6 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

manfaat vitamin E
Foto: www.rawpixel.com

Memiliki tubuh yang sehat tentunya menjadi idaman bagi kebanyakan orang. Hal ini tentunya bisa didapatkan dengan menjaga pola hidup dan asupan nutrisi. Salah satu nutrisi tambahan yang diperlukan bagi tubuh adalah vitamin E. Sebenarnya, apa saja manfaat vitamin E?

Tidak hanya memberikan dampak baik bagi tubuh, manfaat vitamin E juga bisa dirasakan langsung pada kulit. Pastinya kandungan ini bisa dengan mudah kamu dapatkan, baik itu dari bahan makanan ataupun suplemen.

Manfaat Vitamin E

manfaat vitamin E
Foto: www.freepik.com

Berikut manfaat vitamin E yang bisa dirasakan pada tubuh dan kulit:

Antioksidan

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat efek dari radikal bebas. Mungkin kamu belum mengetahui bahwa radikal bebas dapat memicu berbagai penayakit kronis, seperti jantung dan kanker.

Nutrisi penting ini bisa diperoleh dari makanan yang dikonsumsi ataupun didapatkan dari suplemen makanan. Selain itu vitamin yang satu ini juga dapat larut dalam lemak, sehingga bisa disimpan dalam tubuh dan digunakan sesuai kebutuhan.

Memperpanjang umur sel

Radikal bebas yang ada dalam tubuh ternyata bisa melemahkan sekaligus menghancurkan sel-sel yang sehat. Kerusakan ini dapat memperpendek umur sel pada tubuhmu. Namun berkat vitamin E yang merupakan antioksidan kuat maka hal tersebut bisa mengurangi kerusakan dan memperlambat proses penuaan sel

Melindungi penglihatan

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asupan vitamin E dan kadar serum tokoferol yang tinggi, dapat membantu melindungi penglihatan yang dikaitkan dengan penurunan risiko katarak terkait usia. 

Membantu mengatasi hiperpigmentasi

Adanya bercak hitam pada kulit ternyata dapat diatasi dengan penggunaan vitamin E. Untuk penggunaan yang lebih efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi adalah mengombinasikan vitamin E dengan vitamin C. 

Baca Juga :  Manfaat Lain Vitamin B3: Melindungi Kulit dari Bahaya Paparan Sinar UV

Mencegah penuaan dan kerutan

Tingginya antioksidan yang ada dalam vitamin E dapat bermanfaat untuk memengaruhi sirkulasi darah. Hal ini membuat sebagian orang terlihat memiliki kulit yang kencang setelah menggunakan vitamin E. Sebuah penelitian tahun 2013 menyatakan bahwa vitamin E dan bahan alami lain yang mengandung antioksidan tinggi dapat berfungsi untuk membantu menunda munculnya kerutan.

Melembutkan bibir

Manfaat vitamin E selanjutnya adalah dapat menghaluskan bibir kering yang pecah-pecah, dan hal ini bisa kamu lakukan dengan mengoleskan minyak nutrisi tersebut secara topikal. Vitamin E dapat berfungsi untuk mendorong pergantian dan regenerasi sel, sehingga ketika diaplikasikan pada bibir kering maka akan membawa sel-sel baru ke permukaan secara lebih cepat.

Cara Mendapatkan Vitamin E

manfaat vitamin E
Foto: www.freepik.com

Tentunya nutrisi yang penting untuk tubuh dan kulit ini dapat kamu peroleh dari makanan-makanan sehat dan suplemen. Berikut beberapa sumber vitamin E yang baik:

manfaat vitamin E

Sementara pada kulit wajah, hal ini bisa didapatkan dari produk minyak vitamin E atau produk perawatan wajah yang mengandung nutrisi tersebut. 

Cara Menggunakan Vitamin E

Foto: www.freepik.com

Untuk mendapatkan manfaat vitamin E pada tubuh, tentunya kamu bisa mengonsumsinya dari beberapa makanan sehat, seperti almond dan biji bunga matahari. Selain itu, untuk mendukung kebutuhan nutrisi, maka kamu bisa menambahkan suplemen vitamin E. Jumlah vitamin E yang direkomendasikan untuk orang dewasa sebanyak 15 miligram dalam sehari.

Untuk digunakan pada kulit, tentunya hal ini bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak vitamin E secara topikal atau menggunakan produk perawatan wajah. Namun, kamu juga bisa membuat masker wajah vitamin E yang digabungkan dengan beberapa bahan alami, seperti minyak almond yang dapat menenangkan kulit, atau perasan jus lemon, madu, dan alpukat tumbuk.  

Perlu diingat bahwa vitamin E akan larut dalam lemak, yang berarti juga dapat menumpuk pada lapisan kulitmu. Untuk menghindari pori-pori tersumbat, maka jangan gunakan perawatan vitamin E lebih dari satu kali dalam seminggu.

Baca Juga :  Butuh Pencerahan: Bagaimana Cara Menghilangkan Bibir Hitam?

Efek Samping Mengonsumsi Suplemen Vitamin E

Foto: www.unsplash.com

Meski memiliki beragam manfaat, namun sebagian orang mungkin sensitif terhadap asupan suplemen vitamin E. Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi vitamin E dalam suplemen dapat menyebabkan diare, mual, kram perut, kelelahan, dan sakit kepala.

Terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin E juga dapat membuatnya semakin menumpuk di dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan penurunan jumlah trombosit dan pengenceran darah. 

Sedangkan pada kulit, vitamin E bukanlah bahan efektif yang bisa digunakan untuk semua orang. Jika kamu memiliki kulit berjerawat dan pori-pori yang mudah tersumbat, maka mengoleskan minyak vitamin E secara topikal dapat memperburuk masalah kulit tersebut. 

Produk Rekomendasi

Ingin mendapatkan manfaat vitamin E pada kulit? Berikut rekomendasi produk dengan kandungan nutrisi tersebut.

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner

Diperkaya dengan vitamin E dan wheat germ oil, membuat toner yang bertekstur liquid gel ini dapat menyegarkan wajahmu. Selain itu, fungsi dari produk ini juga bisa membantu melembapkan dan menghilangkan sisa-sisa riasan serta kotoran pada wajah. Setelah menggunakannya maka kulit akan terasa lebih bersih, kenyal, dan terhidrasi.

Dear Klairs Freshly Juiced Vitamin E Mask

Produk serbaguna ini dapat digunakan sebagai masker, sleeping pack, atau pelembap harian yang diperkaya dengan antioksidan dari vitamin E. Berkat kandungan tersebut, Dear Klairs Freshly Juiced Vitamin E Mask bisa bekerja dengan maksimal untuk mencerahkan, memperbaiki kerutan, serta tanda-tanda penuaan. Keunggulan lainnya adalah dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV ketika digunakan pada siang hari.

Bio Oil Skincare Oil

Alpha-h Vitamin E with Macadamia

Serum wajah ini mengandung antioksidan yang dapat memelihara sekaligus menghidrasi kulit. Tak hanya itu, produk ini juga mempu meningkatkan kekebalan alami kulit dan melindungi wajah dari radikal bebas akibat paparan sinar UV. 

Supergoop! Play Everyday Lotion with Sunflower Extract SPF 50

Memiliki banyak aktivitas di luar ruangan tentunya membuatmu harus lebih hati-hati terhadap paparan sinar matahari.

Untuk menghindari adanya bercak hitam alias hiperpigmentasi yang muncul, maka sebaiknya gunakan tabir surya dan Supergoop! Play Everyday Lotion with Sunflower Extract SPF 50 bisa menjadi salah satu opsinya. Produk ini dapat menyerap dengan cepat dan tahan air serta keringat, sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari.

The Body Shop Lip Care Stick SPF15

Memiliki bibir kering dan pecah-pecah tentunya perlu segera diatasi, karena jika dibiarkan maka akan membuat bibir menjadi iritasi. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan produk The Body Shop Lip Care Stick SPF15.

Pelembap bibir yang berbentuk stik ini mengandung vitamin E yang berasal dari wheat germ oil dan minyak zaitun. Tentunya produk ini dapat membantu melembapkan dan melindungi area bibir dari kotoran dan debu. Selain itu, kelebihan dari lip care yang satu ini adalah kandungan SPF 15 yang bisa melindungi bibir dari paparan sinar matahari.