7 Ide Interior Kamar Tidur Minimalis yang Tidak Butuh Usaha Maksimal

Foto: www.unsplash.com

Mungkin karena akhir-akhir ini segala sesuatu sudah maksimalis, kamu memutuskan untuk mengubah kamar tidur menjadi tempat perlindungan minimalis. Atau karena kamu baru saja menonton film dokumenter Marie Kondo. Itulah sebabnya ide kamar tidur minimalis semakin menguat.

Untuk yang butuh diingatkan minimalis adalah gaya desain dengan karakter utama ‘semakin sedikit, semakin bagus’, dan sederhana. Alih-alih mengumpulkan dan menumpuk banyak barang, gaya desain ini lebih fokus pada hal-hal yang esensial dan penting. Alias, menyingkirkan segala sesuatu yang tidak penting. Dengan kata lain, yep, minimalis artinya banyak beberes.

Bagaimana melakukannya dengan usaha dan tenaga yang minim? Coba praktikkan beberapa ide kamar tidur minimalis berikut ini.

Gunakan Warna-Warna Netral

kamar tidur minimalis
Foto: www.stocksy.com

Pilih muted shades dan sedikit sentuhan putih di dalam kamar. Muted colors (lawannya vivid color) adalah warna-warna dengan saturasi rendah, contohnya abu-abu, olive green atau teal blue. Silakan memilih pola dan tektur untuk dimasukkan ke dalam kamar, tapi usahakan agar furnitur dan pernak-pernik memiliki nuansa dan warna yang mirip.

Jika memungkinkan, pilih warna-warna monokromatik abu-abu untuk membuat ruangan nyaman dan tenang. Pilih abu-abu hanget untuk memperlembut kamar.

Pastikan Seprai Sederhana

ide kamar tidur minimalis
Foto: www.unsplash.com

Selimut putih, seprai putih dan sarung bantal putih adalah hal-hal yang kamu butuhkan untuk menyulap kamar tidur menjadi minimalis. Jangan lupa memilih rangka tempat tidur yang pendek agar suasana ruangan terasa lebih seimbang.

Dalam hal ini, pastikan juga tidak banyak barang di atas tempat tidur; kamu hanya butuh satu bantal beraksen (yang lainnya putih) dan satu selimut. Terlalu banyak aksesoris akan mengganggu keharmonisan ruangan kamar.

Pilih Furnitur Pendek untuk Kamar Minimalis

ide kamar tidur minimalis
Foto: www.gettyimages.com

Memilih furnitur dengan kaki pendek akan memberikan kesan ruanganmu memiliki langit-langit yang tinggi. Hal ini juga akan semakin efektif jika rangka tempat tidurmu pendek. Yep, ini berguna untuk menciptakan keselarasan di seluruh ruangan.

Manfaatkan Karpet di Kamar Minimalis

ide kamar tidur minimalis
Foto: www.stocksy.com

Satu kamar tidur minimalis tidak akan terlihat membosankan jika kamu menambahkan karpet besar. Gunakan karpet ini sebagai titik fokus di dalam kamar. Pilih karpet dengan warna solid dengan kilau samar untuk kamar tidur minimalis. Intinya, warna karpet lembut dan tidak membuat ruangan terlihat berantakan.

Hias Kamar dengan Aksen Hitam dan Pastikan Dinding Kosong

Cara lain untuk membuat kamar tidur terkesan minimalis adalah dengan menambahkan warna dramatis tanpa memengaruhi desain keseluruhannya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menambahkan aksen hitam, misalnya pada katup lampu atau meja kecil di samping tempat tidur.

Selain itu kamu juga membiarkan dinding tetap polos, tapi tambahkan tekstur baik pada dinding atau melalui seprai, selimut atau furnitur lainnya.

Tambahkan Tanaman

Foto: www.unsplash.com

Kamar tidur minimalis bukan berarti dilarang menambahkan hiasan. Salah satu cara aman mendekorasi kamar seperti ini adalah dengan membawa alam hijau ke dalamnya. Hindari tanaman berduri atau runcing, karena menurut feng shui, tumbuhan-tumbuhan ini bisa mengakibatkan lonjakan energi yang tidak perlu saat kamu ada di kamar.

Pastikan Kamar Minimalis Rapi

Well, karena ini adalah kamar minimalis dengan sedikit tumpukan barang yang tidak perlu, kemungkinan besar situasi dan kondisi sekitar sudah rapi. Dan pastikan ini menjadi tema utama di kamar tidurmu. Ini termasuk meja di samping tidur dan meja rias. Simpan koleksi pernak-pernikmu di dalam item dekorasi yang selaras dengan atmosfer kamar.

Selanjutnya: Ini panduan lengkap membuat galeri foto cantik keluarga di rumah.