8 Tips Pintar untuk Dekorasi Kamar Tidur Sempit

dekorasi kamar tidur sempit
Foto: www.gettyimages.com

Terkadang ketika memiliki kamar tidur yang sempit akan membuatmu merasa tidak nyaman. Apalagi ketika kamu ingin membeli pernak-pernik dan barang untuk diletakkan di kamarmu. Pasti kondisi sempat ini akan membuatmu berpikir bingung akan meletakkan di mana barang-barang tersebut. Fiuh, membayangkannya saja sudah membuat pusing. Eits, pusing ini sebenarnya bisa dihindari dengan mengaplikasikan strategi dekorasi kamar tidur sempit yang benar.

Sebenarnya kamar tidur yang sempit dapat terlihat lebih luas dengan menggunakan teknik yang tepat. Dengan kata lain, akan menyenangkan ketika kamu memiliki rencana untuk mendekor kamar tidurmu yang sempit. Berikut beberapa tips untuk mendekorasi kamar tidur sempit. 

Simpan barang di rak tersembunyi

Andoleto - Calya Tempat Tidur Berlaci

Terlalu banyak tempat penyimpanan barang akan membuat kamarmu semakin sempit. Untuk menyiasatinya, pilih ranjang yang sekaligus menyediakan tempat penyimpanan. Laci-laci ini bisa digunakan sebagai pengganti lemari untuk menyimpan pakaian dan pernak-pernik lainnya.

Gunakan rak dinding

dekorasi kamar tidur sempit
Fabelio - Rak Jon

Meletakkan meja akan memakan banyak ruang di kamar tidurmu. Sebagai gantinya, kamu dapat memilih rak dinding sebagai dekorasi kamar tidur yang sempit. Pemilihan rak dinding juga dapat membuat ruanganmmu terlihat lebih luas dan dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan benda-benda yang ingin kamu pajang. Kamu bisa meletakkan rak dinding di atas meja atau di atas tempat tidurmu.

Pilih warna cat yang tepat

Dulux - Jasmine White

Mengecat keempat dinding dengan warna yang sama dapat memberikan kesan yang luas pada kamarmu. Kamu bisa memilih warna putih, pasalnya warna putih dapat memberikan efek luas. Selain itu kamu juga bisa menambahkan perabotan dengan warna serupa yakni putih sebagai salah satu dekorasi kamar tidur sempit.

Baca Juga :  11 Detail Ini Bisa Membuat Desain Rumahmu Terlihat Mewah

Jika warna putih terlihat membosankan, kamu dapat menambahkan tanaman hias sebagai pendukung dekorasi kamar. Tanaman hias akan membuat kamarmu menjadi lebih fresh.

Manfaatkan cermin

dekorasi kamar tidur sempit
Lulu Home - Circle Mirror 65cm

Selain untuk bercermin, kamu bisa menempatkan cermin sebagai dekorasi kamar tidur sempit. Cermin dapat memberikan ilusi sehingga membuat ruangan yang kecil akan terasa lebih besar. Namun perlu dipastikan bahwa kamu perlu merapikan barang-barangmu terlebih dahulu. Pasalnya, jika barang-barangmu berserakan di kamar, maka pantulan dari cermin akan membuat kamar tidurmu terlihat semakin berantakan. 

Biarkan cahaya masuk

Supra - Lampu Gantung Modern Minimalis L-472

Membiarkan jendela terbuka sehingga cahaya dapat masuk merupakan hal dasar yang bisa kamu lakukan. Cahaya yang masuk dapat membuat kamar tidurmu terlihat lebih terang, selain itu cahaya matahari yang masuk juga dapat membuat kamarmu tidak lembap.

Jika kamarmu tidak memiliki jendela, kamu dapat menggunakan lampu yang memiliki pencahayaan yang lebih redup. Dengan cahaya yang lembut tentunya dapat membuat tubuhmu lebih rileks sehingga tidurmu lebih nyaman. 

Pilih tirai yang tepat 

dekorasi kamar tidur sempit
IKEA - SANELA Tirai Penggelap Ruangan

Tirai dapat menjadi tambahan aksesoris untuk dekorasi kamar tidur yang sempit. Kamu perlu memperhatikan dengan baik tirai yang akan dipasang di jendela kamarmu. Memilih tirai dengan warna yang cerah dapat membuat kamarmu terkesan lebih luas, selain itu ukuran tirai juga akan memengaruhi. Dengan menggantung tirai hingga menjuntai ke lantai, langit-langit kamarmu akan terlihat lebih tinggi. 

Gunakan meja multifungsi 

dekorasi kamar tidur sempit
Urban Quarter - Lomita Side Table in Black

Memanfaatkan barang multifungsi merupakan tips penting dalam dekorasi kamar tidur sempit, contohnya meja rias multifungsi. Selain berfungsi sebagai meja rias, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai meja nakas. Jika meja masih menghabiskan banyak ruang, kamu bisa menjadikan rak kecil sebagai meja nakasmu. Selain menjadi meja nakas, kamu juga dapat menyimpan barang-barang di rak tersebut. 

Baca Juga :  7 Desain Kamar Anak yang Bisa Jadi Inspirasimu

Pintu geser

dekorasi kamar tidur sempit
IKEA - SYVDE Kabinet dengan Pintu Kaca

Pintu geser dapat menjadi alternatif dekorasi kamar tidur sempit. Karena penggunaan pintu geser tidak memakan banyak ruang sehingga akan memberikan kesan yang luas. Selain itu kamarmu akan terlihat lebih modern dengan menggunakan pintu geser. Namun dengan menggunakan pintu geser, kamu perlu memperhatikan perawatannya, terutama jalur rel dan rodanya.

Selanjutnya: Ide Interior Kamar Tidur Minimalis.