7 Inspirasi Menghias Rumah dengan Warna Biru Laut

dekorasi warna biru laut di rumah
Foto: www.unsplash.com

Suasana yang tenang dan nyaman memang diperlukan untuk hadir di dalam rumah. Untungnya, terdapat warna biru laut yang dikenal dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang.

Dengan menggunakan warna biru laut pada hunian, hal ini dapat membantu meredam emosi dan pikiran yang negatif. Sehingga bisa membuat penghuni rumah menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa stres.

Tak selalu harus digunakan secara keseluruhan, warna laut ini juga bisa dikombinasikan dengan beberapa warna lain yang pastinya bisa disesuaikan dengan perabotan yang ada dalam ruangan.

Berikut tujuh inspirasi yang bisa kamu tiru agar tetap merasa nyaman selama berada di rumah.

Padukan Warna Biru dengan Warna Hangat

dekorasi warna biru laut di rumah
Foto: www.pinterest.com/CLARE

Dengan menambahkan warna biru laut, hal ini tidak hanya membuat ruangan tampak lebih tenang, melainkan bisa juga terkesan sedikit dingin.

Namun jangan khawatir karena kamu bisa mengatasi nuansa yang dingin ini dengan menggunakan warna-warna yang hangat.

Mulai dari cokelat, krem, dan abu-abu, ketiganya bisa menutupi kesan dingin dan membuat hunian terasa lebih hangat. Seperti misalnya memilih cat dinding warna biru muda, kemudian menggunakan tempat tidur kayu warna cokelat jati.

Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan sprei warna khaki yang membuatnya terasa semakin menawan. Meski akan memberikan efek yang kontras, namun perpaduan ini akan membuat masing-masing warna tampak menonjol dengan indah.

Buat Lebih Ceria dengan Menambahkan Warna Cerah

dekorasi warna biru laut di rumah
Foto: www.pinterest.com/Missy

Beberapa orang menganggap bahwa biru cenderung cocok dengan kesan suasana hati yang sedih. Agar tidak terperangkap dengan kesan tersebut, maka kamu bisa menambahkan nuansa cerah yang bisa mengubahnya menjadi lebih baik.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengombinasikan warna biru laut bersama kuning dengan porsi 50:50. Seperti menggunakan cat warna ombak di sisi dinding sebelah kanan dan menambahkan cat warna kulit lemon di bagian dinding satunya.

Kemudian tambahkan beberapa hiasan dinding seperti bingkai berwarna kuning mustard.

Jangan lupa untuk meletakkan sofa turunan warna biru untuk membuatnya tampak sempurna. Kamu juga bisa menambahkan bantal warna kuning polkadot.

Padukan dengan Putih agar Elegan

dekorasi warna biru laut di rumah
Foto: www.pinterest.com/Naveen | The Design Souk

Jika ingin membuat ruangan menjadi lebih elegan, maka kamu tak selalu harus mengaplikasikan warna biru pada dinding.

Sebab terdapat banyak cara lain untuk menerapkan perpaduan yang satu ini, seperti menggunakan warna laut pada beberapa furnitur yang ada di dalam ruangan.

Mulai dari menggunakan sofa warna langit, kemudian membiarkan area dinding diwarnai putih yang bersih. Kamu juga bisa menambahkan gorden warna abu-abu untuk menambah kesannya agar tampak mewah.

Tak hanya satu, terdapat furnitur lain berwarna biru yang bisa ditambahkan. Seperti rak gantung dan bantal sofa misalnya.

Terapkan pada Dapur Supaya Lebih Rileks

terapkan pada dapur supaya lebih rileks | | 7 Inspirasi Menghias Rumah dengan Warna Biru Laut
Foto: www.pinterest.com/Better Homes and Gardens

Selain menerapkan pada kamar tidur dan ruang tamu, kamu juga bisa mengaplikasikan warna ini ke dalam dapur. Hal ini dapat membantu suasana ruang memasak menjadi lebih rileks dan menyenangkan.

Untuk mencoba trik tersebut, kamu bisa menggunakan kabinet warna biru navy kemudian menambahkan beberapa peralatan dapur berwarna putih supaya terlihat lebih netral.

Tak lupa untuk menambahkan tanaman hias berwarna hijau yang dapat membuatnya terlihat semakin alami.

Perpaduan yang satu ini dijamin akan meningkatkan suasan rileks saat memasak, sehingga kamu dan anggota keluarga lain bisa memasak bersama di akhir pekan.

Tambahkan Merah Mudah agar Tidak Membosankan

tambahkan merah muda agar tidak membosankan | | 7 Inspirasi Menghias Rumah dengan Warna Biru Laut
Foto: www.pinterest.com/Inmod

Supaya tidak terasa membosankan saat menggunakan warna biru pada ruangan, maka kamu bisa mencoba untuk menambahkan merah muda. Nantinya penambahan pink ini dapat membuat hunian terasa lebih nyentrik.

Seperti menggunakan hiasan dinding yang didominasi oleh warna pink Fanta dan meletakkanya pada dinding yang dilapisi cat warna biru navy. Penambahkan merah muda yang satu ini, memiliki peran besar untuk meramaikan ruangan.

Selain itu, kamu bisa menambahkan rak gantung putih sebagai warna penyeimbang antara warna blueberry dan merah muda ini. Kombinasi ketiga warna ini akan membuat ruangan menjadi lebih menarik dan pastinya terasa nyaman.

Jangan Ragu untuk Mengombinasikan dengan Ungu

jangan ragu untuk mengombinasikan dengan ungu | | 7 Inspirasi Menghias Rumah dengan Warna Biru Laut
Foto: www.pinterest.com/Carla Aston

Meski termasuk ke dalam warna netral, namun menambahkan biru pada ruangan terkadang tidak membuatnya terlihat elegan. Namun jika kamu ingin memberikan suasana yang mewah, maka jangan ragu untuk menambahkan ungu ke dalamnya.

Sebab, warna bunga lavender ini memang dikenal memiliki nuansa yang glamor. Oleh karenanya kamu bisa mencoba untuk menggunakan sprei biru laut. Kemudian menambahkan lampu tidur berwarna ungu yang bisa menambah dekorasi ruangan.

Agar semakin terasa elegan, kamu juga bisa menambahkan sedikit aksen perak. Seperti meletakkan karpet warna silver yang dapat menjadikannya tampak semakin sempurna.  

Buat Gradasi Warna

buat gradasi warna | | 7 Inspirasi Menghias Rumah dengan Warna Biru Laut
Foto: www.pinterest.com/Casa e Festa

Jika kamu merupakan pecinta biru garis keras, maka tidak ada salahnya untuk membuat ruangan menyerupai lautan berwarna biru. Namun supaya tidak terkesan berlebihan maka kamu harus menerapkan teknik gradasi.

Kamu bisa menggunakan berbagai warna biru sehingga memberi gradasi, misalnya seperti memilih cat dinding warna langit. Maka tambahkan furnitur seperti sofa dan rak gantung dengan warna navy.

Semakin banyak variasi warna biru yang ditambahkan, maka semakin menarik kombinasi yang dihasilkan.