8 Cara Diet Sehat Untuk Mengecilkan Perut

ini cara diet sehat mengecilkan perut
Foto: www.pexels.com

Lemak perut menjadi hal yang mengganggu bagi beberapa orang karena dapat memengaruhi penampilan. Beruntungnya, ada cara diet sehat mengecilkan perut yang bisa dilakukan untuk mengurangi lemak.

Sebelum melakukan diet sehat mengecilkan perut, penting untuk diketahui bahwa diet merupakan sebuah pengaturan pola makan, yang bisa dilakukan untuk berbagai tujuan, tak melulu untuk menurunkan berat badan.

Jika kamu memang ingin diet sehat mengecilkan perut, maka terus gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan pengaturan pola makan yang bisa dilakukan.

Cara Diet Sehat Mengecilkan Perut

cara diet sehat mengecilkan perut | | 8 Cara Diet Sehat Untuk Mengecilkan Perut
Foto: www.rawpixel.com

Ingin mencoba mengecilkan perut? Ini sederet pengaturan pola makan yang bisa dilakukan:

Hindari gula dan minuman dengan gula tambahan

Makanan yang mengandung tambahan gula akan berdampak tidak baik untuk tubuh, termasuk menyebabkan kenaikan berat badan dengan cara yang tidak sehat.

Gula tambahan ini memiliki efek yang berbahaya pada kesehatan metabolisme. Selain itu, saat tubuh memiliki kelebihan gula dengan adanya fruktosa dalam jumlah besar maka dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut.

Gula sendiri terdiri dari setengah glukosa dan setengah fruktosa. Saat mengonsumsi gula tambahan secara berlebih, tubuh akan memiliki kandungan fruktosa yang tinggi dan akan diubah oleh hati menjadi lemak.

Beberapa penelitian percaya bahwa hal tersebut dapat meningkatkan lemak perut dan lemak hati yang menyebabkan resistensi insulin dan berbagai masalah metabolisme.

Selain itu, gula cair juga menjadi sumber yang tidak baik. Bahkan sebuah penelitian mengamati bahwa 60% anak-anak mungkin mengembangkan obesitas saat mengonsumsi minuman manis setiap harinya.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk meminimalkan jumlah gula dalam diet dan pertimbangkan untuk tidak mengonsumsi minuman manis. Termasuk soda, jus buah, dan berbagai minuman olahraga yang tinggi gula.

Makan lebih banyak protein

Protein merupakan makronutrien terpenting dalam tubuh. Namun menurut sebuah penelitian, protein sangat efektif dalam mengurangi lemak perut.

Studi lain juga menunjukkan bahwa protein dikaitkan dengan kemungkinan pengurangan lemak perut secara signifikan selama lima tahun pada wanita.

Dalam studi ini, ada keterkaitan antara karbohidrat dan minyak olahan yang dapat menambah lemak perut, serta menghubungkan antara buah dan sayuran dengan pengurangan lemak.

Cobalah untuk meningkatkan asupan makanan berpotein tinggi, seperti telur utuh, ikan, kacang-kacangan, daging, dan produk susu.

Makan lebih sedikit karbohidrat

Cara diet sehat mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan makan lebih sedikit karbohidrat.

Hal ini terbukti secara efektif dapat menghilangkan lemak, karena saat seseorang mengurangi karbohidrat, nafsu makan mereka turun dan berat badan pun akan menjadi turun.

Hal ini juga telah diungkapkan oleh sebuah penelitian, di mana diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan penurunan berat badan, dua hingga tiga kali lebih banyak daripada diet rendah lemak.

Menurut sebuah studi yang membandingkan diet rendah karbohidrat dan rendah lemak menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dapat mengurangi lemak di perut dan di sekitar organ serta hati.

Cobalah untuk menghindari karbohidrat oalahan, seperti gula, permen, dan roti. Jika tujuannya untuk menurunkan berat badan, maka kamu bisa mengurangi asupan karbohidrat.

Agar nantinya tubuh bisa membakar lemak sebagai bahan bakar utama, dan nafsu makan pun dapat berkurang.

Konsumsi makanan kaya serat

Sebuah studi melaporkan bahwa dengan mengonsumsi 10 gram serat larut setiap harinya dapat dikaitkan dengan pengurangan jumlah lemak di rongga perut hingga 3.7%.

Ini menunjukkan bahwa serat larut sangat efektif untuk mengurangi lemak perut yang berbahaya.

Selain itu, menambahkan 14 gram serat per hari juga dikaitkan dengan penurunan 10% asupan kalori dan penurunan berat badan.

Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak serat adalah dengan mengonsumsi banyak makanan nabati, termasuk sayuran dan buah. Kacang-kacangan dan gandum utuh juga menjadi sumber serat yang baik.

Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh, seperti minyak kedelai. Biasanya lemak jenis ini akan ditemukan dalam margarin.

Menurut sebuah penelitian, lemak trans telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin, dan penambahan lemak perut.

Untuk membantumu mengurangi lemak perut, maka cobalah untuk menjauhi produk yang mengandung lemak ini.

Terdapat beberapa makanan yang harus dihindari. Seperti mentega putih, margarin, popcorn, keripik, krimmer, makanan yang digoreng dengan teknik deep frying yakni kentang goreng dan donat.

Makan ikan berlemak setiap minggu

Hampir semua orang tahu bahwa ikan berlemak sangatlah sehat. Mereka kaya akan protein berkualitas tinggi dan lemak omega-3 yang melindungi tubuh dari penyakit.

Beruntungnya, ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa lemak omega-3 ini dapat membantu mengurangi lemak visceral atau lemak yang ada di dalam perut.

Studi yang dilakukan pada orang dewasa dan anak-anak yang mengidap penyakit hati berlemak, menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat secara signifikan mengurangi lemak hati dan perut.

Karena bermanfaat, maka kamu bisa mengonsumsi sebanyak dua hingga tiga porsi ikan berlemak setiap minggunya. Baik itu ikan salmon, haring, sarden, kembung, atau ikan teri.

Tambahkan cuka sari apel ke dalam diet

Cara diet sehat mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan menambahkan cuka sari apel yang mengandung asam asetat di dalamnya. Kandungan ini telah terbukti dapat mengurangi penyimpanan lemak perut.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu, mereka yang mengonsumsi satu sendok makan cuka sari apel setiap harinya telah mengalami lingkar pinggang yang berkurang hingga setengah inci.

Namun pastikan untuk mencampurkannya dengan air, karena cuka yang tidak diencerkan dapat mengikis enamel pada gigi.

Minum teh hijau

Minum teh hijau juga bisa menjadi salah satu cara diet sehat mengecilkan perut. Teh hijau sendiri merupakan minuman yang sangat sehat, karena mengandung kafein dan antioksidan jenis epigallocatechin gallate (EGCG), yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

EGCG ini merupakan katekin yang dapat membantumu menghilangkan lemak perut. Namun efeknya akan diperkuat saat kamu mengonsumsi teh hijau yang dibarengi dengan olahraga teratur.

Kesimpulan

ini cara diet sehat mengecilkan perut
Foto: www.freepik.com

Lemak perut memang sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit tertentu.

Kebanyakan orang dapat mengurangi lemak perut dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti memperhatikan pengaturan pola makan dan berolahraga secara teratur.

Namun pada dasarnya, tidak ada solusi ajaib untuk menghilangkan lemak perut. Perlu adanya usaha, komitmen, dan ketekunan yang harus dipersiapkan.