Ingin Menghadirkan Nuansa Klasik di Rumah? Ini 7 Inspirasi Yang Bisa Ditiru

inspirasi rumah desain klasik
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Ketika berbicara tentang rumah klasik, biasanya hunian ini identik dengan perabotan yang mewah. sehingga banyak yang ragu untuk mengaplikasikan inspirasi rumah klasik ini.

Namun jangan khawatir, karena saat ini telah hadir sederet inspirasi rumah klasik yang sederhana namun tetap terlihat elegan.

Jika biasanya inspirasi rumah klasik hanya diaplikasikan pada rumah berukuran besar seperti mansion atau vila, namun kamu tetap bisa menerapkan gaya ini pada hunian yang minimalis.

Dan pastinya yang tidak boleh ketinggalan adalah menghadirkan pilar-pilar yang khas dengan desain Yunani atau Romawi.

Jika kamu tertarik untuk menghadirkan nuansa klasik nan mewah, berikut tujuh inspirasi rumah klasik yang tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Rumah ala Cottage

Foto: www.pinterest.com/brynalexandra.blogspot.com

Untukmu yang ingin memadukan kesan klasik dan modern, maka cobalah untuk menerapkan hunian dengan gaya ala cottage. Selain tampak lebih chill, inspirasi rumah klasik ini juga akan mengingatkanmu ketika berlibur di daerah tropis.

Jangan lupa untuk fokus pada jendela beraksen yang bagian pinggirnya dicat dengan warna putih. Kemudian kamu juga bisa memadukan cat warna putih dan hijau mint yang akan membuatnya tampak semakin menarik.

Agar suasana liburan semakin terasa, tambahkanlah dua kursi yang dilengkapi dengan meja untuk digunakan bersantai di pagi dan sore hari.

Rumah Klasik dengan Sentuhan Tradisional

Foto: www.pinterest.com/Brittney Poore

Tak perlu menggunakan furnitur yang mahal, kamu tetap bisa menghadirkan rumah model klasik yang sederhana. Kuncinya adalah dengan menyiapkan halaman luas yang dilengkapi dengan rerumputan hijau.

Jika biasanya rumah klasik cenderung menggunakan warna putih, maka kamu bisa mengganti cat dindingnya dengan warna hijau tua. Lalu pilihlah atap yang runcing dengan warna cokelat.

Ini menjadi gaya rumah yang paling menarik dan pastinya terlihat sangat asri, sehingga seluruh anggota keluarga pun merasa betah berada di rumah.

Rumah dengan Sentuhan Modern

inspirasi rumah desain klasik
Foto: www.pinterest.com/Alice Elena | DIY, Home Decor, Recipes And Travel

Selain dipadukan dengan gaya tradisional, hunian dengan model klasik ini juga bisa kamu kombinasikan dengan nuansa modern yang kekinian.

Cara paling mudah dan menarik untuk dicoba adalah dengan menghadirkan jalan kecil yang menuju pintu utama yang dilengkapi dengan beberapa tanaman hias disepanjang jalurnya.

Selain itu, hadirkan juga lekuk pada bagian fasad utama agar memberikan kesan klasik yang sempurna. Jika ingin membuatnya tampak lebih menarik, maka disarankan untuk mengecat dindingnya dengan warna putih dan menghadirkan elemen kayu pada pintu.

Jangan lupa untuk memilih atap berwarna cokelat sehingga hunian pun terasa lebih kental dengan aksen klasiknya.

Rumah Klasik Zaman Sekarang

inspirasi rumah desain klasik
Foto: www.pinterest.com/Homes To Love AU

Alasan mengapa banyak orang yang senang dengan hunian klasik adalah gayanya yang abadi dan bisa bertahan lama. Yang terpenting, model rumah yang satu ini tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Supaya tidak terlihat jadul, kamu bisa menambahkan aksen modern yang membuatnya terlihat lebih kekinian. Yakni dengan menambahkan pagar, lampu, dan beberapa fitur eksterior yang membuatnya semakin terkesan kekinian.

Namun agar tidak menghilangkan kesan klasik, maka kamu perlu menerapkan gaya yang satu ini pada bagian dalam hunian.

Rumah Klasik Ala 80-an

Foto: www.pinterest.com/domino magazine

Jika ingin menghadirkan nuansa klasik zaman dulu, maka tidak ada salahnya untuk menerapkan inspirasi rumah era 80-an ini. Di mana terdapat pilar berukuran kecil dengan garasi yang dibuat terpisah.

Dengan gaya old fashion, kamu bisa fokus untuk menghadirkan desain simetris di bagian tengah bawah dan atas. Tak hanya itu, bagian atap yang runcing juga tidak boleh ketinggalan untuk diterapkan.

Dari luar, bangunan ini akan terkesan sangat homey dan terasa nyaman untuk disinggahi. Anggota keluarga pun bisa betah untuk berlama-lama berada di rumah.

Rumah dengan Desain Vintage

inspirasi rumah desain klasik
Foto: www.pinterest.com/HouseLogic

Supaya rumahmu terkesan lebih keren, cara yang paling mudah adalah dengan menambahkan pagar warna putih yang klasik serta bagian fasadnya yang dibuat dengan desain vintage.

Tak berhenti sampai di situ, cobalah untuk memadukan warna putih dengan biru pastel pada bagian eksteriornya.

Hal ini akan membuatnya tampak menarik dan terlihat lembut. Untungnya, inspirasi rumah yang satu ini juga sangat cocok untuk diaplikasikan pada hunian yang mungil.

Tak heran jika nanti nuansa rumah pun terkesan lebih lega dan pastinya nyaman untuk ditempati. Kamu juga bisa menambahkan taman kecil pada bagian samping rumah supaya terlihat lebih asri.

Rumah dengan Material Kaca

Foto: www.pinterest.com/john dilisio

Meski hunianmu tidak terlalu luas, namun jangan pernah ragu untuk mengaplikasikan gaya klasik. Karena sesungguhnya hal ini bisa dilakukan dengan mudah.

Salah satunya adalah memanfaatkan material kaca yang dipasang sebagai pengganti dinding di area depan rumah. Dengan penggunaan kaca berukuran besar, ini bisa membuat hunian tampak lebih luas dan sedikit modern.

Selain itu, gunakan juga warna-warna netral seperti abu-abu dan putih. Namun jangan lupa untuk mempertahankan elemen klasik dengan memasang pintu dan atap yang khas dengan model rumah tradisional ini.