5 Jenis Base Make Up Untuk Membuat Wajah Lebih Flawless

base make up
Foto: www.freepik.com

Karena riasan menjadi salah satu hal yang sulit terlepas dari banyak orang, maka sangat penting untuk memperhatikan cara pemakaiannya dengan benar. Salah satu yang tidak boleh ketinggalan untuk digunakan adalah base make up yang menjadi langkah awal untuk merias wajah.

Fungsi dari base make up ini sendiri umumnya untuk memperbaiki tampilan pori, tekstur, dan warna kulit yang tidak rata. Selain itu, produk ini juga dapat membuat riasan dapat menempel lebih lama.

Namun terdapat berbagai jenis base makeup yang ada di pasaran, sehingga kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya.

Jenis Base Make Up

base make up
Foto: www.freepik.com

Berikut lime jenis base makeup yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Primer

Primer menjadi salah satu base make up yang tidak boleh dilewatkan penggunaannya. Soalnya, produk ini dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan membuat riasan menempel lebih lama.

Ketika membeli primer, biasanya kamu akan ditawarkan berbagai varian warna dengan fungsi yang berbeda-beda. Jika ingin menutupi warna kulit yang tidak rata, pilihlah primer yang sesuai dengan tone kulit, atau bisa juga menggunakan warna hijau.

Sementara untuk membuat penampilan wajah terasa lebih segar, cobalah menggunakan warna merah muda. Dan untuk mencegah wajah agar tidak terlihat kusam dan kemerahan, disarankan agar memilih primer kuning.

Foundation

Untuk membuat wajah terlihat lebih sempurna, kamu bisa memanfaatkan fungsi dari foundation.

Sebab, produk dasar ini memiliki manfaat yang beragam, mulai dari meratakan warna kulit, mengurangi tampilan pori-pori, dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Untungnya, terdapat berbagai jenis foundation yang bisa kamu gunakan.

Mulai dari bentuknya yang bubuk yang akan memberikan hasil akhir matte, hingga berbentuk krim yang mengandung minyak tinggi dan memberikan full coverage.

Pastikan kamu telah memilih warna yang tepat, karena ini bisa memengaruhi penampilan wajah. Sangat disarankan untuk mencocokkannya dengan undertone kulit, dan menggunakan warna yang satu hingga dua tingkat di atas warna kulit.

Concealer

Meski teksturnya hampir serupa dengan foundation, namun concealer memiliki fungsi yang berbeda. Produk ini hanya digunakan untuk menutupi flek hitam, kemerahan, dan noda bekas jerawat, sehingga bisa memperbaiki kinerja foundation.

Sama seperti foundation, produk ini juga hadir dalam berbagai bentuk. Baik itu berbentuk stik, roll, bubuk, hingga yang menyerupai bedak padat.

Kamu bisa menyesuaikannya dengan selera, dan pastinya pilih warna yang sesuai dengan kulit.

BB Cream

Menggabungkan manfaat dari make up dan skincare, produk ini juga mengandung foundation, primer, dan concealer. Keunggulan dari BB cream adalah bisa meringkas tahapan perawatan wajah ketika kamu akan menggunakan riasan.

Baca Juga :  10 Peralatan Make Up Wajib Punya Untuk Dandanan Yang Sempurna

Supaya penggunaannya memberikan fungsi yang maksimal, maka disarankan untuk memerhatikan kandungan yang ada di dalam produk. Dan pilihlah yang cocok dengan kondisi kulit yang kamu miliki.

Untuk kulit yang kering, pilih kandungan hyaluronic acid dan kolagen. Sedangka pada kulit berminyak dan berjerawat, gunakan produk yang mengandung BHA atau non-komedogenik.

Tak lupa, untuk memilih warna yang sesuai dengan undertone kulit. Agar nantinya bisa membuat kulit terlihat lebih sempurna.

Selain BB cream, kamu juga bisa menggunakan BB cushion yang memiliki manfaat serupa. Namun perbedaannya, produk ini memiliki bentuk seperti bedak padat.

Sehingga akan lebih mudah untuk digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Face powder

Umumnya, face powder atau finishing powder digunakan pada tahapan terakhir dalam base make up. Karena biasanya diaplikasikan setelah kamu menggunakan foundation, BB cream, atau concealer.

Fungsi dari produk ini agar riasan lebih tahan lama dan tampak sempurna. Bedak ini biasanya dihadirkan dalam dua bentuk, yakni padat dan tabur.

Untuk hasil yang natural, kamu bisa menggunakan bedak tabur. Sedangkan bedak padat berperan untuk menyamarkan tampilan pori-pori wajah dan tekstur kulit.

Tidak ketinggalan, pemilihan face powder juga harus disesuaikan dengan warna kulit dan produk dasar riasan.

Soalnya jika shade foundation dan bedak tidak sesuai, nantinya riasan akan terlihat kurang pas dan kulit akan berubah warna menjadi keabu-abuan.

Cara Memilih Base Makeup

base make up
Foto: www.freepik.com

Untukmu yang baru terjun ke dunia make up, maka perlu diingat bahwa kunci dari riasan yang flawless adalah pemilihan base makeup yang tepat.

Pilih jenisnya

Karena terdapat berbagai jenis, maka kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan selera. Meski sama-sama digunakan untuk riasan dasar, namun fungsinya berbeda-beda.

Oleh karenanya, kamu bisa memilih untuk menggunakan primer, concealer, foundation, BB cream, atau face powder.

Perhatikan pemilihan warna

Setelah memilih jenis riasan dasar yang akan digunakan, pastikan kamu juga mempertimbangkan shade yang tepat. Sebab hal ini dapat memengaruhi penampilan make up.

Disarankan untuk mencoba mengoleskan produk pada bagian rahang atau area di antara dagu dan leher. Hal ini bertujuan untuk menemukan warna yang tepat, dan pilihlah shade yang paling mendekati warna kulit.

Mempertimbangkan daya coverage

Daya coverage juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pilihlah produk yang dapat menyamarkan noda hitam, pori-pori besar, dan kerutan di wajah.

Setelah menyamarkan tanda-tanda tersebut, nantinya kulit akan lebih terlihat lebih halus dan merata. Biasanya daya coverage dari riasan dibagi menjadi tiga, yakni sheer coverage, medium coverage, dan full coverage.

Jika kamu ingin mendapatkan riasan yang natural, disarankan untuk memilih medium coverage. Namun jika membutuhkan tekstur yang ringan maka pilihlah sheer coverage.

Sedangkan untuk tampil di acara formal, ada baiknya untuk menggunakan produk full coverage.

Perhatikan hasil akhir

Biasanya setiap produk akan menawarkan hasil akhir yang berbeda-beda. Untuk pemilik kulit berminyak, sebaiknya memilih base makeup yang memberikan hasil akhir matte.

Sementara pemilik kulit kering, cobalah untuk memilih produk dengan efek dewy yang akan memberikan kesan lembap.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Bedak Tabur Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Pilih yang mengandung tabir surya

Untukmu yang sering beraktivitas di luar ruangan, sangat dianjurkan untuk memilih produk yang mengandung tabir surya.

Meski biasanya sunscreen digunakan sebelum kamu mengaplikasikan riasan, namun bisa juga jika ingin menggunakan riasan yang mengandung tabir surya di dalamnya.

Sebab, paparan sinar matahari secara terus-menerus bisa menimbulkan berbagai masalah kulit. Oleh karenanya, kamu perlu melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya.

Rekomendasi Produk

Dior Diorsnow Brightening Makeup Base Color Correction SPF35 PA+++

Ingin memiliki wajah yang bercahaya secara instan? Jangan khawatir, karena kamu bisa menggunakan produk yang satu ini.

Soalnya, Dior Diorsnow Brightening Makeup Base Color Correction SPF35 PA+++ dapat memperbaiki ketidaksempurnaan kulit dan membuatnya terasa ringan untuk digunakan.

Produk ini menawarkan tiga varian warna yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kondisi kulit.

Too Faced Major Hangover Bigger Is Better Face Primer

Selain berfungsi sebagai base makeup, primer ini juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membantunya agar lebih terhidrasi dengan baik. Nantinya kulit akan terasa lebih halus dan lembut.

Beruntungnya, produk ini bisa membuat riasan agar menempel lebih lama di kulit. Sehingga kamu bisa terus tampil flawless sepanjang hari.

Benefit Cosmetics The Porefessional Lite Primer

Pemilik kulit berminyak dan kombinasi, tidak disarankan untuk melewatkan penggunaan produk yang satu ini.

Soalnya Benefit Cosmetics The Porefessional Lite Primer terasa sangat ringan dan bisa meminimalkan tampilan pori-pori wajah.

Yang paling menarik, primer ini dapat membantu riasan bisa bertahan selama 12 jam.

Bobbi Brown Intensive Serum Foundation SPF40 PA++++

Alas bedak ini mengandung 26 bahan yang dapat menghaluskan, mencerahkan, dan menyempurnakan wajah dengan cepat. Selain itu, kulit pun akan lebih ternutrisi dengan baik.

Karena bahan-bahan tersebut, nantinya riasan akan menempel pada wajah selama 12 jam. Sehingga akan cocok untuk digunakan ketika akan menghadiri acara formal.

Kose Sekkisei Supreme Makeup Base

Produk ini memiliki fungsi untuk menjadikan kulit agar terasa lebih lembap dan membuatnya terlihat cerah. Karenanya, riasan pun akan terlihat lebih sempurna.

Pastikan kamu menggunakannya setelah mengaplikasikan produk perawatan wajah, agar kulit telah siap menyambut riasan yang akan dibubuhkan.