16 Inspirasi Hiasan Dinding yang Membuat Kamar Tidur Semakin Cantik

hias dinding kamar
Foto: www.pexels.com

Jika kamu bosan dengan dinding kamar yang polos, maka kini saatnya membuat suasana kamar tidurmu menjadi lebih hidup dengan menghias dinding kamar. Selain membuat ruanganmu terlihat lebih menarik, menghias dinding juga dapat membuatmu betah berlama-lama berada di kamar. Berikut 16 inspirasi hias dinding kamar tidur yang bisa kamu tiru.

Meletakkan Foto

hias dinding kamar
Foto: www.pinterest.com

Langkah yang paling mudah untuk menghias dinding kamar adalah dengan menambahkan kumpulan foto-foto yang telah dicetak. Kamu bisa menyusunnya dengan berbagai bentuk dan langsung menempelnya di dinding dengan bantuan perekat, atau menggantungnya dengan menggunakan penjepit kayu dan tali.

Menggunakan Vinyl

Foto: www.pinterest.com

Jika kamu senang mendengarkan lagu dengan menggunakan piringan hitam, maka kamu juga bisa menghias dinding kamar menggunakan piringan hitam ini. Kamarmu akan terkesan klasik dengan memajang seluruh koleksi vinyl yang kamu miliki. Namun jika kamu tidak memiliki piringan hitam, kamu tetap bisa menghiasnya dengan menggunakan koleksi CD dari penyanyi favoritmu.

Menambahkan Lukisan

Foto: www.pinterest.com

Kamu bisa menghias dinding kamarmu menggunakan lukisan dengan jumlah satu sampai tiga lukisan. Selain mempercantik kamar, lukisan juga akan membuatmu merasa lebih tenang ketika memandanginya. Opsi lainnya, kamu bisa meletakkan lukisan dengan gambar hewan maupun pemandangan. Atau, bahkan kamu bisa menggabungkan keduanya.

Menggantungkan Cermin

hias dinding kamar
Foto: www.pinterest.com

Cermin menjadi salah stau barang yang dapat kamu letakkan sebagai hiasan di dinding kamarmu. Kamu bisa menggunakan cermin berdiri yang disenderkan atau menggantungkan cermin sedang pada dinding ruanganmu. Pilihlah cermin dengan bingkai yang sesuai dengan tema kamarmu. selain itu, kamu juga bisa meletakkan beberapa tanaman hias untuk membuatnya terlihat lebih cantik.

Membuat Galeri Dinding

Foto: www.pinterest.com

Kamu bisa membuat galeri seni di kamarmu dengan menghiasnya menggunakan berbagai jenis lukisan atau gambar yang ditempatkan dengan rapi. Usahakan gambar dan lukisan yang kamu pilih bertema serupa dan memiliki ukuran beragam agar terlihat lebih aesthetic.

Memasang Kain Permadani

hias dinding kamar
Foto: www.pinterest.com

Jika ingin menghias kamarmu dengan bergaya Bohemian, kamu bisa menggunakan permadani dengan warna dan pola yang sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, dekorasi ini akan lebih mudah untuk dibersihkan maupun dipindahkan.

Menambahkan Macrame

Foto: www.pinterest.com

Macrame merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari simpulan tali dan menjadi ciri khas dari gaya Skandinavia atau Bohemian. Macrame dapat dijadikan sebagai hiasan dinding maupun tambahan detail dekorasi yang akan membuat kamar tidurmu terkesan lebih vintage.

Menggunakan Kain Motif Tribal

hias dinding kamar
Foto: www.pinterest.com

Selain menggunakan kain permadani, kamu juga bisa menghias dinding kamar dengan menggunakan kain bermotif tribal. Kain ini bisa kamu letakkan di dinding yang polos ataupun di atas tempat tidurmu. Selain itu kamu juga bisa menambahkan aksen kayu untuk dipadukan dengan kain tribal. Motif ini juga akan membuat kamarmu kental dengan nuansa Bohemian.

Tambahkan Ornamen Piring Hias

Foto: www.pinterest.com

Jika kamu merupakan kolektor piring dan menemukan piring dengan ukiran yang indah dan menarik, maka kamu bisa menjadikannya sebagai hiasan dinding kamar. Selain itu, kamu juga bisa memadukannya dengan berbagai jenis ukiran serta ukuran yang berbeda-beda. Pastikan kamu merekatkannya dengan baik agar piring hiasan tidak mudah terlepas.

Menggantungkan Dreamcatcher

Foto: www.pinterest.com

Hiasan kamar yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi untukmu. Pasalnya dreamcatcher sempat populer digunakan sebagai hiasan kamar oleh banyak orang. Dreamcatcher merupakan sebuah kepercayaan penduduk Indian yang dapat melindungimu dari mimpi buruk. Meski kamu tidak percaya, namun hiasan ini merupakan pilihan yang tepat untuk mempercantik dinding kamarmu.

Memanfaatkan Tanaman Hias

hias dinding kamar
Foto: www.pinterest.com

Kamu bisa menambahkan tanaman untuk hias dinding kamar. Pilihlah tanaman sukulen seperti kaktus lalu letakkan pada rak yang menempel di dinding kamarmu. Selain mempercantik kamar, tanaman hias juga dapat memperlancar sirkulasi udara pada ruanganmu. Tak hanya satu, kamu juga bisa meletakkan beberapa tanaman hias, namun jangan lupa untuk merawatnya juga ya!

Menambahkan Fairy Lights

hias dinding kamar
Foto: www.pinterest.com

Lampu yang sering muncul dalam dekorasi kamar di situs Tumbler dan Pinterest ini merupakan untaian lampu LED yang dapat kamu gunakan sebagai hiasan dinding kamar. Lampu ini juga sering digunakan sebagai hiasan pohon natal dan sering disebut sebagai fairy lights. Selain dapat mempercantik kamar, menggunakan lampu ini juga akan membuatmu menghemat listrik. 

Menggambar Mural

Foto: www.pinterest.com

Jika kamu senang berkreasi dan mengekspresikan diri, kamu bisa melukis di dinding kamarmu. Kamu bisa bebas menentukan motif dan tema dari lukisan yang akan kamu buat, mulai dari nuansa alam ataupun bertema luar angkasa. Meski akan menghabiskan waktu, namun hasil dari mural ini tentunya salah satu cara hias dinding kamar yang menarik.

Meletakkan Rak Dinding

hias dinding kamar
Foto: www.pinterest.com

Memasang rak sebagai hiasan dinding kamar juga bisa kamu lakukan. Rak ini bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk meletakkan tanaman hias, buku, atau ornamen lain seperti kalender. Meski kamu bisa menaruh apa pun pada rak dinding, namun pastikan kamu meletakkannya dengan rapi ya!.

Memasang Wallpaper

hias dinding kamar
Foto: www.pinterest.com

Memasang wallpaper merupakan salah satu alternatif untuk menghias dinding kamarmu. Kamu juga bisa memilih desain yang sesuai dengan keinginan serta tema kamarmu. Meski telah menggunakan wallpaper, kamu tetap bisa menambahkan ornamen lain sebagai hiasan dinding kamarmu.

Menambahkan Poster Idola

Foto: www.pinterest.com

Menghias dinding dengan menambahkan beberapa poster idolamu merupakan hal mudah yang bisa kamu lakukan. Untuk membuatnya terlihat lebih indah, kamu perlu membuat pola yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa memadukan poster idolamu dengan foto lain seperti gambar pemandangan ataupun beberapa quotes dari idolamu.