Wajib Diketahui: 7 Jenis Sisir dengan Fungsi yang Berbeda

sisir rambut
Foto: www.freepik.com

Ada berapa jenis sisir rambut yang kamu miliki? Mungkin menurutmu memiliki satu hingga dua sisir terasa sudah cukup.

Namun ketika pergi ke salon, kamu baru menyadari bahwa terdapat berbagai macam jenis sisir dengan fungsi yang berbeda-beda. Penasaran dengan macam-macam jenis sisir rambut? Simak artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya.

Jenis-jenis Sisir

sisir rambut
Foto: www.freepik.com

Berikut tujuh jenis sisir yang wajib kamu ketahui:

Paddle brush

Jika kamu membutuhkan sisir untuk digunakan sehari-hari, cobalah gunakan paddle brush. Karena jenis sisir yang satu ini dapat membantu menghaluskan rambutmu secara cepat dan mudah.

Teasing brush

Jika kamu memiliki hobi untuk mengubah gaya rambut setiap hari, maka gunakanlah sisir jenis ini. Dengan bagian ujung yang cukup lancip, teasing brush berfungsi untuk memudahkanmu memisahkan rambut saat menatanya.

Round brush

Untukmu yang menyukai hasil akhir rambut blowout, maka round brush merupakan solusinya. Sisir berbentuk bulat ini dapat membantu membentuk volume rambut sehingga terlihat lebih tebal. Akan tetapi, pastikan rambutmu tidak ikut tertarik ketika menggunakan jenis sisir ini.

Vented brush

Punya rambut yang sulit diatur? Pilihlah vented brush yang dirancang untuk masalah rambut yang satu ini. Dirancang dengan adanya ruang pada bagian dasar sisir, jenis yang satu ini sangat cocok digunakan saat mengeringkan rambut.

Bristle brush

Jenis yang satu ini merupakan sisir yang paling mudah ditemui di pasaran. Bristle brush merupakan sisir yang paling cocok untuk digunakan bagi pemilik rambut yang cukup panjang dan kusut, karena sisir ini akan membuat rambutmu akan mudah diatur.

Sesungguhnya, jenis sisir ini terbagi dalam tiga tipe. Jika kamu menginginkan rambut yang halus dan berkilau, maka tipe natural bristle brush yang terbuat dari bulu babi hutan ini merupakan salah satu pilihannya.  

Sementara jika kamu pemilik rambut tipis, maka pilihlah tipe synthetic bristle brush. Dan bagi pemilik rambut tebal, gunakan tipe mixed bristle brush yang merupakan gabungan antara kedua tipe sebelumnya.

Rat tail brush

Berniat untuk menyasak rambut? Maka jangan lewatkan penggunaan rat tail brush. Jenis sisir yang menyerupai teasing brush ini biasanya digunakan untuk memudahkanmu ketika ingin menata dan menyasak rambut agar lebih bervolume.

Wide tooth comb

Sesungguhnya ketika rambut masih berada dalam kondisi basah seusai keramas, maka tidak disarankan untuk menyisirnya. Karena saat itu rambut masih lemah sehingga akan membuat rambut menjadi patah dan menimbulkan kerontokan.

Akan tetapi jika dibiarkan mengering dengan sendirinya, mungkin rambut akan menjadi kusut. Namun tidak perlu khawatir karena kamu bisa merapikan rambut kusut setelah keramas dengan menggunakan sisir gerigi lebar.

Cara Merawat dan Membersihkan Sisir dengan Tepat

Foto: www.rawpixel.com

Ketika menyisir rambut, tentu kamu perlu membersihkan serta merawat sisir dengan tepat. Tentunya terdapat beberapa cara yang harus dilakukan, yakni:

  • Bersihkan helaian rambut yang menempel pada sisir. Jika kamu kesulitan untuk mengambilnya, maka gunakan tusuk gigi bersih.
  • Rendam sisir selama 3-5 menit ke dalam larutan air yang telah tercampur dengan sampo atau sabun. Namun jika sisir milikmu terbuat dari bahan kayu, maka tidak disarankan untuk merendamnya.
  • Gosok permukaan sisir hingga bersih dengan menggunakan sikat gigi atau spon yang halus. Kemudian bilas dengan air bersih.
  • Biarkan sisir mengering dengan sendirinya.

Rekomendasi Sisir Rambut

Berikut delapan rekomendasi sisir rambut.

The Wet Brush Champange Tooast Fizzy Pink

Sisir rambut yang satu ini dapat menghilangkan kusut dengan cepat dan tanpa rasa sakit. Dirancang dengan teknologi INTELLIFLEX, produk ajaib ini mampu membedakan kapan sisir harus menegang atau fleksibel sesuai dengan kondisi rambut saat disisir.

Dengan memiliki pegangan non-slip karet, menjadikan sisir ini dapat digenggam dengan aman. Tidak hanya itu, bulu yang fleksibel juga dapat mengurai rambut kusut dengan mudah, serta dapat memijat kulit kepala dengan nyaman. Sangat cocok digunakan untuk pria, wanita, maupun anak-anak.

The Body Shop Oval Bamboo Pin HairBrush

Ketika memiliki rambut panjang dan tebal, biasanya jenis rambut ini akan membuatmu kesulitan ketika menyisir. Namun kamu tidak perlu khawatir karena sisir berbentuk cushion dari The Body Shop Oval Bamboo Pin HairBrush bisa menjadi solusinya. Dengan tambahan pin di ujung sisir, hal ini dapat membantu menjaga kulit kepala agar tidak tergores selama penggunaan.

Tammia Wonder Detangling Brush

Hobi menyisir rambut saat basah? Maka jangan lupa untuk menggunakan Tammia Wonder Detangling Brush. Pasalnya, sisir bergerigi ini dapat membuatmu tetap nyaman meski harus menyisir ketika kondisi rambut masih basah. Tentunya produk ini cocok digunakan untuk semua jenis rambut, termasuk hair extension.

Philips EasyShine Ionic Styling Brush

Fungsi ionizer dalam produk ini akan berfungsi untuk mengeluarkan ion negatif yang akan mengurangi rambut kusut dan mengembalikan kelembutan alami. Dengan ujung bulu sikat yang tidak bercela, hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan akibat gesekan sisir dengan kulit kepala.

Bantalan bulu sikat dari sisir ini didesain dengan optimal untuk mengikuti kontur kepala, sehingga membuatnya terasa nyaman dan mudah ketika digunakan.

The Wet Brush Flex Dry

Dengan teknologi Duo Flex, produk ini menggabungkan bulu IntelliFlex dengan kepala sikat yang fleksibel. Sikat The Pro Flex Dry ini juga akan tahan terhadap panas hingga 450 F. Keunikan dari sisir yang satu ini adalah memiliki desain terbuka berventilasi yang bertujuan untuk mengeringkan rambut hingga 30% lebih cepat.

Tangle Teezer Blow-Styling Round Tool

Sisir yang satu ini dapat membantu mengeringkan rambut dengan lebih cepat. Dengan ground-breaking teeth technology, membuat alat penata rambut ini dapat mengangkat rambutmu sehingga terlihat lebih bervolume.

GHD Paddle Brush

Produk yang satu ini dapat menata rambut dengan cepat dan efektif pada rambut panjang maupun sedang. Dengan pegangan yang dirancang dengan anti selip, tentunya akan membuatmu merasa nyaman ketika menggunakan sisir yang satu ini.

Sugarbearhair Brush

Memiliki ujung sikat yang halus dan berbentuk bulat, membuat sikat rambut ini dapat menghilangkan kusut secara efektif. Dengan bulu kayu alami yang lembut, produk ini bisa membantu menenangkan kulit kepala dan mendistribusikan minyak alami pada setiap helai rambut.

Mason Pearson Nylon & Boar Bristle Hair Brush

Apakah rambutmu tidak setebal model iklan sampo? Jika jawabanmu adalah anggukan kepala kencang, maka patut mempertimbangakn memiliki sisir ini. Sikat bulunya akan menyisir rambut dan kulit kepala dengan lembut.

Asal tahu saja, sikat ini dibuat dengan tujuan agar minyak rambut alami bisa didistrusikan secara merata ke seluruh bagian sehingga mencegah rambut lepek. Mahal sih, tapi hei jika rambut adalah prioritas utama dalam hidupmu, tidak akan ada yang menghakimimu.