12 Dekorasi yang Akan Mempercantik Tampilan Taman Rumah

dekorasi taman
Foto: www.rawpixel.com

Bagi sebagian orang, menambahkan area hijau pada hunian tentunya menjadi hal yang wajib. Selain akan mempercantik rumah, fungsi taman juga akan membuat suasana menjadi lebih asri, sejuk, dan segar. Sehingga terkadang kebanyakan orang akan meluangkan waktunya untuk mendesain dan menambahkan dekorasi taman.

Untuk menata taman, hal tersebut pun bisa dimulai dengan meletakkan kerikil, tanaman hias, kolam, dan lainnya. Jika kamu butuh inspirasi untuk dekorasi taman, maka berikut 12 cara yang dapat mempercantik area hijau rumahmu.

Memanfaatkan Area Teras

dekorasi taman
Foto: www.pinterest.com

Tidak memiliki halaman belakang? Tentunya ini bukan masalah yang besar, karena kamu bisa memanfaatkan teras sebagai bagian dari taman. Tidak perlu mengubah fungsinya, namun kamu bisa menambahkan beberapa jenis tanaman pot sebagai dekorasi.

Pastikan kamu menaruh tanaman hias yang tidak terlalu besar, karena jika menempatkan pot yang besar maka akan membuat terasmu menjadi lebih sempit.

Membuat Living Wall

Foto: www.pinterest.com

Taman vertikal atau living wall ternyata bisa menjadi solusi untukmu yang ingin mempunyai taman namun memiliki area yang terbatas. Cobalah untuk memanfaatkan dinding yang kosong, kemudian gunakan kayu atau besi sebagai penyangga, dan letakkan berbagai tanaman di dalam pot.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tanaman hias yang merambat. Tentunya jenis tanaman yang satu ini akan membuat dindingmu terlihat lebih menarik, asri, dan tidak kosong.

Tambahkan Pot Gantung

dekorasi taman
Foto: www.pinterest.com

Jika kamu memang tidak memiliki lahan untuk meletakkan pot tanaman, maka gantungkan tanaman tersebut pada area depan rumah. Pilihlah pot yang kecil dan rantai besi yang akan menjaga pot agar tidak mudah jatuh.

Baca Juga :  Tak Hanya Putih, Ini 11 Warna Cat Terbaik Untuk Dapur

Selain untuk mempercantik rumah, pot gantung juga dapat membuat hunian terasa lebih asri dan sejuk. Kamu juga bisa bereksperimen dengan membuat pot yang berasal dari bola lampu, kayu, atau lainnya.

Tonjolkan Area Hijau

dekorasi taman
Foto: www.pinterest.com

Meski kamu bisa memanfaatkan area teras, namun akan lebih baik jika menonjolkan area hijau pada taman. Untuk itu, kamu bisa memasang rumput hijau di pekarangan rumah dan meletakkan beberapa tanaman di sekitarnya. Pastikan kamu menaruh tanaman hias dengan rata pada seluruh area taman agar terlihat lebih seimbang.

Pasang Bird Bath

dekorasi taman
Foto: www.pinterest.com

Birth bath ternyata bisa menjadi salah satu penghias taman yang akan menarik perhatian para burung liar agar bisa membersihkan diri. Untuk membuatnya terlihat lebih cantik, maka kamu bisa menghiasi pinggiran bird bath dengan tanaman kecil seperti kaktus mini. Dengan hadirnya bird bath, rasanya rumahmu akan lebih terlihat asri, apalagi dengan kicauan burung yang ramai.

Tambahkan Kolam Agar Lebih Natural

Foto: www.pinterest.com

Meski kebanyakan menganggap kolam hanya akan cocok untuk taman yang berukuran luas, namun kenyataannya kamu bisa menambahkan kolam pada taman yang sempit. Tentunya ukuran kolam yang dibuat pun harus minimalis agar tidak memenuhi area taman.

Selain kolam, kamu juga bisa menambahkan air mancur mini yang akan memberikan kesan natural. Kedua hal ini bisa kamu tempatkan di bagian sudut taman.

Pasang Jalan Setapak

Foto: www.pinterest.com

Tidak hanya dipenuhi hamparan rumput hijau dan bunga warna-warni, kamu juga bisa menambahkan jalan setapak yang akan membuat taman menjadi lebih rapi. Untuk menjadikannya lebih menarik, cobalah untuk menggunakan batu alam yang polos atau dengan motif. Tentunya, rumahmu juga akan terlihat lebih asri.

Manfaatkan Area Pintu Masuk

dekorasi taman
Foto: www.pinterest.com

Jika kamu tidak memiliki lahan untuk membuat taman, maka area pintu masuk pun bisa menjadi salah satu opsi. Cukup letakkan tanaman dalam pot kecil dengan bentuk yang beragam, lalu susun dengan rapi di sekitar area pintu. Tentunya jangan sampai pot tersebut menghalangi jalan masuk ke dalam rumah.

Baca Juga :  Studi Baru: Dikelilingi Pohon Mengurangi Risiko Depresi dan Stres

Agar tidak mengganggu pemandangan, maka kamu juga perlu memangkas beberapa tanaman yang sudah lebat.

Menyatu dengan Ruang Keluarga

dekorasi taman
Foto: www.pinterest.com

Taman yang berukuran mini ternyata juga bisa terlihat luas. Salah satu caranya adalah dengan membatasi area taman depan rumah dan ruang keluarga dengan menggunakan pintu yang terbuat dari kaca.

Padukan dengan Furnitur Kayu

Foto: www.pinterest.com

Agar taman terlihat lebih cantik dan menarik, tentu kamu bisa menambahkan furnitur meja dan kursi yang terbuat dari kayu. Selain itu, gunakan warna-warna pastel lembut yang akan membuatnya tampak lebih feminin dan tidak membosankan.

Hadirkan Dekorasi Bambu

Foto: www.pinterest.com

Ternyata taman juga bisa kamu buat lebih artistik dengan menambahkan bambu sebagai dekorasi. Selain akan menjadikannya lebih menarik, bambu juga merupakan tanaman yang mudah untuk dirawat. Kamu bisa meletakkan bambu pada dinding taman sebagai salah satu cara menutupi penampilan dinding yang polos.

Pasangkan Lampu

dekorasi taman
Foto: www.pinterest.com

Salah satu cara untuk membuat taman agar terkesan lebih nyaman adalah dengan memastikan taman mendapatkan penerangan yang tepat. Pilihlah lampu hias dengan bentuk yang unik, seperti bintang agar terkesan lebih menarik. Tak hanya dapat menerangi area hijau, lampu yang unik juga bisa dijadikan sebagai dekorasi yang cantik pada siang hari.