Inilah 8 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

cara meluruskan rambut
Foto: www.rawpixel.com

Memiliki rambut lurus masih menjadi dambaan bagi sebagian perempuan. Keinginan ini yang terkadang membuat sebagian rela untuk melakukan beragam cara meluruskan rambut, seperti penggunaan catokan atau teknik lainnya yang biasa dilakukan oleh salon kecantikan. Meski efektif, namun langkah-langkah tersebut akan memberikan dampak buruk bagi rambut dan kesehatanmu. Apalah arti rambut lurus kalau kering dan rusak. Iya 'kan?

Lantas, bagaimana cara meluruskan rambut secara natural? Jangan khawatir karena LIMONE telah merangkum cara meluruskan rambut secara alami baik dengan teknik tertentu maupun dengan bantuan bahan alami.

Cara Meluruskan Rambut

cara meluruskan rambut
Foto: www.rawpixel.com

Berikut 6 cara meluruskan rambut yang bisa kamu coba di rumah.

Mengeringkan dengan udara dingin

Jika kamu tidak bisa terlepas dari alat pengering rambut, maka kamu bisa menggunakan pengaturan dingin pada alat tersebut. Lalu mulai keringkan dari akar hingga bagian ujung rambut. Jangan lupa untuk memberikan jarak hair dryer sekitar enam inci dari rambutmu. Dengan menggunakan udara yang dingin, telah terbukti dapat menyebabkan kerusakan yang lebih sedikit dibanding memakai pengering rambut seperti biasanya.

Membungkus rambut

Membungkus rambut merupakan salah satu cara klasik untuk mendapatkan rambut lurus tanpa bantuan alat styling. Meski mudah, namun tidak semua orang mengetahui cara yang efektif dari langkah ini. Kamu dapat menyiapkan jepit rambut dan kain berbahan satin. Pisahkan bagian atas rambut dan gunakan sisir bergerigi untuk menyisirnya hingga rata. Rambut yang agak lembap ini kemudian dililit dan dijepit di kepalamu. Kemudian kamu bisa membungkusnya dengan kain satin untuk mengencangkannya.

Gunakan produk yang sesuai

Trik sederhana ini merupakan cara meluruskan rambut yang nyaman dan simpel, namun sangat efektif untuk memastikan rambutmu tetap terhidrasi, ternutrisi, dan tetap lembap. Kamu bisa memilih produk perawatan rambut, baik serum maupun kondisioner yang dapat digunakan untuk rambut basah atau kering. Tidak hanya meluruskan rambut, namun penggunaan produk yang mengandung keratin dapat melapisi helai rambut sekaligus mencegahnya dari kerusakan, dan tentunya terlindung dari sinar matahari

Menyisir rambut ketika basah

Menyisir dalam keadaan rambut basah memang dapat membuat mahkotamu rentan mengalami kerusakan. Namun jika kamu mengaplikasikan sisir dengan tepat, hal ini justru akan memperbaiki kondisi rambut dan berhasil membuat rambutmu terlihat lebih lurus.

Gunakan sisir bergerigi besar dan mulai menyisir rambut secara perlahan dan menyeluruh. Jika terdapat rambut yang kusut maka uraikan dengan lembut menggunakan jari-jarimu. Setelah itu biarkan selama lima menit dan ulangi langkah ini hingga rambutmu menjadi benar-benar kering.

Mencoba masker rambut

Memastikan rambutmu tetap ternutrisi dengan baik juga merupakan salah satu cara meluruskan rambut yang mudah untuk dilakukan. Memakai masker dapat berfungsi untuk mengembalikan protein sehingga membuat rambut yang bergelombang akan terasa lebih rileks. Cobalah untuk menggunakan masker yang mengandung telur, madu, alpukat, atau minyak kelapa dan membuatnya sendiri di rumah.

Mengoleskan minyak

Biasanya terdapat beberapa minyak esensial yang lebih mudah diserap ke dalam rambut, sehingga membuat rambut tampak lebih halus dan mudah untuk diatur. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa, minyak argan, atau minyak almond yang dapat menembus folikel rambut dan memperbaiki sel-sel di dalamnya.

8 Bahan Alami untuk Meluruskan Rambut

Foto: www.freepik.com

Cara meluruskan rambut juga bisa kamu gunakan dengan menggunakan bahan alami yang diolah menjadi masker rambut.

Susu

Foto: www.freepik.com

Bahan sederhana yang mudah ditemukan ini dapat membantumu untuk meluruskan rambut. Karena susu memiliki kandungan kasein dan protein whey yang dapat memperkuat, menghaluskan, serta memperbaiki rambut kering dan rusak. Serta bisa menenangkan sekaligus membantu meluruskan rambut secara alami.

Ambilah secangkir susu lalu tuangkan secara perlahan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Setelah membiarkannya selama beberapa menit, kamu bisa membilasnya dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan susu sapi, susu almond, atau santan.

Pisang dan madu

Foto: www.unsplash.com

Kedua bahan ini jika dikombinasikan dan digunakan secara rutin akan memberikan beberapa manfaat pada rambut. Pisang bila dioleskan secara topikal akan menghidrasi dan melembapkan rambut, sementara madu akan melapisi untaian dengan pelindung antibakteri.

Kamu bisa menggunakan satu buah pisang yang sudah matang lalu campurkan satu sendok makan madu dan hancurkan secara merata. Setelah itu olesi seluruh bagian rambut dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya.

Telur

cara meluruskan rambut
Foto: www.pexels.com

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, namun telur ternyata juga dapat memberikan dampak baik bagi rambut. Kandungan protein yang terdapat di dalam telur bisa menutrisi rambut dan kulit kepala sehingga mampu bekerja dengan baik untuk melembapkan sekaligus meluruskannya secara alami.

Pecahkan dua butir telur kemudian kocok hingga merata, lalu oleskan ke seluruh rambut dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu kamu bisa membilasnya dan membersihkan rambut menggunakan sampo dan kondisioner seperti biasanya.

Minyak almond

cara meluruskan rambut
Foto: www.freepik.com

Almond memang kaya akan vitamin E serta asam lemak omega-3 dan 6 yang tentunya penting untuk kesehatan rambut. Kandungan-kandungan ini dapat membuat rambut menjadi berkilau, kuat, dan pastinya menutrisi serta membuka folikel, sehingga akan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Kandungan vitamin E mampu bekerja dengan baik untuk melindungi rambut dengan mencegah radikal bebas yang ada pada area sekitar mahkotamu. Untuk mendapatkan rambut yang lurus, kamu bisa mengoleskan minyak almond setiap malam sebelum tidur.

Cuka apel

cara meluruskan rambut
Foto: www.rawpixel.com

Bahan masakan yang satu ini juga ternyata dapat kamu gunakan pada rambut. Cuka apel bisa mengembalikan keseimbangan pH rambut dan membuat rambutmu menjadi lurus secara alami. Ambil setengah cangkir cuka apel, dan campur dengan satu cangkir air ke dalamnya. Setelah diaduk hingga rata maka kamu dapat menuangkannya ke dalam botol dan semprotkan campuran ini pada seluruh bagian rambut. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Lidah buaya

cara meluruskan rambut
Foto: www.freepik.com

Lidah buaya memang menjadi tanaman serbaguna yang terkenal bermanfaat bagi rambut, dan salah satunya adalah untuk melembutkan dan meluruskan rambut. Ambil satu batang lidah buaya kemudian potong menjadi dua bagian, lalu pisahkan gel dari dagingnya. Masukkan gel ke dalam panci lalu panaskan hingga mencair. Setelah itu diamkan gel hingga kembali ke suhu ruangan, lalu kamu bisa mengoleskannya pada seluruh bagian rambut. Biarkan selama 40 menit sebelum membilasnya menggunakan air.

Pepaya

Foto: www.unsplash.com

Buah yang satu ini diperkaya dengan beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Meski memiliki aroma yang kurang sedap, namun pepaya dapat menutrisi sekaligus membuat rambutmu terasa halus dan lebih lurus. Siapkan satu potong pepaya dan campurkan dengan dua sendok teh madu. Setelah itu hancurkan hingga halus dan mengental. Kemudian oleskan masker ini ke seluruh bagian rambut dan biarkan selama satu jam sebelum membilasnya.

Minyak kedelai dan jarak

Foto: www.freepik.com

Cara meluruskan rambut selanjutnya adalah dengan bantuan minyak kedelai yang dicampurkan dengan minyak jarak. Kedua kombinasi ini dipercaya dapat membuat rambut keriting berubah menjadi lurus dan halus. Selain itu, dua bahan ini juga dapat mengatasi permasalahan rambut bercabang, lho. Siapkan dua sendok makan minyak jarak dan satu sendok makan minyak kedelai. Lalu panaskan kedua bahan tersebut selama 3-5 menit, kemudian diamkan hingga menjadi dingin. Setelah itu kamu bisa mengoleskannya ke seluruh bagian rambut, dan jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air hangat, ya!

Selanjutnya: Panduan Lengkap Mengatasi Rambut Bercabang.