Selain Bentuknya Yang Unik, Ini 7 Manfaat Salak Untuk Kesehatan

manfaat salak untuk kesehatan
Foto: www.freepik.com

Sebagian besar dari kita memang sudah tidak asing lagi dengan buah salak. Dengan bentuk dan rasanya yang unik, ternyata terdapat manfaat salak untuk kesehatan yang membuatnya disukai oleh banyak orang.

Berikut 7 manfaat salak untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsinya secara rutin dalam jumlah yang cukup.

Apa Itu Buah Salak?

manfaat salak untuk kesehatan
Foto: www.freepik.com

Buah asli Indonesia ini memang memiliki tampilan yang unik, bahkan sering kali disebut sebagai snake fruit. Sebab, kulit dari buah salak menyerupai sisik dengan warna cokelat gelap.

Yang lebih unik, buah eksotis ini memiliki perpaduan dari banyak rasa, seperti nanas, pisang, pir, dan aromanya yang sangat menarik. Teksturnya juga sangat renyah dan memiliki biji yang sangat keras, sehingga tidak bisa dimakan.

Terdapat dua varietas salak yang banyak ditanam di Indonesia, yakni salak pondoh dan salak Bali. Karena rasanya yang lezat dan tinggi akan nutrisi, buah ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari dijadikan sebagai manisan, acar, atau dimakan secara langsung.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

manfaat buah salak untuk kesehatan | | Selain Bentuknya Yang Unik, Ini 7 Manfaat Salak Untuk Kesehatan
Foto: www.unsplash.com

Ini berbagai manfaat buah salak yang baik untuk kesehatan:

Mengandung nutrisi penting

Selain bentuknya unik, salak juga mengandung segudang nutrisi yang penting untuk tubuh. Dalam 100 gram salak, mengandung:

  • Serat:1.4 gram
  • Kalori: 77
  • Protein: 0.7 gram
  • Kalsium: 220 mg
  • Zat besi: 12 mg
  • Kalium: 11.3 mg
  • Asam askorbat: 400 mg
  • Tiamin: 20 mg
  • Niacin: 240 mg
  • Riboflavin: 0.8 mg
  • Folat: 6 mg

Mengandung antioksidan tinggi

Menurut sebuah penelitian, buah salak memiliki kandungan antioksidan. Senyawa ini dapat berperan dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui, radikal bebas yang menumpuk sering dikaitkan sebagai penyebab penyakit kronis, seperti kardiovaskular, rheumatoid arthritis, dan degeneratif neurologis.

Antioksidan ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan tersebut.

Membantu mengontrol diabetes

Manfaat salak untuk kesehatan juga bisa didapatkan bagi penderita diabetes. Salah satunya adalah untuk mengatasi gejala dislipidemia, gejala umum yang sering dikaitkan dengan diabetes mellitus.

Dislipidemia ini merupakan kelainan metabolisme lemak tubuh, di mana glukosa tidak mampu menyediakan energi. Pada pasien diabetes mellitus, pemecahan lemak ini dapat meningkatkan kadar asam lemak bebas, kolesterol, dan trigliserida yang tidak terkontrol.

Oleh karenanya, sangat penting untuk mengontrol kadar lipid bagi pengidap diabetes mellitus.

Untungnya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan menambahkan salak ke dalam pengaturan pola makan dapat membantu meningkatkan kadar lipid pada tubuh.

Melancarkan pencernaan

Berkat kandungan yang ada di dalam salak yang terdiri dari kalsium, serat, antioksidan, dan beberapa nutrisi lainnya, menjadikan buah ini dapat membantu melancarkan pencernaan.

Sehingga tidak jarang beberapa orang mulai mengonsumsi salak untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Membantu mengatasi gejala asam urat

Sebuah studi meunjukkan bahwa buah salak dapat menstabilkan kadar asam urat. Hal ini berkat kandungan xantin oksidase, enzim yang bertanggung jawab untuk menghasilkan oksigen reaktif.

Produksi asam urat yang berlebihan, nantinya akan membentuk kristal yang menumpuk di persendian, yang dapat menyebabkan peradangan dan nyeri.

Kandungan xantin oksidase yang ada di dalam buah salak dapat meringankan gejala yang berhubungan dengan asam urat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat salak untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ini berkat kandungan antioksidan jenis polifenol dan flavonoid yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Selain itu, kulit buah salak yang biasanya dibuang dan dijadikan sebagai limbah ternyata bisa diekstrak karena memiliki bioaktivitas yang tinggi pada sistem kekebalan tubuh.

Oleh karenanya, kamu bisa menambahkan salak ke dalam pengaturan pola makan secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

Menurunkan berat badan

Untukmu yang sedang melakukan diet penurunan berat badan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi salak secara rutin. Soalnya, buah dengan kulit yang bersisik ini mengandung karbohidrat, antioksidan, dan serat.

Di mana serat yang terkandung di dalamnya dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Sementara karbohidratnya dapat membantu menambah energi, dan antioksidannya bisa menghambat penuaan dini pada kulit.

Cara Mengonsumsi Buah Salak

manfaat salak untuk kesehatan
Foto: www.freepik.com

Buah tropis asal Indonesia ini memiliki rasa dan aroma yang lezat. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah salak juga bisa diolah menjadi berbagai macam, mulai dari sirup, selai, hingga keripik. Sehingga sangat mudah untuk memakannya.

Jika ingin mengonsumsi salak secara utuh, terdapat cara yang bisa dilakukan untuk memilih buah salak yang sudah matang, yakni:

  • Pilihlah buah salak yang berbentuk lonjong dengan bagian pucuknya yang meruncing
  • Biasanya buah yang telah matang akan memiliki permukaan kulit yang bersih, mengilap, serta berwarna cokelat kehitaman
  • Perhatikan sisik kulit salak, semakin matang buahnya maka sisiknya akan lebih besar dan tidak rapat
  • Permukaan kulit dari buah yang sudah matang juga terasa halus
  • Pada bagian ujungnya yang meruncing, biasanya akan terasa lebih lunak ketika sudah matang
  • Jangan memilih salak yang mengeluarkan air ketika ditekan bagian ujungnya, sebab ada kemungkinan buah tersebut sudah busuk

Kesimpulan

salak buah asal Indonesia | | Selain Bentuknya Yang Unik, Ini 7 Manfaat Salak Untuk Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Buah asal Indonesia ini memiliki bentuk dan rasa yang sangat unik. Selain itu, terdapat berbagai manfaat salak untuk kesehatan, mulai dari mengandung antioksidan yang tinggi, mengatasi gejala diabetes, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sehingga rugi rasanya jika kamu tidak menambahkan salak ke dalam pengaturan pola makan. Sebab, buah ini sangat mudah untuk dikonsumsi dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan.