Tak Hanya Bahan Jamu, Ini 7 Manfaat Kencur Bagi Tubuh

manfaat kencur
Foto: www.shutterstock.com

Selain jahe, kencur juga merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Pasalnya, tanaman berwarna kuning ini memiliki aroma yang menyegarkan sehingga akan membuat hidangan menjadi lebih menarik. Selain dapat menambah rasa dan aroma, manfaat kencur juga ternyata dapat berdampak baik bagi tubuh maupun kulit.

Apa Itu Kencur?

manfaat kencur
Foto: www.shutterstock.com

Kencur merupakan satu jenis tanaman yang berasal dari Indonesia, tapi juga bisa ditemui di budaya negara-negara Asia lain seperti India, China, dan Thailand. Merupakan bagian dari keluarga jahe, kencur telah lama digunakan sebagai obat alami di Timur Tengah, dalam bentuk biji, minyak atau infusi. Sementara di Eropa, kencur akhir-akhir ini digunakan sebagai bumbu masak.

Salah satu bumbu dapur yang memiliki nama latin Kaempferia galangal L ini sering kali digunakan sebagai bahan masakan yang mengandung protein, serat, dan mineral esensial (fosfor, kalium, dan magnesium) dalam jumlah yang cukup tinggi.

Tak hanya itu, zat besi, zinc, mangan, kobalt, dan nikel juga terkandung dalam tanaman yang diberi nama lain aromatic ginger ini dengan jumlah yang cukup besar.

Dengan memiliki nama lain jahe aromatik, tanaman ini memiliki rimpang yang menyerupai jahe. Akan tetapi tentunya memiliki rasa yang berbeda dan sangat khas. Menurut sebuah penelitian, kencur merupakan salah satu rempah-rempah tradisional yang aman dan memiliki kadar energi tinggi yang memiliki beragam manfaat penting untuk tubuh.

Manfaat Kencur

manfaat kencur
Foto: www.shutterstock.com

Berikut tujuh manfaat kencur yang bisa kamu dapatkan.

Anti-inflamasi

Peradangan merupakan salah satu penyebab masalah umum dari sejumlah penyakit, seperti peradangan kronis yakni kanker atau gangguan autoimun. Kabar baiknya, salah satu manfaat kencur adalah memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk mengobati gangguan peradangan yang kronis.

Menurut sebuah penelitian, tanaman yang masuk ke dalam keluarga Zingiberaceae ini dapat mengurangi rasa sakit dari gejala umum peradangan.

Antimikroba

Jamur dipercaya memiliki sifat antimikroba yang dapat digunakan sebagai pencegahan infeksi. Pasalnya, ekstrak kencur bisa membantu penghambatan dari pertumbuhan jamur candida albicans yang hidup di saluran pencernaan, mulut, serta vagina.

Antioksidan

Ternyata kencur memiliki kandungan flavonoid, senyawa aktif yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Berkat hal tersebut, tentunya tanaman berwarna kuning ini bisa menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari lingkungan hingga paparan sinar matahari baik pada tubuh atau pun kulit.

Mencegah kanker

Rimpang kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang dapat menghambat proliferasi sel karsinoa hati hepatoseluler yang dapat berguna sebagai antikanker. Tak hanya itu, aroma dari tanaman ini juga bisa memberikan efek menenangkan pada tubuh.

Batuk dan pilek

Manfaat kencur juga dapat berperan untuk melegakan tenggorokan dan mengatasi batuk serta pilek. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung di dalam tanaman berwarna kuning ini. Untuk mendapatkan manfaat kencur, kamu bisa mengombinasikannya dengan sedikit madu agar lebih efektif.

Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi sering kali dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, jahe aromatik ini dapat membantu menurunkan kolesterol LDL secara signifikan yakni setara dengan obat penurun kolesterol.

Penambah rasa masakan

Kencur memiliki bau yang tidak terlalu kuat namun bisa menyegarkan aroma dan rasa masakan. Biasanya bumbu dapur ini sering digunakan ketika kamu memasak sayur bening, lotek, dan seblak. Tanaman yang mirip dengan jahe dan kunyit ini sering kali memiliki peranan penting dalam memberi rasa dan aroma pada hidangan, untuk itu jangan lupa menambahkan kencur ke dalam masakanmu ya!

Penggunaan dan Cara Menyimpan Kencur

manfaat kencur
Foto: www.shutterstock.com

Karena terdapat beragam manfaat kencur, maka tanaman ini juga bisa digunakan dalam berbagai hal, mulai dari ditambahkan ke dalam masakan hingga dibuat ramuan seperti jamu, dan dioleskan secara topikal.

Untuk melegakan tenggorokan dan mengatasi batuk, maka kamu dapat memotong kencur sebesar jari, kemudian bersihkan dan parut. Lalu peras hasil parutan kencur dan masukkan ke dalam gelas. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit madu sebelum dikonsumsi untuk mengatasi batuk.

Ketika kamu mengalami diare atau gangguan pencernaan, maka cukup ambil dan bersihkan dua rimpang kencur dan dua siung bawang merah. Setelah itu, tumbuk hingga halus. Kemudian bungkus ramuan tersebut dengan daun pisang dan letakkan di atas api agar hangat. Lalu letakkan atau oleskan ramuan pada perut yang sakit.

Jika kamu mengalami pilek, maka cukup gunakan minyak esensial yang dapat melegakan hidung yang tersumbat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan rimpang kencur untuk membuat minuman tradisional yang dikenal sebagai beras kencur.

Untuk cara penyimpanannya agar tanaman ini tidak cepat busuk, kamu bisa membungkusnya dengan kain lembap dan bersih. Lalu, alasi lagi dengan sebuah kantung plastik dan simpan ke dalam kulkas. Untuk penyimpanan yang lebih lama, kamu mungkin perlu mengganti kain tersebut agar kencur tidak berjamur.

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk dengan kandungan bahan-bahan herbal alami yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Abhaibhubejhr Galanga Sunscreen Cream SPF19

Tabir surya ini dilengkapi dengan eksrak herbal galanga yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Diformulasikan dengan ekstrak lidah buaya, minyak padi, dan vitamin E, sunscreen ini dapat menutrisi sekaligus melembapkan kulit wajah. Pastikan kamu mengoleskannya 15 menit sebelum keluar ruangan.

Beauty Barn Mom Acne Care

Gel yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jerawat ini mengandung bahan-bahan alami seperti galangal root, asam jawa, sereh, biji bunga matahari, kunyit, dan minyak lavender. Produk ini dapat membunuh bakteri pada jerawat sehingga mencegahnya untuk berkembang dan muncul pada permukaan kulit.

Dior Capture Youth Plump Filler Age-Defying Plumping Serum

Serum wajah Dior Capture Youth Plump Filler Plumping Serum mengandung ekstrak alpinia galangal, yakin ekstrak daun yang kaya akan antioksidan. Terdiri dari 87% bahan alami, produk ini dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal, lembap, dan terhidrasi dengan baik.

Life Extension Skin Care Collection Day Cream Bright

Ingin kulit tampak lebih muda dan lembap? Cobalah gunakan Life Extension Skin Care Collection Day Cream Bright. Pasalnya krim wajah ini dapat melawan tanda-tanda penuaan dan mendorong produksi kolagen, serta mendukung elastisitas, ketebalan, dan kekencangan kulit.

Hal tersebut berkat kandungan retinyl palmitate yang berasal dari estrak akar jahe dan shea butter yang ada dalam produk ini.

Organic Supply Co. Ginger Essential Oil

Minyak esensial ini berasal dari akar zingiber officinale herb yang dapat memberikan rasa nyaman dan menyegarkan. Sangat cocok digunakan setelah beraktivitas seharian penuh.

The Body Shop Ginger Anti Dandruff Shampoo

Pembersih rambut ini diperkaya dengan ginger essential oil, birch bark extract, white willow extract, dan community trade honey yang dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Selain itu, sampo ini juga dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala dan rambut.