Panduan Lengkap Menghilangkan Komedo dari Seorang Dermatolog

Menghilangkan Komedo
Foto: www.istockphoto.com

Munculnya komedo pada wajah tentunya akan terasa menyebalkan, karena tumpukan minyak dan kotoran ini dapat mengganggu penampilan wajah. Untuk itu kamu ingin segera mengatasinya agar tidak berubah menjadi jerawat yang meradang. Namun pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan komedo tersebut?

Untukmu yang ingin mengetahui cara menghilangkan komedo yang tepat, maka simak penjelasan dari dr. Ruri D. Pamela, Sp.KK, seorang Spesialis Kulit dan Kelamin dari RS Dr. Suyoto Kemhan dan CELV Dermatology Clinic Jakarta yang akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi komedo.

Apa Itu Komedo?

Menghilangkan Komedo
Foto: www.freepik.com

“Komedo sebetulnya juga termasuk ke dalam jerawat yang tidak meradang atau acne non-inflamasi. Hal ini muncul akibat tumpukan dari kelenjar minyak atau sebasea yang tersendat, kotoran dari lingkungan luar, dan juga jaringan kulit mati yang ada pada wajah kita sendiri. Komedo bisa terjadi akibat tumpukan ini (minyak, kotoran, dan sel kulit mati) lebih besar dibandingkan saluran keluarnya, sehingga membentuk sebuah bendungan atau blockage di daerah tersebut,” jelasnya.

Pada dasarnya komedo terbagi menjadi dua, yakni komedo hitam dan putih. Berikut perbedaannya:

  • Komedo putih adalah sumbatan yang tertutup di bawah kulit dan tidak memiliki saluran keluar, sehingga tidak terpapar oleh udara.
  • Komedo hitam merupakan sumbatan yang memiliki saluran keluar dan terpapar oleh udara, sehingga mengalami oksidasi yang menyebabkan warnanya menjadi gelap.

Apa Penyebab Munculnya Komedo di Wajah?

Foto: www.pexels.com

Menurut Dokter Ruri, munculnya komedo sebetulnya tidak normal, karena menandakan adanya “penumpukan minyak, kotoran, dan kulit mati yang berkumpul di titik tertentu pada kulit kita,” ujarnya.

Salah satu penyebab tersumbatnya  pori-pori wajah adalah penggunaan makeup tebal, seperti foundation. “Biasanya kalau setelah heavy makeup, banyak muncul komedo. Salah satu reaksi iritasi atau hipersentivitas terhadap bahan yang ada di produk riasan adalah munculnya jerawat,” paparnya.

Komedo yang dibiarkan dan mengalami peradangan, nantinya akan berkembang menjadi jerawat inflamasi (meradang). Jika inflamasi bertambah berat, maka bisa menyebabkan risiko scar atau jaringan parut. ”Scar ini juga akan membuat saluran keluar menjadi lebih lebar dan tampak sebagai pori-pori yang membesar,” ujar Dokter Ruri.

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo?

Menghilangkan Komedo
Foto: www.freepik.com

Rasanya ketika mendapati komedo yang ada pada kulit wajah, kebanyakan orang secara tidak langsung akan menekannya menggunakan tangan. Akan tetapi ternyata hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan.

“Sangat tidak dianjurkan untuk mengeluarkan komedo dengan memencetnya sendiri dengan memakai tangan, karena terdapat risiko yaitu sumbatan yang justru bisa semakin besar. Selain itu, infeksi sekunder dari tangan yang tidak bersih akan membuat jerawat jadi semakin meradang atau bahkan bisa terbentuk kantung di bawah kulit yang dinamakan kista,” ungkapnya.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan komedo?

“Komedo bisa dihilangkan dengan cara dikeluarkan secara steril dan profesional oleh dokter, namanya ekstraksi komedo. Serta bisa juga dengan menggunakan obat oles yang mengandung retinoid,” jawab Dokter Ruri.

Mungkin kamu sering menemui produk pore pack yang bisa menjadi salah satu solusi instan untuk menghilangkan komedo. Namun apakah aman menggunakan produk tersebut?

“Aman saja (untuk digunakan) namun tetap ada risiko alergi, misalnya terhadap bahan patch yang ditempelkan ke kulit. Namun pore pack ini tidak menjamin komedo pasti terangkat semua. Kadang malah tidak ada komedo yang terangkat, melainkan hanya lapisan kulit mati saja yang ikut terangkat,” ujarnya.

Apa Saja Bahan-bahan yang Bisa Digunakan Untuk Menghilangkan Komedo?

Foto: www.freepik.com

Terdapat bahan oles yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan komedo,dan hal ini “sudah terbukti secara ilmiah, yakni dengan menggunakan obat oles yang mengandung retinoid. Penggunaannya pun harus secara teratur,” kata Dokter Ruri.

Selain itu, terdapat bahan lain yang dapat digunakan, seperti tea tree oil. Lalu bagaimana dengan bahan-bahan alami, apakah bisa digunakan untuk menghilangkan komedo?

“Untuk bahan alami, belum tentu berarti aman (digunakan). Cek terlebih dahulu apakah sesuai dengan jenis kulit atau tidak (termasuk sensitif atau resisten). Aloe Vera, licorice, cucumber, serta bahan lainnya yang sering ada di sheet mask boleh dipakai, namun pemilik kulit sensitif tetap harus berhati-hati,” sarannya.

Apakah Bisa Menghilangkan Komedo dalam Waktu yang Singkat?

Menghilangkan Komedo
Foto: www.freepik.com

Menurut Dokter Ruri, “Komedo bisa dihilangkan secara cepat yakni dengan cara dikeluarkan (ekstraksi komedo). Tapi ingat bahwa langkah ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebaiknya harus dilakukan oleh tenaga ahli, karena teknik yang salah justru akan menimbulkan komedo menjadi meradang (inflamasi),” ucapnya.

Sementara ekstraksi komedo itu sendiri merupakan proses pengeluaran komedo dengan menggunakan alat yang dilakukan secara steril dan dengan teknik yang benar. “Umumnya, (ekstraksi komedo) dilakukan berbarengan dengan facial. Hal ini bisa dilakukan sekali dalam sebulan,” tambahnya.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Sebelum mendapati komedo pada kulit wajah, tentunya hal ini bisa dicegah terlebih dahulu yakni dengan cara:

  • Mencuci wajah 2 kali sehari dengan teratur
  • Tidak sering menyentuh kulit wajah
  • Gunakan produk perawatan wajah yang non-komedogenik
  • Jangan terlalu sering menggunakan produk yang bisa menyebabkan sumbatan di pori, seperti foundation, bb cream, atau cc cream

Akan tetapi jika komedo kembali muncul dan justru dalam jumlah yang semakin banyak, maka Dokter Ruri  menyarankan untuk berkonsultasi dokter, “terlebih ketika disertai dengan timbulnya jerawat yang meradang,” tutupnya.

Produk Rekomendasi

Cosrx BHA Blackhead Power Liquid

Chemical exfoliant yang satu ini terkenal dapat membersihkan komedo hitam dan kotoran yang melekat pada pori-pori. Berkat kandungan 4% betaine salicylate yang ada di dalam produk ini, menjadikannya dapat mengeksfoliasi sekaligus menghidrasi kulit, sehingga mencegah munculnya komedo.

Tak hanya itu, produk ini juga mengandung niacinamide yang dapat membantu mencerahkan warna kulit.

Innisfree Jeju Volcanic Blackhead Out Balm

Untuk menghilangkan komedo, kamu bisa menggunakan Innisfree Jeju Volcanic Blackhead Out Balm. Pasalnya produk yang berbentuk balm ini akan berubah menjadi minyak yang lembut ketika diaplikasikan pada kulit saat membersihkan komedo. Setelahnya kamu bisa membilasnya dengan bersih, dan ucapkan selamat tinggal pada komedo.

Origins Clear Improvement Active Charcoal Mask to Clear Pores

Masker wajah yang satu ini dapat membantu membuang racun yang disebabkan oleh kotoran, minyak, atau noda yang bisa menyumbat pori-pori. Berkat arang bambu yang terkandung di dalamnya, tentu produk ini juga mampu menghilangkan minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab munculnya komedo.

Cukup gunakan satu sampai dua kali dalam seminggu untuk membuat pori-pori menjadi lebih bersih, dan mencegah wajah terlihat kusam.

Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Masker bertekstur clay ini memiliki kandungan arang bambu yang dapat secara efektif mengangkat sel kulit mati dan komedo pada wajah. Berkatnya, kulit akan menjadi lebih bersih, kencang, dan bebas dari kotoran. Oleskan masker secara merata pada seluruh bagian wajah, dan biarkan mengering selama 10 menit.

Setelahnya, kamu bisa membersihkan dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka gunakanlah masker ini secara rutin sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Laneige Multi Deep-Clean Cleanser

Pembersih wajah ini diformulasikan khusus dengan enzim papain dan ekstrak bluberry. Berkat kandungan tersebut, Laneige Multi Deep-Clean Cleanser mampu untuk membersihkan make upsun cream, dan debu-debu halus yang dapat menyumbat pori-pori. Hal tersebut tentunya dapat mencegah munculnya komedo dan menjadikan kulit terasa lebih cerah dan bersih.