11 Rekomendasi Face Tonic Terbaik agar Kulit Wajah Bersih dan Tidak Kusam

face tonic
Foto: www.rawpixel.com

Face tonic merupakan salah satu produk perawatan wajah yang dapat kamu gunakan terlebih jika memiliki aktivitas yang padat dan menggunakan makeup seharian. Penggunaan makeup pada wajah dapat menutup pori-pori kulit, sehingga perlu dibersihkan dengan cara yang tepat. 

Pasalnya jika tidak dibersihkan, maka kotoran dan sisa makeup dapat menumpuk sehingga membuat pori-pori tidak dapat bernapas dan menyebabkan kadar minyak berlebih. Bertekstur cair dan berbahan lembut, toner merupakan produk yang aman untuk membersihkan wajah setelah mencuci wajah dengan sabun.

Apa Manfaat Memakai Face Tonic?

face tonic
Foto: www.rawpixel.com

Untuk membantu mengangkat sisa kotoran dan makeup pada wajah, kamu dapat menggunakan toner. Selain itu, toner juga memiliki fungsi yang dapat mengurangi minyak berlebih dan sel kulit mati pada wajah. Sehingga cairan ini dapat mengatasi masalah pada kulit wajahmu.

Selain itu, menggunakan toner setelah mencuci muka ternyata dapat membantu menyeimbangkan pH pada kulit, karena setelah menggunakan sabun pembersih wajah, biasanya kulit akan menjadi kering. Sehingga, toner dapat membantu melembapkan dan menyegarkan kulit.

Bagaimana Cara Memilih Face Tonic?

face tonic
Foto: www.freepik.com

Karena setiap perempuan memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda, maka penting untuk memilih toner yang disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit wajahmu. Karena jika salah memilih produk, hal ini akan menimbulkan masalah pada kulit wajah.

Kulit Kering 

Pemilik kulit kering biasanya akan memiliki kulit yang kencang, gatal, dan bersisik di beberapa bagian. Untuk itu kamu dapat memilih toner yang memiliki fungsi hydrating dengan memiliki kandungan asam amino, glycerin, dan aloe vera. Kandungan ini dapat membantu melembapkan kulit, sehingga kulit wajahmu akan terasa kenyal dan lembap.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak wajib untuk memilih toner yang dapat mengurangi minyak berlebih di wajah. untuk itu kamu dapat memilih toner dengan kandungan oil control dan antisebum seperti kelopak bunga mawar yang dapat mengangkat kotoran, kandungan witch hazel yang dapat membersihkan hingga pori-pori terdalam, serta kandungan zinc yang dapat membantu melembapkan. 

Kulit Berjerawat

Dalam memilih toner, kamu harus berhati-hati jika memiliki jenis kulit berjerawat. Cobalah memilih produk dengan memiliki bahan salicylic yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori, mengeringkan jerawat, dan mencegah jerawat muncul kembali. Selain itu, kamu juga dapat memilih kandungan tea tree oil yang dapat membantu menenagkan jerawat yang meradang. 

Kulit Sensitif

Jika memiliki jenis kulit sensitif, maka kamu perlu membaca komposisi yang ada dalam produk toner. Pemilik kulit ini dianjurkan untuk menghindari toner yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan peradangan hingga mengikis lapisan alami pelindung kulit. Selain itu, kamu juga perlu menghindari pewangi dan pewarna buatan yang dapat menimbulkan reaksi gatal. 

Bagaimana Cara Memakai Face Tonic?

face tonic
Foto: www.unsplash.com

Face tonic dapat dengan mudah kamu gunakan. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah, setelah itu barulah kamu bisa menggunakan toner.

Untuk mengaplikasikan toner, kamu dapat menuangkannya ke kapas kemudian mengusapkannya ke wajah secara merata. Kamu juga dapat menuangkannya secara langsung ke telapak tangan kemudian menepuk-nepukkan area wajah secara perlahan.

Rekomendasi Face Tonic

Berikut rekomendasi toner yang dapat kamu pilih sesuai jenis kulit wajahmu:

Viva Face Tonic

face tonic

Merek lokal yang satu ini memiliki beragam varian yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit. Jika ingin membantu kulit wajah terlihat lebih cerah, kamu dapat memilih varian ekstra bengkuang. Sementara untuk kulit yang rentan berjerawat dan berminyak, kamu bisa memilih varian green tea yang mengandung tea tree oil yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Jika kamu memiliki kulit berminyak, pilihlah varian lemon yang dapat mengurangi kadar minyak di wajah. 

Sariayu Refreshing Toner

face tonic

Face tonic yang satu ini memiliki aroma wewangian yang tidak terlalu kuat dan menenangkan dengan mengandung ekstrak bunga kenanga. Produk ini memiliki antioksidan yang akan melindungi kulit dari radikal bebas. Selain aroma yang lembut, Sariayu Refreshing Toner mampu melembapkan dan menghaluskan kulit jika digunakan secara rutin.

La Tulipe Refreshing Face Toner

face tonic

Untuk kamu pemilik kulit kusam, toner ini dapat membantu mencerahkan kulitmu. Selain itu, La Tulipe Refreshing Face Toner yang merupakan salah satu rangkaian dari produk Whiteness Series ini juga mengandung portulaca oleracea extract yang dapat mencegah iritasi di kulit. 

Wardah Nature Daily Seaweed Balancing Toner

face tonic

Wardah Nature Daily Seaweed Balancing Toner memiliki kandungan rumput laut yang dapat membantu mengeluarkan racun di dalam pori-pori wajah. Selain itu, rumput laut juga berkhasiat untuk melembapkan dan menjaga elastisitas kulit. Face tonic yang satu ini juga dirancang tanpa kandungan alkohol dan dapat melindungi kulitmu dari proses penuaan dini.

The Body Shop Tea Tree Toner

The Body Shop Tea Tree Toner cocok digunakan untuk pemilik wajah berminyak dan berjerawat. Face tonic yang satu mengandung tea tree oil yang dapat membuat wajah menjadi bersih dan segar, serta mencegah munculnya jerawat. Tak hanya itu, produk ini juga membantu mengecilkan pori-pori wajah dan membantu mengurangi minyak berlebih.

Benton Aloe BHA Skin Toner

Toner ini memiliki kandungan salicylic acid yang dapat membersihkan wajah sekaligus mengatasi permasalahan kulit. Sehingga toner ini cocok untuk semua jenis kulit.

Benton Aloe  BHA Skin Toner juga mengandung vegetable glycerin yang dapat membantu melembapkan wajah dan mengangkat sel kulit mati dan komedo. Toner ini juga dapat mencegah kerusakan kulit karena iritasi dan stres.

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 90% Toner

face tonic

Mengandung lidah buaya dengan kadar 90%, toner ini dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit wajah. Tak hanya itu, produk ini memiliki formula yang cukup ringan karena bebas lemak dan bebas dari bahan berbahaya, seperti paraben dan pewarna buatan. Untuk kamu pemilik jenis kulit kering, kamu dapat mencoba Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 90% Toner.

The Face Shop Clean Face Mild Toner

face tonic

The Face Shop Clean Face Mild Toner merupakan toner yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Selain itu, dapat mengurangi iritasi dan menyelesaikan masalah kulit wajah lainnya. Face tonic yang satu ini dapat dengan mudah digunakan dengan menuangkannya ke kapas lalu diusapkan secara lembut ke area wajah.

Safi White Expert Skin Refine

face tonic

Dengan mengandung habbatussauda, Safi White Expert Skin Refine dapat membantu menutrisi kulit wajah. Selain itu, produk ini mengandung ekstrak jamur yang dapat merawat kulit dari dampak stres dan kulit wajah yang sering terpapar polusi. Toner ini cocok digunakan untuk kamu yang sering beraktivitas di luar rumah. 

Mineral Botanica Brightening Toner

face tonic

Mineral Botanica Brightening Toner merupakan face tonic yang dapat membantu mengatasi bintik hitam akibat terlalu banyak terpapar sinar matahari. Produk ini mengandung ekstrak licorice yang dapat mencerahkan wajah dan memudarkan bintik hitam. Sehingga kulitmu akan terasa lembap dan terlihat cerah secara alami.

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Toner

face tonic

Menggabungkan kandungan tree tea dan lemon, merupakan kombinasi andalan dari Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Toner. Pasalnya kedua kandungan ini dapat membantu menyelesaikan masalah jerawat, minyak, dan tanda penuaan. Tak hanya itu, produk ini juga mengandung gotu kola yang dapat merangsang produksi kolagen dari dalam kulit. Face tonic satu ini juga menggunakan bahan-bahan alami, sehingga cocok untuk kulit sensitif.

Selanjutnya: Masker Terbaik untuk Mengatasi Komedo.