9 Tips Mendesain Kamar Tidur Agar Lebih Nyaman

desain kamar tidur
Foto: www.pexels.com

Untuk melakukan desain kamar tidur memang akan menyita banyak waktu karena kamu perlu memikirkan tema, furnitur, dan menentukan tata letak, dan menyesuaikan kepribadianmu. Plus, belum lagi memikirkan tentang kenyamanan yang merupakan hal yang penting ketika mendekorasi sebuah kamar tidur, karena ruangan ini berfungsi untuk tempat beristirahat setelah melakukan segudang aktivitas.

Namun jika kamu masih kesulitan untuk menentukan hal apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu, kamu dapat mengikuti tips berikut dalam memulai desain kamar tidur.

Tips Desain Kamar Tidur

desain kamar tidur
Foto: www.pexels.com

Berikut tips yang dapat dilakukan untuk mendekorasi kamar tidurmu:

1. Rancang ruangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika akan mendekorasi kamar tidur adalah memutuskan bagaimana ruangan ini akan dirancang. Apakah kamar tidurmu akan menjadi sekaligus tempat bekerja atau kamu memerlukan area khusus untuk membaca di kamar? Memperhatikan hal ini tentunya akan membantumu menentukan bagaimana merancang kamar tidur dan furnitur  yang tepat untuk mengisi ruangan tidurmu.

2. Tentukan gaya ruangan

Setelah mengetahui bagaimana rancangan kamar tidurmu, maka langkah selanjutnya adalah mendesain sebuah ruangan dengan berbagai referensi. Kamu dapat mencari referensi desain lewat Pinterest, Instagram, atau Blog. Jangan lupa untuk mencatat ide terkait warna cat kamarmu dan perabotan yang kamu inginkan. 

3. Tentukan tata letak

Langkah selanjutnya adalah menentukan tata letak dari perabotan yang akan mengisi kamar tidurmu. Jika memiliki kamar tidur yang luas, maka kamu dapat meletakkan sofa. Dan jika kamar tidurmu tidak memiliki jendela, maka kamu perlu meletakkan beberapa lampu sebagai sumber pencahayaan. Kamu dapat meluangkan waktumu untuk merencanakan letak barang-barangmu, selain itu ini waktu yang tepat untuk desain kamar tidur.

Baca Juga :  10 Kado Ulang Tahun Terbaik untuk Mereka yang Suka Mendekorasi Rumah

4. Rencanakan anggaran

Merencanakan anggaran dengan menentukan berapa banyak barang dan uang yang ingin kamu belanjakan juga merupakan hal yang penting. Kamu dapat menentukan kisaran anggaran setelah memikirkan apa saja benar-benar kamu perlukan. Seperti jika memiliki kamar tidur sempit, apakah kamu akan mengeluarkan uang untuk membeli lemari atau berapa banyak cat yang dibutuhkan ketika ingin mengecat ruangan.

5. Pilih warna

Kamu dapat menentukan skema warna yang tepat untuk kamar tidurmu dengan melihat beberapa referensi dari internet. Kombinasikan warna dengan memilih warna cerah maupun warna netral, atau kamu dapat menggabungkan kedua warna tersebut. Pastikan warna-warna yang kamu pilih dapat membuatmu merasa nyaman ketika berada di kamar tidur.

6. Atur furnitur 

Ketika berbelanja, kamu perlu memastikan semua furnitur sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan jangan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan. Setelah semua sudah siap, maka kini mulai mendesain kamar tidur dari furnitur yang paling besar, seperti tempat tidur dan lemari.

7. Tambahkan potongan aksen

Menambahkan potongan aksen akan menjadi hal yang menarik untuk menciptakan sebuah kontras pada ruangan. Kamu dapat mempertimbangkan pernak=pernik seperti lampu tidur, meja, atau rak buku. Jika memiliki kamar yang luas dan ingin meletakkan sofa, maka kamu dapat menambahkan meja kopi di samping sofa. 

8. Campurkan material dan tekstur

Kamu juga sebaiknya memperhatikan material dan tekstur yang akan diletakkan di kamar tidurmu. Seperti memadukan desain beludru mewah dan meletakkannya di dekat dekat sofa yang memiliki warna polos. Atau memilih tirai berenda yang dipadukan dengan meja kayu agar terlihat lebih natural.

9. Tambahkan sentuhan akhir

Jika kamar tidurmu memiliki desain dengan warna netral baik itu warna cat dinding atau furnitur, maka kamu dapat menambahkan warna yang lebih mencolok untuk membuat suasana kamar tidur lebih hidup. Kamu bisa menambahkan lukisan-lukisan yang digantung di dinding, karpet lembut, atau memilih seprai dengan motif dan warna yang cerah.

Baca Juga :  7 Desain Kamar Anak yang Bisa Jadi Inspirasimu

7 Inspirasi Desain Kamar Tidur

Foto: www.unsplash.com

Jika kamu merasa bosan dengan nuansa kamar tidur, maka ini saatnya untuk menata kembali ruang tidurmu. Berikut 7 inspirasi dekorasi kamar tidur yang dapat kamu tiru.

Rustic

Gaya rustic pada kamar tidur umumnya menggunakan material alam, seperti penggunaan furnitur kayu, palet warna alami dan netral, serta aksesoris bernuansa tradisional. Namun gaya rustic juga bisa kamu padukan dengan gaya modern. Gaya rustic menjadi favorit bagi kebanyakan orang karena akan membuat kamar tidurmu terasa nyaman dan menenangkan.

Scandinavian

Gaya kasual dan simpel ini akan memberikan nuansa yang tenang pada kamar tidurmu, namun gaya ini akan menghabiskan banyak ruangan. Scandinavian merupakan gaya yang fungsional namun menggunakan banyak tekstur untuk memperindah ruangan. 

Vintage

Vintage dalam dekorasi, biasanya merupakan pengaplikasian dari gaya populer selama tahun 1940 hingga 1950-an. Mendekorasi kamar tidur dengan gaya vintage biasanya akan berfokus pada tampilan feminin dan romantisme seperti menggunakan ranjang besi dan furnitur yang berwarna putih atau hijau mint.

Bohemian

Bohemian merupakan gaya dengan memadukan warna cerah, bercorak, dan multi-kultur. Biasanya gaya ini dipilih oleh sebagian orang yang memiliki ide visual yang sangat tinggi. Tak hanya itu, bohemian juga menambahkan unsur bertema alam dengan memilih hiasan dinding dari bahan daur ulang atau kamu dan tanaman hidup yang diletakkan dalam vas berwarna bening.

Minimalis

Minimalis biasanya menjadi favorit kebanyakan orang sehingga menjadi tren dalam beberapa tahun ini. Pemilihan warna yang simpel dan furnitur yang tidak terlalu banyak biasanya menjadi ciri khas dari gaya minimalis. Dengan memilih gaya minimalis dapat membuat ruang tidurmu terkesan menenangkan dan damai.

Industrial

Gaya industrial biasanya dipilih pada kafe atau co-working space, dengan memiliki ciri khas elemen konstruksi yang terbuka seperti memilih dinding bata dan lantai beton. Namun gaya ini juga dapat diaplikasikan pada kamar tidurmu dengan memilih warna netral yang gelap seperti abu-abu, hitam, dan cokelat. 

Baca Juga :  Ada Begitu Banyak Jenis Tanaman Hias, Ini 9 yang Akan Mempercantik Rumah

Hollywood 

Memilih kamar tidur dengan gaya Hollywood menandakan bahwa ruang tidurmu akan bernuansa glamor, penuh kemewahan dan mahal. Kamu dapat menambahkan aksen kain mewah seperti beludrum satin, atau brokat. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan lamput gantung dan karpet tebal yang akan menambahkan nuansa mewah.

Selanjutnya: Trik Mendesain Kamar Mandi Kecil.