22 Perlengkapan Make Up Pengantin yang Wajib Kamu Miliki

make up pengantin
Foto: www.freepik.com

Selain menyelesaikan urusan gaun dan sepatu, terdapat satu hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan ketika mempersiapkan pernikahan, yakni make up pengantin. Karena pastinya kamu harus tampil dengan sempurna dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Meski biasanya urusan riasan akan dialihkan pada penata rias profesional, namun untuk menghadapi situasi darurat atau kesalahan riasan, maka sebaiknya kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan make up pengantin.

Selain itu, seperangkat produk dan aksesoris ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Berikut 22 peralatan riasan yang wajib kamu miliki.

Perlengkapan Make Up Pengantin

make up pengantin
Foto: www.canva.com

Air mawar

make up pengantin
Foto: www.canva.com

Memiliki kondisi kulit yang baik merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan riasan yang sempurna. Untuk itu, kamu bisa menggunakan air mawar yang digunakan sebagai toner alami. Produk ini berfungsi untuk menghidrasi kulit dan membuatnya terasa segar sepanjang hari.

Tabir surya

Foto: www.rawpixel.com

Selain itu, penggunaan sunscreen juga menjadi produk make up pengantin yang paling penting. Karena tabir surya ini dapat melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari, apalagi jika kamu berencana untuk menikah di siang hari pada musim panas.

Pelembap

make up pengantin
Foto: www.canva.com

Untuk mencegah make up yang akan terlihat cakey, maka kamu bisa menggunakan pelembap yang dapat menghidrasi sekaligus membuat permukaan kulit terasa halus. Selain itu, produk ini juga bisa membantu riasan agar terlihat lebih rata.

Primer

Foto: www.freepik.com

Sebelum membubuhkan produk make up yang berat seperti foundation dan concealer, penggunaan primer merupakan salah satu langkah penting yang tidak boleh terlewat. Karena nantinya produk ini akan membuat kulitmu terasa halus, sehingga riasan dapat diaplikasikan dengan mudah.

Tak hanya itu, primer juga berfungsi sebagai lapisan pelindung antara kulit dan produk riasan, sehingga mencegah munculnya jerawat. Pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit, baik itu kering, berminyak, atau sensitif.

Foundation

Foto: www.canva.com

Seperti namanya, foundation berfungsi sebagai dasar dari riasan pengantin. Karena make up akan terasa tidak lengkap ketika tidak menggunakan produk ini. Pilihlah alas bedak yang sesuai dengan jenis dan warna kulitmu. Karena riasan akan tampak sempurna jika terlihat alami dan tidak berlebihan.

Concealer

make up pengantin
Foto: www.canva.com

Concealer merupakan sahabat terbaik bagi pengantin wanita. Riasan ini dapat membantumu untuk menyembunyikan noda, komedo, serta jerawat. Selain menyamarkannya, produk ini juga dapat mencerahkan area tersebut, sehingga akan membuatmu terlihat lebih fresh.

Bedak tabur

Foto: www.freepik.com

Tambahan make up pengantin yang bisa kamu gunakan adalah bedak tabur. Jenis riasan yang satu ini akan memastikan riasanmu memiliki hasil akhir yang matte sehingga bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit.

Contour

Foto: www.canva.com

Untuk membuat wajahmu memiliki tampilan yang lebih ramping dan tajam, maka cobalah untuk mengaplikasikannya pada bagian rahang. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat hidung menjadi lebih mancung dengan menggunakan produk yang satu ini. Namun pastikan kamu tidak menggunakannya secara berlebihan.

Highlighter

make up pengantin
Foto: www.freepik.com

Di hari yang spesial ini, kamu pasti akan menjadi pusat perhatian banyak orang. Untuk membuat wajah semakin terlihat sempurna dan bercahaya, penggunaan highlighter pun tidak boleh terlewatkan. Cukup aplikasikan produk ini pada batang hidung, tulang pipi, tulaang alis, dan lengkung cupid bibirmu dengan secukupnya.

Blush

Foto: www.xframe.io

Meski di hari pernikahan ini kamu akan terus tersenyum bahagia dan memiliki rona merah alami pada wajah, namun tidak ada salahnya untuk mempertahankan warna  tersebut sepanjang hari. Blush on pun menjadi perlengkapan makeup pengantin yang wajib untuk digunakan. Sebab, produk ini akan menambahkan kecerahan dan rona cantik pada pipimu.

Brush

make up pengantin
Foto: www.canva.com

Hal paling penting yang diperlukan untuk riasan adalah menyiapkan brush berbagai ukuran. Karena terdapat berbagai macam kuas yang digunakan untuk riasan mata, perona pipi, highlight, atau alas bedak. Pilihlah kuas yang berkualitas agar memudahkanmu ketika ingin mengaplikasikan produk make up.

Beauty blender

Foto: www.canva.com

Produk ini sangat berguna untuk memadukan foundation, concealer, atau produk cairan lainnya agar bisa menempel sempurna pada wajah. Pilihlah beauty blender yang memiliki kualitas tinggi supaya riasan bisa menyebar dengan rata.

Eye primer

Foto: www.canva.com

Sama seperti primer biasanya, eye primer juga menjadi item yang penting untuk riasan mata. Produk ini bekerja untuk memastikan bahwa eye shadow-mu tetap berada di tempatnya dan tidak terlihat berkerut.

Eye shadow palette

make up pengantin
Foto: www.canva.com

Palet yang ideal memiliki perpaduan yang baik antara riasan metalik, shimmery, nudes, dan warna gelap  untuk menciptakan tampilan dan kontur mata yang bervariasi.

Eye liner

make up pengantin
Foto: www.freepik.com

Dari semua riasan yang ada, area mata menjadi bagian tersulit untuk diaplikasikan. Karena banyaknya gaya yang bisa kamu terapkan, mulai dari bersayap, kucing, grafis, atau tampilan yang alami. Selain hitam, kamu juga bisa bereksperimen dengan warna lain.

Penjepit bulu mata

Foto: www.freepik.com

Jika kamu tidak senang menggunakan bulu mata palsu, maka berinvestasilah dalam penjepit bulu mata. Nantinya alat ini akan menarik bulu matamu ke atas sehingga membuatnya terlihat lebih panjang dan bervolume.

Maskara

make up pengantin
Foto: www.freepik.com

Maskara dapat digunakan untuk menggelapkap dan menebalkan bulu mata alami. Produk ini akan menambah panjang dan bervolume, sehingga nantinya bulu mata akan tampak lebih penuh dan menarik perhatian. Untuk makeup pengantin, pilihlah maskara tahan air yang tahan sepanjang hari.

Pensil alis

Foto: www.freepik.com

Pensil alis juga harus masuk ke dalam daftar produk make up pengantin. Karena nantinya item ini akan menggelapkan dan menonjolkan riasan mata yang lebih maksimal. Pilihlah wwarna pensil alis yang sesuai dengan warna alis alami.

Bulu mata palsu

make up pengantin
Foto: www.freepik.com

Jika kamu menyukai tampilan yang dramatis, maka tambahkan bulu mata palsu pada perlengkapan make up pengantin. Pilihlah bulu mata yang berkualitas tinggi dan tahan lama agar bisa digunakan kembali pada acara selanjutnya.

Lipstick

make up pengantin
Foto: www.xframe.io

Hampir semua orang mencintai lipstick, karena kebanyakan tidak bisa pergi tanpa menggunakan pewarna bibir, termasuk pengantin. Produk ini akan membuat seluruh tampilanmu menjadi sempurna. Dari banyaknya perona bibir yang beredar di pasaran, kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Hand cream

Foto: www.canva.com

Karena akan berhadapan dengan banyak orang, kamu juga perlu menjaga bagian tangan agar tetap indah. Penggunaan hand cream pun bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat tanganmu terasa lebih lembut dan terhidrasi dengan baik.

Setting spray

Foto: www.freepik.com

Ketika semua riasan telah menempel dengan baik dan membuat wajahmu tampak lebih flawless, maka gunakan setting spray yang berfungsi untuk memastikan riasanmu tetap berada pada tempatnya. Sebab, produk ini benar-benar akan mengunci make up pengantin sehingga kamu tidak perlu khawatir riasan menjadi luntur selama acara berlangsung.

Tips Mendapatkan Make Up yang Sesuai Keinginan

make up pengantin
Foto: www.freepik.com

Memilih make up artist

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan makeup pengantin adalah meminta bantuan dari penata rias profesional. Apalagi jika kamu pemula dalam penggunaan riasan dan ingin tampil beda di hari yang spesial. Nantinya make up artist ini akan membantumu untuk memiliki style yang sesuai dengan keinginan.

Ikuti make up trial

Setelah mendapatkan bantuan dari penata rias professional, kamu disarankan untuk mengikuti makeup trial. Cobalah untuk memberikan referensi gaya riasan yang diinginkan. Selama mengikuti sesi ini, perhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh make up artist untuk menyelesaikan riasan.

Sehingga nantinya kamu bisa memperkirakan dan menyediakan waktu yang cukup saat hari spesial tersebut tiba.

Siapkan peralatan tambahan

Setelah mengetahui berbagai macam produk yang digunakan oleh sang make up artist, maka kamu bisa mencari tahu produk tersebut secara lebih lanjut. Kemudian, cobalah untuk membelinya dan menggunakannya saat hari-H untuk keperluan touch up.