Makanan Ini Bisa Tahan Berminggu-minggu di Kulkas

Foto: www.gettyimages.com

Jika kamu bermaksud untuk mengurangi aktivitas di luar rumah karena sedang melakukan social distance, menyetok beberapa bahan makanan sehat tahan lama mungkin merupakan ide yang bagus. Makanan yang tidak hanya mengenyangkan, tapi juga memenuhi asupan nutrisi baik dalam bentuk serat, vitamin, mineral, antioksidan dan senyawa-senyawa lainnya. Jadi, sebelum bekerja dari rumah dan mengurangi kegiatan di luar, pastikan kamu berbelanja dan menyetok beberapa makanan sehat tahan lama. Ohya, jangan belanja dengan rasa panik ya, beli saja bahan makanan sehat secukupnya untuk 7-14 hari. Pastinya, mari sembari berharap social distance ini akan berakhir secepatnya.

APEL

Foto: www.rawpixel.com

Ah, apel: sangat bernutrisi (mengonsumsi dua buah sehari sangat direkomendasikan) dan ternyata tahan lama, apalagi jika disimpan di kulkas. Jika disimpan dengan benar bisa bertahan sampai lima bulan di dalam kulkas (meski memang tergantung jenisnya). Untuk membuat apel tahan lama, bungkus setiap buahnya dengan kertas koran dan masukkan ke dalam kulkas. Ini fungsinya agar ketika satu apel terlalu matang atau busuk, apel lain tidak akan tertular dan tetap dalam kondisi baik. Dan jangan buang apel yang sudah terlalu matang, tapi jadikan saus apel atau selai apel.

YOGURT

Foto: www.rawpixel.com

Ini adalah salah satu makanan sehat tahan lama yang wajib ada di rumah. Ketika tidak dibuka dan disimpan di kulkas, yogurt bisa bertahan sampai tiga minggu (bahkan setelah tanggal kedaluwarsanya). Sementara jika dibekukan, maka makanan sehat ini bisa dinikmati sampai dua bulan.

JERUK PERAS

Foto: www.rawpixel.com

Buah-buah sitrus adalah salah satu bahan makanan super penting sekarang ini, karena membantu menjaga kekebalan tetap optimal. Jadi, salah satu cara memastikan asupan vitamin C tetap terjaga selama masa pandemik seperti ini, simpan buah jeruk di kulkas karena bisa bertahan selama berminggu-minggu.

KENTANG

Foto: www.rawpixel.com

Selain beras, kentang adalah sumber karbohidrat serba guna dan termasuk ramah di kantong. Makanan ini bisa dipanggang, digoreng, atau direbus—tergantung selera dan seberapa banyak waktu yang kamu miliki. Ohya, kentang juga merupakan sumber protein dan potasium, yang bisa berfungsi mengatur tekanan darah. Jika kamu simpan dengan benar, kentang bisa bertahan sampai enam bulan.

BAWANG BOMBAI

Foto: www.gettyimages.com

Untuk yang sedang menghindari penyedap rasa, bawang bombai merupakan salah satu cara tepat untuk membuat masakan lebih sedap. Tidak hanya itu, bahan makanan ini juga kaya akan serat! Jika disimpan di kulkas bawang ini akan tahan lama, tapi umurnya akan lebih panjang apabila dibekukan (lebih dari dua bulan). Oleh karenanya, coba potong-potong bawang bombai, masukkan ke dalam wadah dan bekukan. Dan sebuah tips yang harus diingat: jangan simpang bersamaan dengan kentang, karena akan membuat bawang lebih cepat busuk.

TELUR

Foto: www.unsplash.com

Sebelum lupa, simpan telur di bagian dalam kulkas—bukan di bagian pintu, karena akan membuat mereka lebih tahan lama sampai lima minggu. Seperti yang kita tahu, telur merupakan salah satu sumber protein yang paling mudah didapatkan dan gampang dimasak. Memang sih, semakin dekat dengan tanggal kedaluwarsanya, maka telur semakin kurang segar. Akan tetapi tetap bisa dimakan.

DARK CHOCOLATE

Foto: www.gettyimages.com

Temperatur hangat merupakan salah satu yang membuat dark chocolate tidak tahan lama, sehingga tempat terbaik menyimpannya adalah di dalam kulkas. Pssst, jika disimpan di bawah suhu 15º Celcius, cokelat jenis ini bisa bertahan sampai lima tahun, lho. Wow!

WORTEL

Foto: www.rawpixel.com

Wortel bayi tidak memiliki umur sepanjang wortel biasa. Untuk memastikan kondisinya tetap bagus hingga lima minggu ke depan, masukkan ke dalam kantong dan simpan di kulkas. Selama teksturnya tidak lembut atau berlendir, wortel masih tetap bisa dimakan. Ohya, jika saat membeli wortel masih memiliki dedaunan hijau di ujungnya, jangan lupa dicabut, ya. Soalnya, mereka menyerap kelembapan dan menyebabkan wortel menjadi kering lebih cepat.

PEANUT BUTTER

Foto: www.gettyimages.com

Jika tidak dibuka, peanut butter bisa tetap dimakan bahkan setelah dua tahun dibeli. Akan tetapi hati-hati dengan peanut butter yang natural karena memiliki masa hidup yang lebih pendek, alias sekitar enam bulan setelah tanggal kedaluarsa jika disimpan di kulkas. Oh, berbicara tentang kacang dan selai, Nuttella (yep, kecintaan kita semua) hanya bisa bertahan dua bulan dari tanggal kedaluarsanya.

Selanjutnya: makanan ini membantu menjaga imunitas tubuh.

podcast button