Ingin Mengatasi Rambut Rusak? Ini 10 Cara Pakai Masker Rambut Yang Benar

cara pakai masker rambut
Foto: www.freepik.com

Memiliki rambut yang kering, kusut, dan bercabang menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Salah satu langkah untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan perawatan tambahan, seperti masker rambut. Namun kamu perlu mengetahui cara pakai masker rambut yang tepat, agar nantinya produk ini bisa bekerja dengan efektif.

Penyebab Rambut Rusak

Foto: www.unsplash.com

Sesungguhnya, terdapat berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan rambut. Biasanya ini akan dipengaruhi oleh rutinitas sehari-hari, lingkungan, atau adanya masalah kesehatan. Berikut penyebab terjadinya rambut yang rusak:

  • Terlalu sering menggunakan alat styling
  • Penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat
  • Mengalami stres
  • Beraktivitas di bawah sinar matahari

Untungnya, penggunaan masker rambut bisa mengatasi masalah rambut rusak.

Jenis-jenis Masker Rambut

cara pakai masker rambut
Foto: www.freepik.com

Untuk mengetahui cara pakai masker rambut yang tepat, pastinya kamu perlu menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Karena, setiap jenis rambut membutuhkan perawatan yang berbeda.

Masker rambut berminyak

Pada rambut berminyak, maka kamu perlu memilih masker rambut yang dapat membantu menyerap kelebihan minyak yang ada. Agar nantinya, rambutmu tidak lepek dan terasa lebih sehat. Salah satunya adalah memilih produk masker yang berbahan cuka apel.

Rambut berwarna

Jika kamu memiliki rambut yang telah diwarnai, disarankan untuk memilih jenis masker yang diformulasikan dengan bahan pelembap, seperti lidah buaya. Nantinya, kandungan ini bertujuan untuk mempertahankan kondisi rambut agar tidak kering dan kusut.

Rambut kering

Sementara untuk pemilik rambut kering, maka jangan lupa untuk memilih produk yang kaya akan keratin. Karena nantinya bahan ini dapat mengembalikan kebutuhan protein rambut, dan membuatnya menjadi lebih lembut.

10 Cara Pakai Masker Rambut

Foto: www.freepik.com

Setelah memilih produk masker yang sesuai dengan kondisi rambut, maka berikut cara pakai masker rambut yang bisa kamu coba.

Bersihkan rambut

Sebelum mengaplikasikan masker, sebaiknya rambutmu berada dalam kondisi yang sudah bersih. Untuk itu, sangat disarankan agar kamu keramas dengan menggunakan sampo favoritmu. Setelahnya, bilaslah menggunakan air hangat yang bertujuan untuk membuka pori-pori kulit dan kutikula, sehingga rambut mampu menyerap nutrisi ketika menggunakan masker.

Gunakan saat rambut dalam kondisi lembap

Perlu diingat untuk menghindari penggunaan masker ketika rambut masih benar-benar basah atau sangat kering. Karena rambut yang berada di dalam kondisi tersebut tidak bisa menyerap masker dengan baik. Untuk itu, cara pakai masker rambut yang benar adalah saat rambut berada dalam kondisi yang lembap.

Oleskan secara merata

Sejatinya, masker rambut harus dioleskan secara merata agar bisa menyerap dengan baik. Kamu bisa mengoleskannya menggunakan jari sambil memijat kulit kepala secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga bisa mendapatkan nutrisi dengan maksimal.

Fokuskan aplikasi masker pada ujung rambut

Setelah mengoleskannya secara rata, kamu perlu memberikan perhatian lebih pada bagian ujung rambut. Karena, area ini sangat rentan mengalami masalah mulai dari rambut yang kering, mudah patah, hingga bercabang.

Untuk menjaga rambut agar tidak mudah rapuh, maka sebaiknya kamu menggunakan sisir bergigi lebar untuk mengaplikasikan masker ke bagian ujung rambut.

Hindari mengaplikasikan masker terlalu banyak

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa semakin banyak mengaplikasikan masker maka manfaat yang didapatkan juga semakin banyak. Padahal, hal ini belum tentu benar. Soalnya, penggunaan produk yang terlalu banyak bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan, sehingga bisa mengakibatkan masker tidak dapat terserap dengan baik. 

Ikuti instruksi produk

Sangat disarankan untukmu membaca instruksi dengan baik. Karena setiap jenis masker umumnya memiliki ketentuan penggunaan yang berbeda-beda. Terdapat produk yang mengharuskan kamu menunggu selama 15 menit sebelum membilasnya, namun ada juga yang harus dibiarkan semalaman.

Agar mendapatkan hasil yang sempurna, maka kamu perlu mengikuti rekomendasi waktu penggunaan sesuai dengan instruksi yang terlampir di dalam kemasan produk.

Bungkus rambut dengan handuk hangat

Salah satu cara pakai masker rambut yang benar adalah dengan membungkus rambut dengan handuk hangat. Hal ini bertujuan untuk membantu proses penyerapan nutrisi dapat berjalan lebih maksimal. Selain itu, kamu juga bisa melakukan relaksasi dengan memijat leher atau bagian tubuh lain.

Bilas dengan air dingin

Langkah berikutnya adalah membilas rambut dengan menggunakan air dingin. Perlu diketahui bahwa air dingin akan berfungsi untuk menutup pori-pori kulit kepala. Agar nutrisi masker yang sudah terserap bisa bekerja dengan maksimal.

Perlu diingat, tidak dianjurkan untuk membilas rambut menggunakan air hangat. Sebab hal ini bisa memicu kerontokan pada rambut.

Jika rambutmu masih terasa lepek, maka itu merupakan tanda bahwa pembilasan belum berjalan dengan maksimal. Sehingga kamu harus membilas kembali dengan bersih. Karena masker rambut yang masih tersisa bisa meninggalkan residu, dan memicu ketombe serta rasa gatal.

Gunakan kondisioner

Supaya manfaat dari masker rambut bisa didapatkan secara maksimal, maka kamu dapat mengaplikasikan kondisioner di batang rambut. Ini bertujuan untuk mencegah rambut menjadi kering setelah dibilas.

Gunakan masker secara rutin

Untuk mendapatkan hasil yang baik, kamu bisa menggunakan masker rambut dengan rutin, setiap satu minggu sekali. Karena jika kamu mengaplikasikannya terlalu sering, khawatirnya adalah bisa menyebabkan terjadinya penumpukan produk, sehingga nantinya rambut pun akan mudah berminyak.

Rekomendasi Produk

Dancoly Marula Repair Hair Mask

Masker rambut ini mengandung ekstrak marula yang berfungsi untuk menutrisi sekaligus melembapkan rambut secara intens. Berkat kandungan tersebut, maka produk ini juga mampu memperkuat dan meningkatkan elastisitas rambut.

Gallinée Care Mask For Hair & Scalp

Untuk mendapatkan kulit kepala dan rambut yang sehat, maka cobalah produk perawatan rambut yang satu ini. Karena Gallinée Care Mask For Hair & Scalp dapat merawat sekaligus menyeimbangkan mikrobioma kulit, serta bisa mengontrol produksi sebum yang ada. Sehingga nantinya bisa mencegah munculnya rasa gatal, ketombe, dan rambut rontok.

Briogeo Don’t Despair, Repair Strength + Moisture Leave-In Spray Hair Mask

Pemilik rambut kering dan normal, rasanya sangat sayang jika melewatkan penggunaan produk perawatan rambut yang satu ini. Soalnya, masker rambut tanpa bilas ini mengandung teknologi yang dapat memperbaiki kerusakan rambut, dan membuatnya menjadi lebih sehat dan kuat.

Cukup semprotkan pada rambut yang basah, dan fokus pada bagian tengah dan ujung rambut. Ingat satu hal: kamu tidak perlu membilasnya.

Sachajuan Overnight Hair Repair

Produk berbahan gel yang terbuat dari bahan-bahan alami ini mampu memberikan perawatan ketika kita tertidur. Untungnya, masker rambut ini bisa digunakan pada semua jenis rambut, baik itu kering, berminyak, hingga berwarna.

Ouai Thick Hair Treatment Masque

Masker rambut yang satu ini dapat membantu memulihkan hidrasi serta menghaluskan ujung rambut yang bercabang. Tak hanya itu, berkat kandungan almond, macadamia, minyak zaitun, shea, dan keratin, membuatnya bisa memperkuat rambut hingga menjadi tebal.

Produk perawatan rambut ini sangat aman digunakan untuk rambut yang diwarnai, kering, atau berminyak.