Tanya Ahli: Bagaimana Cara Mengatasi Selangkangan yang Gatal?

selangkangan gatal
Foto: www.istockphoto.com

Oops, pasti kamu pernah mengalami kondisi di mana daerah selangkangan yang terasa gatal. Jika kamu adalah mahluk biasa, kemungkinan besar hal pertama yang kamu lakukan adalah menggaruknya. Iya ‘kan? Namun, ketika selangkangan gatal ternyata kamu tidak dianjurkan untuk menggaruk area tersebut. Lalu apa yang perlu dilakukan?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, maka simak penjelasan dr. Nia Ayu Saraswati., MPd.Ked., Sp.KK, spesialis kulit dan kelamin dari Skinethica Dermal Expert Bandung, tentang penyebab selangkangan gatal dan cara mengatasinya.

Apa Penyebab Selangkangan Gatal?

selangkangan gatal
Foto: www.freepik.com

“Selangkangan gatal itu bisa berbagai macam penyebabnya atau penyakitnya. Kita bisa perhatikan selangkangan gatalnya itu seperti apa. Terkadang selangkangan yang gatal bisa bagian dari iritasi terhadap karet celana dalam misalnya, yang terlampau ketat dan terlampau iritasi sehingga tergesek-gesek. Keluhannya seperti gatal, perih, dan kemerahan,” ungkapnya.

Selain itu, selangkangan gatal juga dapat disebabkan oleh alergi terhadap bahan-bahan celana dalam tertentu, atau bahkan alergi terhadap pembalut yang digunakan ketika menstruasi. Ketika memilih pembalut yang memiliki sayap misalnya, hal ini akan menimbulkan gesekan antara pembalut dengan kulit di daerah selangkangan yang kemudian menimbulkan kemerahan.

“Bisa iritasi, bisa alergi, dan bisa juga suatu jamur. Kalau jamur biasanya selain gatal ada keluhan bruntus-bruntus ya, bentuknya bintik-bintik kemerahan, kecil, dan biasanya di bagian tepinya lebih aktif dibanding bagian tengah,” ujarnya.

Infeksi jamur umumnya disebabkan karena higienitas daerah selangkangan kurang terjaga. Seperti setelah berkeringat dan setelah buang air kecil atau besar, kondisi selangkangan akan menjadi lembap.  Jika tidak segera dikeringkan kemudian langsung mengenakan celana dalam yang ketat, hal ini akan menyebabkan munculnya jamur. Karena jamur senang tumbuh di daerah-daerah yang lembap.

Penyebab selangkangan gatal juga bisa ditandai sebagai eksem, peradangan, atau penyakit-penyakit kulit lainnya yang timbul di daerah lipatan atau selangkangan.

Bagaimana Gejala dari Selangkangan yang Gatal?

Foto: www.pexels.com

“Gejala selangkangan gatal juga tergantung pada penyebabnya. Namun yang tersering gejalanya adalah kemerahan dan rasa perih atau gatal. Jika suatu jamur atau peradangan lain yang hebat, ada keluhan bruntus-bruntus atau bintik kecil,” paparnya.

Ketika terasa gatal di daerah selangkangan, maka hal pertama yang kamu lakukan pasti menggaruknya. Namun hal ini justru dapat menimbulkan dampak lain pada kulit terutama bagian selangkangan.

“Awalnya mungkin ringan gejala peradangan dalam daerah selangkangannya, tapi karena kita garuk, maka kuku-kuku itu akan membuat pengelupasan di daerah kulit tersebut. Sehingga malah jadi mudah terkena infeksi lain seperti bakteri atau jamur yang masuk melalui kulit yang terkelupas akibat garukan,” jelasnya.

Dokter Nia menyarankan ketika terasa gatal pada kulit, tidak diperkenankan untuk menggaruknya dan mengalihkannya dengan cara menepuk kulit yang gatal. Selain itu, jika terdapat kulit di bagian selangkangan yang terlihat lebih hitam meski tidak pernah terjadi luka, eksim, atau peradangan—maka hal ini diakibatkan karena efek samping dari gesekan yang ringan namun dalam jangka waktu yang lama.

“Itu akibat karena kita memakai celana yang ketat karetnya dan menekan di daerah tersebut. Lama-lama efek dari penekanan tersebut akan menjadi gelap. Atau gesekan antar kulit, kalau kita semakin gendut tentu akan ada sedikit banyak gesekan antara kulit di selangkangan. ‘Kan selangkangan itu bentuknya kaya v begitu ya, nah itu ada gesekan dan lambat laun akan menghitam,” paparnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan?

selangkangan gatal
Foto: www.freepik.com

Untuk mengatasi gatal pada daerah selangkangan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Tidak menggaruk area yang gatal, melainkan menepuk secara perlahan area tersebut
  • Menjaga higienitas daerah selangkangan
  • Mengganti celana dalam setelah mandi
  • Mengganti celana dalam ketika berkeringat
  • Memilih pembalut yang tidak menyebabkan alergi
  • Jangan mengenakan celana dalam atau celana yang ketat
  • Pastikan daerah selangkangan tidak lembap dengan mengeringkannya setelah buang air kecil dan besar

Selain cara mengatasi, kamu juga dapat mencegah gatal di selangkangan dengan menjaga daerah selangkangan agar tidak lembap, menjaga kebersihan area selangkangan. Dan yang terpenting adalah menggunakan pakaian yang tidak mengiritasi dan tidak ketat di daerah selangkangan.

Lalu, bagaimana dengani daerah selangkangan yang menghitam?

Cara mengatasi daerah selangkangan yang berwarna hitam yakni dengan mengusahakan tidak terjadi gesekan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan krim yang dapat memudarkan warna gelap tersebut.

“Pakailah pelembap atau lotion di daerah selangkangan yang tidak bikin becek tapi tidak bikin kering. Kemudian carilah celana dalam dengan ujungnya yang tidak ada jaitannya atau tidak ada karet yang terlampau keras, karena ‘kan banyak yang ujungnya itu bebas ya, karet pembatasnya itu tidak ada,” sarannya.

Kesimpulan

Foto: www.xframe.io

Gatal di selangkangan memang merupakan kondisi yang dapat mengganggu terlebih jika terasa secara terus-menerut. Keluhan di selangkangan juga berupa beragam gejala. Kamu perlu memperhatikan apa saja keluhan dirasakan, apakah kulit memerah, kering, kehitaman, bintik, atau lecet. Selain itu keluhan juga dapat disertai dengan gejala yang subjektif seperti gatal atau perih.

Untuk mengetahui diagnosis secara pasti, maka diperlukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. “Kalau gatalnya berlebihan, kemudian ada tanda kemerahan hebat, ada lecet hebat, bahkan kalau ada bruntus-bruntus yang sangat menonjol di daerah selangkangan, maka harus segera berobat,” anjurnya.

“Untuk penanganan ringan maka hindari garuk dan cukup tepuk-tepuk jika gatal, minum obat antialergi atau antigatal sesuai saran dokter. Namun jika penanganan berat maka dokter akan memberikan resep sesuai penyebabnya, bisa obat antiradang, antibiotik, atau obat jamur,” tambahnya.

Selain itu, jika sudah mengalami kehitaman di daerah selangkangan, Dokter Nia juga menyarankan untuk segera dikonsultasikan.

“Nanti akan diberikan satu krim yang fungsinya untuk pengelupasan ringan sehingga tidak terlampau iritasi pada saat pengelupasan, tapi juga lambat laun kulitnya akan semakin memudar kehitamannya,” tuturnya.