Cara Memotong Rambut Sendiri, Anak dan Anggota Keluarga Lain di Rumah

cara memotong rambut
Foto: www.shutterstock.com

Berniat memotong rambut sendiri, karena salon langgananmu masih belum menerima tamu? Dan saat memperhatikan kepala si kecil hari ini, sepertinya penglihatannya perlu diselamatkan dari poni yang sudah sepanjang masa social distancing. Hal yang sama juga terjadi pada rambut pasanganmu. Oke, jika tekadmu sudah bulat untuk merapikan penampilan mereka, baca terlebih dahulu cara potong rambut sendiri di rumah berikut ini.

Jika kamu akan memotong rambut si kecil…

Ah, ini memang agak sulit. Oleh karenanya, coba ikuti langkah-langkah ini.

Alihkan perhatian anak. Inilah sebabnya mengapa salon anak biasanya dipenuhi dengan pernak-pernik dan mainan menarik. Uh-uh, untuk mengalihkan perhatiannya dan memastikannya bisa duduk manis saat rambutnya sedang dipotong. Caranya: nyalakan televisi dan pasang film atau tontonan kesukaan mereka.

Potong rambut saat kering. Prinsip ini sebaiknya diterapkan saat memotong rambut siapa pun, terutama jika rambut cenderung keriting dan bergelombang. Memotong rambut yang dalam keadaan kering akan membuatmu tahu seberapa panjang hasil akhirnya.

Hindari menarik helai rambut terlalu kencang. Pasalnya, begitu dilepas, rambut akan terlebih lebih pendek daripada niat awal.

Jika kamu akan memotong rambut pasangan

Sebelum memotong rambutnya, jangan lupa ucapkan: “Aku sayang kamu, tidak peduli potongan rambut kamu.” Lalu, lakukan ini.

Konsentrasi pada bagian-bagian penting saja. Apakah ini pengalaman pertama kamu memotong rambut laki-laki? Well, kuncinya adalah fokus pada area di sekitar telinga dan leher. Bagian lainnya, lebih baik jangan diganggu—terkecuali jika poninya sudah menutupi mata. Untuk hal ini, potong poni pasangan seperti kamu sedang memotong poni kamu sendiri.

√ Jika kamu menggunakan trimmer, awali dengan mengaturnya dalam setting terpanjang, lalu perpendek jika dibutuhkan. Kemudian gunakan sisir atau sikat untuk membersihkan rambut di sekitar telinga. Dan jika masih ada bagian yang belum rapi di bagian telinga, gunakan trimmer untuk merapikannya.

Jika kamu akan memotong rambut diri sendiri

Siap? Oke, begini cara potong rambut sendiri di rumah.

Gunakan gunting kecil. Memang sepertinya lebih enak memakai gunting besar, karena sekali saaap… selesai! Namun ingat, semakin kecil gunting, akan semakin gampang mengendalikannya. Dengan kata lain, mengurangi risiko melakukan salah potong.

Selalu potong rambut sesuai dengan potongan rambutmu. ini untuk mencegah terjadinya kesalahan potong dan memberikan kesan yang lebih natural.

Pastikan ruangan terang. Entah rambut akan kamu potong di dapur, kamar tidur atau kamar mandi, pastikan ruangan terang. Pasalnya, ini akan membuatmu bisa melihat semua helai yang akan dipotong—dan pastinya, bisa melihat arah gunting.

Pastikan rambutmu dalam kondisi kering. Sebelum potong rambut, coba keramas dan keringkan rambut. Soalnya, jika rambutmu kotor atau belum tersentuh air lebih dari satu hari, kemungkinan kondisinya akan berminyak dan menggumpal. Alhasil, hasil guntingan bisa tidak rata.  

Itu dia cara potong rambut sendiri di rumah. Jangan lupa berdoa dan cuci tangan sebelum dan sesudah memegang rambut, ya. Dan jika akhir pekan ini kamu mau memanjakan rambut, coba masker terbaik ini.

  

podcast button