9 Langkah untuk Perawatan Rambut Kering

perawatan rambut kering
Foto: www.freepik.com

Memiliki rambut kusut memang menyebalkan. Selain merusak penampilan, rambut kering juga ikut merusak mood karena sangat sulit untuk mengaturnya. Jika sudah begini, pastinya kamu ingin menghaluskan dan melembutkannya dengan melakukan perawatan rambut kering. Terus scroll di laman ini untuk mengetahui cara merawat rambut kering. 

Apa Penyebab Rambut Kering?

perawatan rambut kering
Foto: www.unsplash.com

Sebelum melakukan perawatan rambut kering, ada baiknya kamu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rambutmu menjadi kering. 

Faktor lingkungan

Terpapar polusi, kotoran, dan cuaca yang panas ternyata bisa menjadi penyebab rambutmu menjadi kering. Selain itu, terlalu lama terkena sinar matahari juga dapat membuat rambutmu menjadi rusak. Ada baiknya untuk tidak membiarkan rambutmu terlalu lama berada di luar ruangan. 

Cara keramas yang salah

Mencuci rambut setiap hari akan membuat rambut kehilangan minyak alami, sehingga hal ini akan membuat rambutmu menjadi kering dan kusut. Selain itu, keramas dengan menggunakan air hangat juga akan menimbulkan masalah baru bagi rambutmu.

Penggunaan alat styling

Jika kamu sering menggunakan hair dryer, catokan, maupun alat penata rambut yang menghantarkan panas, hal ini menjadi salah satu penyebab rambut menjadi kering. Penggunaan alat-alat ini membuat kandungan lemak yang berada di dalam kulit kepala menjadi kering.

Mewarnai rambut

Ketika memutuskan untuk mewarnai rambut, maka ucapkan selamat datang pada rambut kering. Hal ini disebabkan karena pewarna rambut mengandung bahan kimia yang cukup keras sehinggga dapat menyerap minyak alami dan membuat rambutmu menjadi kering.

Kurang mengonsumsi air putih

Selain baik untuk tubuh, air putih juga dapat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Minum air putih yang cukup dapat menghidrasi sel-sel rambut dan kuku, sehingga menjaga rambut agar tetap lembap dan mencegahnya menjadi kering.

Baca Juga :  Ini Rekomendasi Model Rambut untuk Wanita Bertubuh Pendek

Kurang asupan nutrisi

Tidak hanya diperlukan untuk tubuh, asupan nutrisi juga diperlukan pada rambut. Ketika rambut kekurangan nutrisi, hal ini dapat menyebabkan munculnya masalah-masalah pada rambut dan salah satunya adalah rambut yang menjadi kering. 

Bagaimana Cara Perawatan Rambut Kering?

perawatan rambut kering
Foto: www.freepik.com

Memiliki rambut kusut memang menjadi hal yang menjengkelkan, namun kamu bisa melakukan perawatan rambut kering untuk mengatasinya.

Menambah asupan vitamin

Vitamin memang menjadi asupan yang penting untuk tubuh. Namun ternyata beberapa vitamin juga dapat berdampak bagi kesehatan rambut, seperti vitamin A, C, biotin, serta zat besi yang akan membuat rambut terlihat lebih sehat.

Menjaga asupan omega-3 dan antioksidan

Protein yang berasal dari ikan laut juga dapat membuat rambutmu terlihat berkilau dan tebal. Untuk itu kamu bisa mengonsumsi ikan salmon, ikan kembung, atau ikan tuna yang kaya akan omega-3.

Mengonsumsi makanan yang memiliki antioksidan juga dapat membuat rambutmu lebih sehat. Kamu dapat mengonsumsi kenari, kacang merah, brokoli, atau tomat.

Hindari mencuci rambut setiap hari

Mencuci rambut memang dapat menghilangkan kotoran serta keringat yang menempel pada rambut. Namun, menggunakan sampo juga akan menghilangkan sebum atau minyak alami pada rambutmu. Maka, usahakan untuk tidak keramas setiap hari dan lebih baik untuk mencuci rambut setiap dua hari. 

Mengeringkan dengan handuk

Untuk mencegah rambut menjadi rapuh dan sulit ditata setelah keramas, kamu bisa membungkus rambut dengan kain atau handuk. Karena jika dikeringkan, rambutmu akan kehilangan terlalu banyak kelembapan.

Kurangi penataan dengan alat

Menata rambut pastinya akan membuatmu tampil lebih beda dan cantik. Namun, penataan dengan menggunakan alat yang bertujuan untuk mengeriting, meluruskan, atau menambah volume rambut justru akan membuat rambutmu lebih kering.

Baca Juga :  Bosan dengan Rambut Panjang? Coba 10 Model Rambut Cepak Ini

Mandi dengan air dingin

Menggunakan air panas untuk membilas tubuh ketika mandi dapat membuat rambutmu menjadi panas. Untuk itu, kamu bisa membiasakan diri untuk mandi dengan air dingin yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh maupun rambut. 

Hindari terlalu lama berada di luar ruangan

Seperti yang diketahui, paparan sinar matahari serta polusi dapat membuat rambutmu menjadi rusak. Untuk itu lindungilah kepalamu dengan mengenakan topi, payung, atau penutup kepala lainnya untuk mencegah rambut menjadi kering.

Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan pelembap alami yang dapat diserap baik oleh rambut. Untuk itu kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan rambutmu, baik membuatnya sendiri maupun mengenakan produk dengan mengandung minyak kelapa.

Memotong rambut

Jika rambutmu terlalu kering, cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah memotong ujung rambut atau menata ulang kembali gaya rambutmu. Karena rambut kering akan sulit untuk diatur sehingga lebih baik untuk memotongnya dan mulai melakukan perawatan rambut.

Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Kering

Berikut rekomendasi produk perawatan untuk rambut kering

Frutasse Moist Shampoo

Produk yang satu ini dapat memperbaiki masalah rambut seperti kering, rusak, serta bercabang dan membuatnya menjadi lebih sehat, indah, dan berkilau. Sampo ini mengandung bahan yang dapat melembapkan rambutmu yang kering.

Fekkai PrX Reparative Mending Elixir

Serum rambut ini memiliki aroma vanilla yang dapat meresap dengan cepat ke rambutmu tanpa membuatnya terasa lengket dan berminyak. Kamu hanya perlu mengaplikasikannya dari bagian tengah hingga ujung rambut, hal ini untuk mencegah akar rambutmu terlihat lebih berminyak.

Live Clean Argan Oil Replenishing Shampoo and Conditioner

L’Occitane Aromachologie Repairing Mask

Produk ini akan melindungi rambutmu dengan memiliki kandungan 5 essential oil, yakni angelica, lavender, geranium, ylang-ylang, dan patchouli. Bahan-bahan ini sangat cocok untuk memperbaiki kerusakan rambutmu yang kering akibat diwarnai

R+Co Television Perfect Hair Shampoo

Sampo yang satu ini dapat digunakan untuk semua jenis rambut, baik normal hingga kering. Produk ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut, membuat rambut berkilau, serta memperkuat dan melembutkan rambutmu.

Produk perawatan rambut kering ini mengandung ekstrak juniper berry yang dapat membantu menjaga keseimbangan minyak pada kulit kepala dan menambah kelembapan rambut.

SheaMoisture 100% Coconut Oil Daily Hydration Shampoo & Conditioner

Produk ini diformulasikan dengan 100% minyak kelapa dan minyak shea yang dapat menjaga rambut tetap terhidrasi dan memperbaiki rambut kusutmu. Produk perawatan rambut kering ini juga dapat membuat rambut lebih mudah diatur dan terlihat bersinar.

L’Oreal Professionel Serie Expert Absolut Repair Lipidium Masque 

Produk ini dapat mengatasi segala kerusakan rambut akibat rambut kering. Dengan kandungan gold quinoa dan protein, membuat masker rambut ini dapat mengurangi kerusakan permukaan rambut hingga 77% dan membuat rambutmu lebih berkilau.

Kerastase Nutritive Masquintense

Masker rambut yang satu ini mengandung konsentrat irisome yang tinggi sehingga dapat memberikan nutrisi yang bermanfaat bagi rambut. Produk ini sangat cocok digunakan untuk pemilik rambut normal yang cenderung kering, karena dapat membuat rambutmu terasa lebih lembut dan ringan.