10 Rekomendasi Sepatu Badminton Terbaik

sepatu badminton
Foto: www.freepik.com

Apa olahraga yang akhir-akhir ini kamu lakukan? Ketika berolahraga tentunya hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah penggunaan alas kaki. Apalagi jika kamu senang bermain badminton yang pastinya membutuhkan sepatu khusus untuk menunjang performa bermain. Berikut 10 rekomendasi sepatu badminton terbaik yang dapat kamu pilih.

Cara Memilih Sepatu Badminton

Foto: www.freepik.com

Berikut enam tips mudah memilih sepatu badminton.

Sesuaikan dengan ukuran kaki

Hal pertama yang paling tepat untuk diperhatikan adalah memilihnya sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki. Tak hanya dari sisi panjang, kamu juga perlu mempertimbangkan lebar sepatu yang akan digunakan.

Biasanya ukuran lebar akan ditunjukkan dengan label E, 2E, dan 3E. Ukuran E menunjukkan bentuk sepatu yang ramping, sebaliknya 3E berarti sepatu tersebut memiliki desain yang lebar.

Perhatikan kelonggaran sepatu

Selain itu, kamu juga bisa memilih sepatu dengan mempertimbangkan kelonggarannya yang diukur dari ujung kaki bagian depan sampai ujung depan sepatu. Sebaiknya pilih sepatu yang memiliki toleransi ukuran antara 1 sampai 1,5 cm ketika kamu sedang mengenakan kaus kaki.

Hal ini tentu akan membuat jari-jari kaki dapat bergerak dengan bebas untuk memperoleh daya cengkram yang kuat dan stabil.

Akan tetapi bukan berarti kamu harus memilih sepatu dengan ukuran yang lebih besar. Karena jika terlalu besar maka akan membuatmu mudah tersandung.

Pilihlah desain yang sesuai

Sesungguhnya, terdapat beberapa desain sepatu yang bisa kamu pilih, mulai dari bagian upper hingga corak. Cobalah memilih sepatu dengan bagian atas yang tanpa lipatan atau seamless. Karena, alas kaki tersebut didesain tanpa hambatan pada bagian depan, sehingga dapat membuat kakimu terasa bebas ketika bergerak.

Sementara jika kamu ingin sepatu yang ramping, maka desain dengan inner bootie atau bagian lidah dan topline-nya yang tersambung merupakan pilihan tepat untuk digunakan. Pasalnya desain ini akan membuat sepatu menjadi lebih pas pada kaki, dan membuatmu merasa stabil karena tidak ada celah antara pergelangan kaki dengan sepatu.

Desain sol 3D juga bisa kamu pilih ketika ingin menjaga kestabilan kaki ketika bergerak. Sol jenis ini akan membuat kaki bagian bawah menjadi lebih nyaman dan tumit pun akan terasa stabil.

Perhatikan bahan sepatu

Bahan sepatu badminton tentu dapat memengaruhi kenyamananmu ketika menggunakannya. Mesh merupakan bahan yang ringan dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Selain itu, ada juga bahan synthetic fibers yang memiliki daya cengkeram yang kuat dan mudah untuk dibersihkan.

Periksa bagian sol

Sesungguhnya ketika melakukan olahraga bulutangkis, maka kamu memerlukan banyak langkah dan lompatan. Untuk itu, bagian sol merupakan hal wajib yang perlu diperhatikan. Beberapa sepatu badminton memiliki sol dengan tambahan built-in gel yang dapat meredam gerakan keras. Selain itu, terdapat pula produk yang dilengkapi dengan sol tebal.

Untuk itu kamu perlu memilih bagian sol yang tepat untuk membuatmu merasa nyaman ketika menggunakannya.

Pilih desain yang menarik

Terdapat beragam desain sepatu badminton mulai dari berbagai gaya dan warna. Untuk tampil lebih maksimal, gaya dan kombinasi warna sepatu juga dapat disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan. Karena terkadang menggunakan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan tren akan meningkatkan rasa percaya diri ketika berolahraga.

Rekomendasi Sepatu Badminton

Li-Ning Badminton Shoes Cloud Ace Jojo Special Edition

sepatu badminton

Sepatu badminton yang satu ini dirancang dengan bahan dasar kulit sintetis pada bagian atasnya. Sementara material lainnya menggunakan mesh dan TPU yang dapat memperlancar sirkulasi udara ketika bermain. Li-Ning Badminton Shoes Cloud Ace Jojo Special Edition juga dibekali dengan anti-slip yang berfungsi untuk mencegah terjadinya cedera pada kaki.

Flypower Mendut 02

Dirancang dengan perpaduan PU sintetis dan mesh, sepatu badminton ini memiliki desain yang unik yakni dengan motif batik. Tidak hanya itu, outsole yang dibuat dari karet pun tentunya memudahkanmu saat harus melangkah atau melompat ketika bermain.  

Menawarkan dua pilihan warna mulai dari oranye-biru dan citrus-biru tentunya kamu dapat menyesuaikannya dengan pakaian yang digunakan.

Victor A730F AR

sepatu badminton

Victor A730F AR merupakan sepatu kuat dan stabil yang dilengkapi dengan lapisan pelindung. Bagian luar dari kaki juga dirancang dengan kekuatan TPU tinggi sehingga dapat meningkatkan stabilitas ketika adanya perubahan arah atau gerakan yang cepat ketika bermain.

Dilengkapi dengan lembar serat karbon tiga dimensi, menjadikan alas kaki ini dapat memberikan stabilitas pada midsole dan mengurangi ketegangan pada lengkungan kaki.

Victor P9200TD

Mengombinasikan PU leather dan mesh, menjadikan Victor P9200TD dapat kamu pilih ketika ingin membeli sepatu badminton. Pasalnya sepatu ini juga dilengkapi dengan material energymax yang memiliki elastisitas ketika harus bergerak dengan cepat. Tak hanya itu, daya tahan, kekuatan, serta ketahanan bentuk dari sepatu ini juga diformulasikan dengan baik.

Apalagi dengan bentuk U-shape last yang sangat cocok untukmu yang memiliki kondisi ibu jari lebih panjang dibanding jari lainnya.

Yonex Power Cushion Eclipsion Z Ladies

sepatu badminton

Sepatu yang satu ini didesain dengan model inner bootie yang akan membuat kakimu terasa ramping dan pas. Tidak hanya itu, Yonex Power Cushion Eclipsion Z Ladies juga akan melindungi area pergelangan kaki yang tentunya mencegah kakimu terkilir. Dirancang dengan teknologi synchro-fit pada bagian sol dalam, tentunya sepatu ini akan menambah kenyamanan penggunanya.

Asics Court Control FF

Asics Court Control FF merupakan sepatu yang ringan dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan teknologi midsole flytefoam, menjadikan sepatu ini dapat memberikan pantulan yang sempurna ketika bermain. Bagian atas yang dilapisi dengan PU seamless juga mampu menawarkan stabilitas dan fleksibilitas yang nyaman.

Adidas Wucht P3 Unisex Badminton Shoes

sepatu badminton

Adidas Wucht P3 Unisex Badminton Shoes menjadi alas kaki yang tidak boleh terlewatkan ketika kamu ingin membeli sepatu badminton. Pasalnya produk ini terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga akan terasa nyaman untuk digunakan selama bermain.

Yonex Power Cushion Comfort Z 2 Womens

Sepatu ini memiliki double raschel mesh atau jaringan ultra halus yang ringan dan tahan lama, sehingga dapat nyaman digunakan seharian. Keunggulan dari sepatu badminton yang satu ini adalah terletak pada sirkulasi udara yang dibuat delapan kali lebih banyak dibanding dengan kain mesh lainnya.

Tak hanya itu, teknologi power cushion yang digunakan juga akan memberikan dukungan dan sensasi daya pantul yang baik ketika bermain.

Li-Ning RAID III Badminton Sport Shoes

sepatu badminton

Sepatu ini diklaim memiliki bahan yang fleksibel dan ringan, sehingga sangat cocok untuk kamu yang hobi bermain bulutangkis. Kelenturan dan keseimbangan pemain juga menjadi hal yang diperhatikan ketika produk ini dirancang. Dengan menawarkan dua pilihan warna yakni oranye dan abu-abu, maka kamu bisa menyesuaikannya dengan pakaian yang akan dikenakan.

Yonex Power Cushion Aerus 3 Womens

sepatu badminton

Butuh alas kaki yang ringan ketika bermain bulutangkis? Maka cobalah untuk menggunakan Yonex Power Cushion Aerus 3 Womens. Pasalnya sepatu ini memiliki bobot 270 gram dan dilengkapi dengan teknologi round sole, sehingga dapat membuat gerakan kaki menjadi lebih nyaman dan bebas.

Outsole yang dirancang dengan material karet pun dapat mendukung gerakan kaki, sehingga menjadikanmu semakin lincah selama bermain.