Manfaat Lain Vitamin B3: Melindungi Kulit dari Bahaya Paparan Sinar UV

manfaat vitamin B3
Foto: www.stocksy.com

Selain vitamin C dan vitamin E, ada satu lagi yang sepertinya yang bisa membantu kulitmu semakin sehat: perkenalkan, vitamin B3. Menurut penelitian baru yang dipresentasikan bulan lalu di European Academy of Dermatology and Venereology (EADV) Congress menemukan bahwa ada satu lagi manfaat vitamin B3: membantu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV), jika digunakan secara nontopikal. 

FYI, selama ini penggunaan vitamin B3 atau yang disebut niacinamide, secara topikal super populer di dunia kecantikan. Pasalnya, ada banyak manfaat vitamin B3, di antaranya mengatasi hiperpigmentasi, mengurangi garis-garis halus, dan mengatasi jerawat. 

“Studi kami mengindikasikan bahwa peningkatkan konsumsi vitamin B3, yang sudah tersedia di dalam makanan sehari-hari, bisa melindungi kulit dari beberapa dampak paparan sinar UV,” kata Lara Camillo, salah seorang peneliti. “Meski begitu, efek protektif vitamin B3 sifatnya short-acting, jadi harus dikonsumsi tidak lebih dari 24 jam hingga 48 jam sebelum terpapar matahari.” 

Dengan kata lain, kamu sebaiknya mengonsumsi satu hingga dua hari sebelum terpapar sinar UV yang merupakan faktor utama yang meningkatkan kanker kulit non-melanoma.

Kesimpulan ini didapat setelah studi ini melakukan tes atas efektivitas konsumsi vitamin B3 dalam melindungi sel-sel kulit. Yakni, para peneliti mengobati sel-sel individu dengan nicotinamide, sebuah bentuk vitamin B3. Lalu sel-sel tersebut dipaparkan sinar UV. 

Hasilnya? Vitamin ini membantu sel-sel dari stres oksidatif.

Penjelasan di atas mungkin membuatmu bertanya-tanya: bagaimana mendapatkan manfaat vitamin B3 dari diet? Kabar baiknya, ada banyak makanan sehari-hari yang kaya akan vitamin ini, di antaranya ragi bernutrisi, kacang, jamur, lentil, kopi, roti gandum utuh, ayam, dan salmon.

Ah, senangnya mendengar bahwa ada hal sederhana lain yang bisa kita lakukan untuk memiliki kulit sehat. Ok, saatnya lebih sering mengonsumsi jamur, kacang, ayam dan teman-temannya. Dan pastinya, jangan pernah lupakan tabir surya.

Selanjutnya: Adakah vitamin yang paling superior dalam menjaga kekebalan tubuh? Berikut penjelasan seorang spesialis gizi. Dan begini cara memilih SPF untuk kulitmu.