6 Cara Mudah Merawat Rambut Kering di Rumah

cara merawat rambut kering
Foto: www.freepik.com

Memiliki rambut yang berkilau, sehat, dan mudah diatur menjadi dambaan bagi semua wanita. Tetapi jika ternyata yang didapati adalah rambut kering, kusut, sulit diatur, dan mudah patah, tentunya akan membuatmu kesal. Namun jangan khawatir, karena LIMONE  telah merangkum enam cara merawat rambut kering yang bisa kamu lakukan di rumah.

Ciri-ciri Rambut Kering

Foto: www.freepik.com

Kesulitan mengenali jenis rambut? Berikut ciri-ciri rambut kering yang bisa kamu rasakan.

Mudah rontok

Rambut yang kekurangan asupan nutrisi biasanya akan menjadi kering dan mudah patah. Meski rambut rontok merupakan hal yang wajar, namun hal ini akan berbeda jika kamu memiliki rambut kering. Karena pada kondisi ini, kerontokan dapat terjadi lebih banyak dibanding biasanya.

Menjadi kusam

Pastinya semua orang ingin memiliki rambut sehat dan berkilau. Rambut kering biasanya tampak lebih kusam dan tidak berkilau, dan hal ini disebabkan oleh adanya suhu panas yang dapat menghilangkan kelembapan sehingga menyebabkan rambut menjadi kurang terhidrasi.

Mudah kusut

Ketika sedang menyisir dan mendapati rambut yang kusut, pastinya akan terasa menjengkelkan. Hal ini menjadi sebuah tanda dari ciri-ciri rambut yang kering. Selain kusut, rambut kering juga akan lebih sulit untuk diatur.

Berukuran tipis

Biasanya, rambut kering memiliki helai yang lebih tipis dibandingkan dengan jenis rambut normal, sehingga menyebabkan rambut menjadi lebih mudah patah. Untuk itu, jika bagian batang rambutmu menjadi lebih mudah patah ketika ditarik, hal ini menandakan bahwa kamu memiliki rambut kering.

Bercabang

Ciri selanjutnya dari rambut kering adalah ditandai dengan adanya rambut bercabang di bagian ujung. Masalah ini disebabkan karena kurangnya kelembapan, sehingga rambut menjadi mudah rusak dan pecah, serta memunculkan cabang-cabang pada ujung rambut.

Kesalahan Perawatan Penyebab Rambut Kering

cara merawat rambut kering
Foto: www.freepik.com

Meski hal yang spele, ternyata ada banyak kesalahan perawatan yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering.

Tidak melakukan perawatan rambut

Ketika tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, tentunya membuat rambutmu akan lebih sering terpapar sinar matahari. Panas sinar matahari akan membuat hilangnya kelembapan sehingga rambut menjadi kering.

Selain itu, aktivitas renang juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut menjadi kering, karena klorin yang terdapat di air kolam. Jika kamu tidak melakukan perawatan ekstra setelah beraktivitas, maka hal ini tentunya akan membuat rambutmu semakin kering dan rusak.

Penggunaan sampo yang tidak tepat

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah ketika sedang mencuci rambut. Perlu diketahui, pemakaian sampo ketika keramas perlu disesuaikan dengan jenis rambut yang kamu miliki, baik rambut berminyak, normal, atau kering.

Jika salah menggunakan sampo, maka akan mengakibatkan keseimbangan dari kelembapan rambut menjadi terganggu. Sehingga membuatnya semakin kering atau berminyak, kemudian menjadi rusak.

Tidak menggunakan kondisioner

Salah satu fungsi dari kondisioner adalah dapat memperbaiki dan menjaga kelembapan rambut. Untuk itu, jika kamu tidak menggunakan kondisioner setelah selesai mencuci rambut, hal ini akan membuat rambut menjadi semakin kering, rusak, dan mudah patah.

Tidak sempat merapikan rambut

Terdapat beberapa orang yang tidak sempat untuk merapikan rambut. Namun ternyata, perilaku ini justru akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan rambut, sehingga rambut menjadi semakin kering dan sulit untuk diatur. Rambut yang kusut ini dapat memudahkan kotoran dan debu menumpuk pada rambut, dan membuat rambut menjadi kusam.

Membiarkan ujung rambut yang bercabang

Ketika mendapati rambut bercabang, hal ini menjadi sebuah tanda bahwa kamu perlu segera memotongnya. Karena, jika dibiarkan tentunya akan membuat cabang tersebut terus merambat sehingga rambut menjadi semakin kering dan rusak.

Penggunaan air hangat ketika keramas

Selain itu, terlalu sering mencuci rambut dengan menggunakan air hangat juga menjadi suatu kesalahan perawatan rambut kering. Karena, air hangat dapat menghilangkan minyak alami rambut, dan membuat rambutmu menjadi kering setelah keramas.  

Membiarkan tubuh kekurangan nutrisi

Tak hanya tubuh, rambut juga memerlukan nutrisi yang dapat berperan penting dalam kesehatan rambut. Kulit kepala dan akar rambut tentunya mendapatkan nutrisi secara langsung dari tubuh, maka jika tubuhmu kekurangan nutrisi, hal ini  akan membuat rambut menjadi kering dan tidak sehat.

Cara Merawat Rambut Kering

cara merawat rambut kering
Foto: www.freepik.com

Berikut enam cara merawat rambut kering yang bisa kamu lakukan di rumah.

Gunakan produk sampo yang tepat

Cara merawat rambut kering yang pertama adalah memilih sampo yang dirancang khusus untuk mengatasi permasalahan rambutmu. Karena setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, hal ini tentunya dapat berdampak pada pemakaian produk perawatan yang digunakan.

Sampo untuk rambut normal biasanya tidak akan memberikan kelembapan, sehingga tidak cocok digunakan untuk pemilik rambut kering.

Selalu tambahkan kondisioner setelah keramas

Ketika kamu memiliki masalah rambut kering, cobalah untuk menggunakan kondisioner setelah keramas. Sangat disarankan untuk mengaplikasikannya secara rutin, karena kondisioner dapat memberikan kelembapan dan mengunci nutrisi yang ada pada rambut. Selain itu, produk ini juga dapat menggantikan minyak alami rambut yang telah hilang.

Lindungi rambut ketika beraktivitas

Salah satu cara merawat rambut kering adalah dengan melindunginya dari paparan sinar matahari. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan topi, scarf, atau payung.

Sementara jika kamu memiliki hobi berenang, maka cobalah untuk mengenakan topi renang. Karena penggunaan swimming cap akan meminimalisir dampak buruk dari klorin yang terkandung dalam air kolam.

Beri asupan nutrisi pada rambut

Untuk merawat rambut kering, kamu perlu memastikan bahwa rambutmu memiliki kandungan nutrisi yang cukup dari dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan diri meminum air putih agar rambut semakin sehat. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah secara rutin.

Menggunakan masker rambut

Selain dari dalam tubuh, rambut juga memerlukan nutrisi dari luar. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan masker rambut setiap satu minggu sekali. Pilihlah masker rambut yang mengandung nutrisi dan pelembap yang khusus ditujukan untuk rambut kering.

Tambahkan perlindungan ketika menggunakan alat styling

Jika kamu tidak bisa terlepas dari penggunaan alat styling rambut, baik itu hair dryer atau catokan, maka jangan pernah lupa untuk menggunakan cairan pelindung panas. Karena heat protection ini dapat memberikan lapisan pada rambutmu, sehingga akan membuatnya tahan terhadap panas yang dikeluarkan oleh alat styling.

Produk Rekomendasi Perawatan Rambut Kering

Berikut produk rekomendasi yang dapat digunakan untuk rambut kering.

Sensatia Botanicals Argan Tamarind Revitilizing Hair Mask

Dibuat dengan bahan herbal yang diperoleh dari lidah buaya, shea butter, asam jawa, madu, alpukat, dan minyak argan membuat produk ini dapat  bekerja maksimal untuk memperbaiki rambut yang rusak. Masker rambut ini juga dapat kamu gunakan sebanyak satu sampai dua kali seminggu, baik diaplikasikan ketika sebelum atau sesudah keramas.

Kaaral Maraes Curl Revitalizing Treatment:

Produk yang satu ini mengandung marula oil yang kaya akan omega-9 dan omega-6, sehingga dapat bekerja dengan efektif untuk melembapkan rambut. Selain itu, kandungan vitamin C dan E, serta asam amino juga akan melindungi rambutmu dari kerusakan. Sehingga, setelah menggunakan masker rambut ini akan membuat rambutmu tidak kering dan mengembang.

Dove Hair Serum Nourishing Oil Care

Serum rambut ini mengandung bahan alami seperti ekstrak minyak almond, minyak kelapa, dan minyak bunga matahari yang dapat membuat rambut menjadi lebih lembut, berkilau, dan tentunya mudah untuk diatur. Dengan penggunaan yang rutin, hal ini tentunya akan membuatmu tampil percaya diri karena memiliki rambut yang indah.