Perhatian: Ini 9 Perawatan Rambut yang Wajib Dilakukan Jika Memilih Warna Pirang

perawatan rambut pirang
Foto: www.pexels.com

Merawat rambut berwarna merupakan hal yang mudah sekaligus sulit. Karena perawatan rambut yang telah diwarnai tentunya akan berbeda dengan rambut yang belum pernah diwarnai. Ketika memutuskan untuk mengubah warna rambut menjadi blonde misalnya, maka kamu mesti rajin melakukan perawatan rambut pirang supaya tetap sehat dan warnanya tetap tahan lama.

Memang akan menjadi sebuah pekerjaan yang memakan waktu, namun jika kamu terbiasa melakukan perawatan ini maka rambut pirang kamu akan terlihat berkilau dan memiliki warna yang tahan lama. Alhasil, tidak ada rambut yang terlihat sekasar mulut orang yang sedang naik pitam.

Jika kamu baru saja mengubah warna rambut dan tidak tahu bagaimana harus merawatnya, maka kamu berada di laman yang tepat. Berikut perawatan yang tepat untuk rambut pirang:

Jaga rambut agar tetap terhidrasi

Ketika memutuskan untuk mengubah warna rambut menjadi pirang, maka kamu akan melewati teknik bleaching, yakni penghilangan warna gelap yang merupakan warna alami rambut. Hal ini akan membuat rambutmu kehilangan minyak dan nutrisi, sehingga membuatnya menjadi kering dan rapuh. Untuk memastikan rambut terhidrasi dengan baik, gunakan kondisioner atau masker rambut secara rutin. Perawatan ini akan membantu mengembalikan kelembapan rambut setelah proses pewarnaan. 

Lindungi rambut dari panas

Usahakan untuk mengeringkan rambutmu secara alami, tanpa bantuan alat pengering rambut. Pasalnya, semakin banyak rambut terkena panas, maka akan membuatnya semakin rapuh. Jadi, sebisa mungkin biarkan rambut kering dengan sendirinya. Namun jika kamu tidak bisa melepaskan diri dari alat pengering rambut dan catokan, gunakan semprotan pelindung panas.

Baca Juga :  Bagaimana Mengatasi Rambut Berminyak Supaya Tidak Perlu Keramas Tiap Hari

Hindari dari sinar matahari

Sinar matahari ternyata tidak hanya dapat merusak kulit, namun sinar matahari yang berlebihan juga akan merusak rambut pirangmu dan mengubah warnanya. Jika kamu berniat untuk pergi ke luar rumah, jangan lupa untuk membawa topi untuk melindungi rambut sekaligus kulitmu. Atau kamu juga bisa menggunakan tabir surya khusus rambut yang berbahan dasar air. 

Gunakan sampo khusus

Untuk membuat warna rambut tahan lama, gunakan sampo khusus untuk rambut pirang. Kamu dapat menggunakan sampo ungu dan menggunakannya sekali dalam seminggu. Jika rambutmu menjadi kasar dan cepat menguning, maka cobalah untuk meningkatkan penggunaan sampo ini. Namun jika ternyata warna rambutmu menjadi terlalu pucat, kamu dapat mengurangi pemakaian sampo ungu ini. 

Selalu bilas dengan air dingin

Setelah keramas, ingatlah untuk membilasnya dengan air yang normal atau cenderung dingin. Penggunaan air dingin akan membantu menjaga rambutmu tetap berkilau. Hindari penggunan air hangat, karena akan membuka kutikula rambut dan memudarkan warna rambut.

Hindari keramas terlalu sering

Saatnya mengubah jadwal keramas. Warna baru pada rambut akan semakin memudar setiap keramas, untuk itu cobalah untuk keramas setiap 2-3 hari sekali. Jangan lupa untuk menambahkan vitamin rambut setelah keramas, supaya rambutmu tetap ternutrisi.

Rutin potong rambut

Jika rambut pirangmu menjadi kering dan bercabang, maka cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan rutin memotongnya, minimal enam minggu sekali. Namun perlu diingat untuk memotong bagian ujungnya saja, atau bagian yang biasanya bercabang.

Gunakan kondisioner khusus

Klorin yang terdapat pada air kolam renang, akan membuat rambutmu bertambah kering. Untuk itu, jika berenang merupakan hobimu, maka kamu perlu segera keramas setelah berenang. Jangan lupa untuk mengganti kondisionermu dengan kondisioner yang mengandung bahan detoksifikasi untuk mencegah rambut kering.

Baca Juga :  Berminat Memiliki Rambut Bob? Ini 3 Pilihan Potongan Terbaik Untukmu

Pakai produk khusus untuk rambut berwarna

Jika memiliki rambut dengan warna pirang atau warna lainnya, kamu perlu mengganti produk perawatan dengan produk khusus yang diformulasikan untuk rambut berwarna. Hal ini untuk memastikan rambut pirangmu menjadi lebih sehat, berkilau, dan warnanya yang tahan lama.

Selanjutnya: 10 Sampo Terbaik untuk Rambut Berwarna