7 Desain Kamar Anak yang Bisa Jadi Inspirasimu

desain kamar anak
Foto: www.architecturaldigest.com

Menciptakan ruangan untuk si kecil tidur dan bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus membuat bingung. Tema apa yang harus dipilih? Desain kamar anak dengan penuh imajinasi dan kreativitas tentu menjadi kebutuhan penting untuk membantu anak yang sedang tumbuh dan berkembang. Kamu dapat menciptakan nuansa tertentu sesuai dengan minat dan selera si kecil, namun jangan lupa untuk memaksimalkan ruangan yang ada sehingga ia akan nyaman berada di kamarnya sendiri. 

Butuh inspirasi tema desain kamar anak yang bisa kamu praktikkan? Berikut bocorannya, dan sekaligus petunjuk tahap per tahap cara mendesain kamar anak.

7 Pilihan Tema Desain Kamar Anak

Menyesuaikan kamar anak dengan sesuatu yang sedang ia sukai merupakan hal yang penting. Kamu dapat mencoba meningkatkan imajinasi anak dengan memilih tema-tema tertentu. Berikut 7 desain yang dapat kamu tiru untuk kamar anak.

Tema Toy Story

desain kamar anak
Foto: www.pinterest.com/Pottery Barn Kids

Jika si kecil senang menonton film Toy Story, kamu dapat mendesain kamar anak dengan tema ini. Tema Toy Story akan cocok untuk desain kamar anak laki-laki maupun perempuan. Kamu dapat menambahkan stiker dinding dari semua tokoh dan gunakan seprai dengan tema serupa. Jangan lupa untuk menambahkan boneka serta action figure Toy Story untuk membuat kamar si kecil seperti berada di dunia Toy Story.

Tema Sirkus

Foto: www.pinterest.com/KiDs InTeRiOrS

Biasanya anak-anak akan senang ketika menonton pertunjukan sirkus. Untuk itu kamu bisa menyulap kamar anak seperti di arena sirkus. Tambahkan tirai di atas ranjang si kecil guna menyerupai tenda sirkus. Selain itu kamu bisa menambahkan untaian kertas dengan warna merah putih. Jangan lupa untuk meletakkan mainan seperti bola dan hula hoop

Baca Juga :  12 Tanaman Bonsai Unik yang Akan Mempercantik Rumahmu

Tema Galaksi

desain kamar anak
Foto: www.pinterest.com/Wildlings Interior

Tema ini dapat membantu anak untuk lebih mengenal dunia luar angkasa. Kamu dapat menambahkan stiker dinding dengan tema galaksi dan astronot. Selain itu cobalah untuk menambahkan miniatur seperti teropong, pesawat, atau roket luar angkasa. Kamu juga bisa mengganti seprai dan tirai dengan motif bintang. 

Tema Lego

Foto: www.pinterest.com/Apartment Therapy

Jika si kecil gemar bermain LEGO, kamu bisa menerapkan mainan ini untuk dekorasi kamar anak. Kamu bisa meletakkan potongan-potongan LEGO raksasa yang ditempelkan di dinding atau tambahkan perabotan dengan warna khas LEGO yakni merah, kuning, dan hijau. Tak hanya itu, cobalah tambahkan stiker dinding dengan tema serupa.

Tema Hutan

desain kamar anak
Foto: www.pinterest.com/Bebe au Lait

Kamu dapat meningkatkan imajinasi si kecil dengan memberikan nuansa hutan yang penuh petualangan. Cobalah memilih tempat tidur tingkat dan gunakan area bawah untuk menggantung hammock. Kamu juga dapat menambahkan furnitur pohon mainan atau pilihlah stiker dinding bergambar pohon. Tak hanya itu, pilihlah dekorasi dengan warna hijau dan cokelat

Tema Princess

desain kamar anak
Foto: www.pinterest.com/The Playtime Company

Setelah menonton film princess, biasanya anak perempuan akan senang untuk memiliki pernak-pernik yang menyerupai princess. Kamu bisa menghadirkan nuansa negeri dongeng di kamar si kecil dengan memilih ranjang tidur berbentuk kereta kuda. Selain itu tutuplah salah satu dinding dengan wallpaper pemandangan istana. 

Tema Indian

Foto: www.pinterest.com/furnituree.knitpic.site

Selain tema hutan, nuansa petualangan juga dapat kamu terapkan ketika mendesain kamar si kecil dengan tema perkampungan ala suku Indian. Kamu dapat menggunakan tenda yang khas dari suku Indian, yang biasa disebut teepee. Cobalah untuk meletakkan kasur di dalam teepee. Selain itu tambahkan dekorasi dengan warna coklat supaya nuansa Indian semakin lekat. 

Cara Mendesain Kamar Anak

Setelah menentukan tema untuk desain kamar anak, ada beberapa cara yang bisa kamu tiru untuk menciptakan ruang bagi si kecil bermain dan beristirahat.

Baca Juga :  11 Tanaman Indoor yang Menyejukkan dan Menenangkan Rumah

1. Buat sederhana

Akan lebih baik meminimalisir dekorasi dan perabotan untuk di kamar anak. Hal ini dapat menciptakan lebih banyak ruang, sehingga anak lebih leluasa untuk bermain di kamar. 

2. Ramah anak

Kamu bisa memilih perabotaan yang sesuai dengan usia anak, seperti tempat sampah berukuran kecil, rak yang terbuka, serta tempat tidur yang tidak terlalu tinggi. Maka anak akan lebih mudah untuk mengaksesnya. 

3. Fokus pada permainan

Untuk membuat ruangan yang disukai si kecil, kamu dapat mnambahkan beberapa mainan yang paling ia sukai. Kamu dapat membuat ayunan di dalam kamar atau menempatkan rangka tempat tidur yang unik. Selain itu kamu juga dapat memajang hasil gambar favoritnya di dinding. 

4. Ciptakan ruang imajinasi

Cobalah untuk menanamkan imajinasi ke dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa meletakkan untaian lampu LED dan pernak-pernik bintang yang diletakkan di langit-langit kamar, sehingga seperti memberikan kesan petualangan di galaksi. 

5. Manfaatkan ruangan

Jika memiliki ruangan yang kecil dan sempit, kamu dapat memanfaatkan ruangan dengan menggunakan perabotan yang multifungsi. Seperti tempat tidur loteng yang area bawahnya dapat digunakan sebagai tempat bermain. Selain itu kamu dapat menempatkan barang-barang di dalam satu lemari supaya tidak terlihat berantakan. 

6. Pilihan warna

Untuk kamar anak, pilihlah warna yang disukai oleh si kecil. Kamu juga dapat mengecat ulang seluruh ruangan dalam beberapa tahun ke depan, karena belum tentu si kecil akan terus menyukai warna itu.  Buatlah sesuai keinginannya supaya ia nyaman berada di kamar.

7. Ajak anak berkreasi

Jika memiliki ruangan yang luas, kamu dapat menambahkan area terpisah untuk mengajak si kecil berkreasi. Ajaklah anak untuk membuat seni kerajinan dan biarkan mereka memajang kreasi tersebut. 

Baca Juga :  11 Detail Ini Bisa Membuat Desain Rumahmu Terlihat Mewah

Selanjutnya: Tips Mendesain Kamar Tidur agar Lebih Nyaman.