akibat diwarnai atau terlalu sering terpapar produk pengering rambut. Plus, aloe vera juga mengandung pH netral, yang mirip dengan pH rambut, sehingga membantu menyeimbangkan pH kulit kepala dan rambut. Ini artinya, rambut bisa menjadi lebih seht.

5. Aloe Vera Meningkatkan Sirkulasi untuk Mendorong Pertumbuhan Rambut

Ada banyak klaim bahwa aloe vera bisa membantu menumbuhkan rambut. Meski belum ada bukti ilmiah tentang hal ini, tapi karena tumbuhan ini mengandungan vitamin A, C, dan E, mungkin saja hal tersebut ada benarnya. Pasalnya antioksidan ini membantu mengurangi dan menetralisir radikal-radikal bebas yang menyebabkan rambut rontok.

Selain itu, aloe vera juga mengandung vitamin B12 dan B9 (alias folic acid), yang juga merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut.

Cara Menggunakan Aloe Vera untuk Rambut

Foto: www.freepik.com

Ingin mencoba mendapatkan manfaat lidah buaya dengan membuat masker rambut sendiri? Coba praktikkan tahap-tahap ini.

1. Gunakan Aloe Vera Segar

Pertama dan terutama, pastikan kamu menggunakan aloe vera segar karena banyak produk atau gel aloe vera mengandung bahan-bahan lain seperti pengawet dan biasanya manfaatnya berkurang seiring bertambahnya waktu.

Bagaimana mendapatkan aloe segar? Cari tanamannya, dan keluarkan kulit gelnya. Beberapa resep masker lidah buaya sering mencampurkannya dengan bahan-bahan lain, tapi hanya memakai aloe vera saja sebenarnya sudah cukup.

2. Tambahkan Bahan-Bahan Lain

Jika kamu ingin membuat masker lidah buaya dengan bahan-bahan lain, madu dan minyak kelapa merupakan dua contoh bahan yang lain. Minyak kelapa sendiri mengandung banyak hal baik yang untuk rambut, plus memiliki berat molekular yang ringan sehingga mudah menyerap ke dalam kutikula rambut. Sementara madu bisa berfungsi humektan, alis menjaga kelembapan rambut. Campurkan semua bahan ini dan aplikasikan ke rambut.

3. Aplikasikan Selama 20 menit

Untuk hasil yang maksimal, aplikasikan masker aloe vera selama 20 sebelum kamu mandi atau keramas. Oleskan langsung ke akar rambut dan pijat dengan lembut agar gel menyebar dan menyerap ke kult kepala.

Jika memungkinkan, pastikan kulit kepala dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan lidah buaya. Soalnya, semakin bersih kulit kepala, akan semakin terpenetrasi dengan baik. Dengan kata lain, semua manfaat lidah buaya terserap oleh rambut.

Oh, pastikan memakai masker lidah buaya tidak melebihi 20 menit. Pasalnya, meski baik untuk menghidrasi dan membersihkan kulit kepala, jika terlalu lama aloe vera akan kehilangan fungsi kelembapannya dan berpotensi menyebabkan iritasi. Plus, jika terlalu mengering, lidah buaya akan susah dibersihkan dari rambut.

4. Bersihkan secara Menyeluruh

Setelah 20 menit berlalu, saatnya membersihkan rambut secara menyeluruh. Hal ini super penting, terutama jika kamu memiliki rambut halus dan tipis. Soalnya, aloe vera bisa memberatkan dan membuat volume rambut hilang. Bila perlu keramas dua kali untuk memastikan rambut benar-benar bersih dari aloe vera.

Oh, berapa kali sebaiknya menggunakan masker lidah buaya? Sama seperti deep treatment lainnya, pemakaian masker aloe vera hanya perlu dilakukan maksimal sekali seminggu.

Efek Samping Aloe Vera

Foto: www.freepik.com

Meski tidak banyak hal yang perlu dikhawatirkan saat memakai lidah buaya, tapi sejumlah orang bisa mengalami alergi saat bersentuhan dengan tanaman ini. Oleh karenanya, sebelum menggunakan lidah buaya secara topikal, lakukan patch test. Caranya, usapkan sedikit gel aloe vera ke area pergelangan tangan bagian dalam dan tunggu beberapa jam untuk melihat reaksi kulitmu. Tes ini akan membuatmu tahu apakah kulit sensitif terhadap lidah buaya.

Selanjutnya: Ini manfaat kopi untuk kulit dan resep membuat masker kopi di rumah.

podcast button