Saking Minimalis Perawatannya, Tanaman Hidup Ini Seperti Palsu

tanaman hidup
Foto: www.istockphoto.com

Asli atau palsu? Pastinya, tanaman-tanaman ini asli, tapi saking tidak membutuhkan banyak perawatan, tanaman ini seperti palsu. Oleh karenanya, jangan ragu memasukkannya ke dalam rumah, apalagi menghiasi rumah yang selama beberapa minggu belakangan ini juga menjadi ruang kantor. Berikut adalah tanaman hidup dengan perawatan minimalis.

Tanaman Zamioculcas

Sekilas memandang, tanaman ini seperti tanaman palsu. Soalnya, daunnya berkilau dan keras seperti lilin. Apalagi dari sisi perawatan, saking gampangnya dirawat tanaman ini seperti palsu. Namun, tanaman ZZ adalah tanaman hidup dan cepat tumbuh. Oleh karena tidak membutuhkan banyak sinar dan air, kamu bisa meletakkkannya di ruangan gelap.

tanaman hidup
@jualmonstera – ZZ Plant

Lidah Mertua

Nama cantiknya sanseveria, tapi biasa disebut snake plant atau juga lidah mertua. Sama seperti tanaman ZZ, lidah mertua juga membutuhkan “kasih sayang” yang minimalis, baik dalam bentuk sinar matahari atau air. Bahkan meski kamu lupa mengairinya atau meletakkannya di ruangan yang minim cahaya, tanaman ini akan tetap tumbuh.

tanaman hidup
Olon Shop – Snake Plant Jenis Sansevieria Trifasciata

Tanaman Nolina

Apakah kamu orang yang super sibuk? Makan saja sering tidak punya waktu, apalagi memberikan perhatian pada tanaman? Tapi kamu ingin punya tanaman hijau dan cantik di rumah? Nah, ini adalah jawaban dari keinginanmu itu. Tanaman ini hanya membutuhkan satu-dua kali penyiraman dalam dua minggu.

tanaman hidup
Rancupid Farm – Ponytail Palm

Christmas Cactus

Oleh karena kaktus memang tanaman yang sudah terbiasa dengan lingkungan keras, jadi sepertinya mereka akan baik-baik saja jika ada di rumahmu.Tidak membutuhkan air yang banyak, tapi pastikan tanaman ini mendapat sinar matahari yang cukup. Dan tidak seperti kaktus lain, tipe ini tidak memiliki duri-duri di daunnya.

tanaman hidup
Karcare – Purple Christmas Cactus

Sirih Gading Philodendron

Dalam bahasa Inggris disebut heartleaf philodendron, dan seperti namanya daunnya memang berbentuk hati dengan cabang tanaman yang kurus. Tanaman ini bisa menolerir tempat dengan cahaya minimalis dan tetap hidup bahkan ketika pemiliknya lupa memberikan air.

tanaman hidup
Mama Berry Shop – Philodendron Hederaceum Brazil Heartleaf

Sirih Gading Kuning

Yep, tanaman satu ini juga termasuk dalam kelompok philodendron, sehingga bisa dipastikan tidak memerlukan perawatan super teliti. Di habitat alami mereka, tanaman ini biasanya tumbuh di hutan lebat sehingga memang tidak terpapar sinar matahari yang banyak. Jadi, memang cocok untuk apartemen atau rumah yang hanya punya satu jendela.

tanaman hidup
Habitart Nursery – Epipremnum Aureum/ Pothos ‘Marble Queen’

Dracaena Warneckii

Namanya mungkin sulit diingat dan disebut, tapi perawatannya super mudah. Sukulen ini sangat mudah beradaptasi dan bisa hidup dengan cahaya yang sangat sedikit. Dan tidak perlu disiram setiap hari. Dan menurut NASA, tanaman ini sangat ampuh membersihkan udara dari racun-racun yang tidak berguna. Asyik, mau pesan satu, ah!

tanaman hidup
Inkuiri – Dracaena Lemon Lime

Dan ini tanaman hias yang bisa mengurangi stres.

podcast button